Widget HTML Atas

Ini Pesawat Modifikasi Pertama Di Ri, Pakai Mesin Harley-Davidson

Pesawat modifikasi memakai mesin Harley-Davidson. Foto: Edzan RaharjoPesawat modifikasi memakai mesin Harley-Davidson. Foto: Edzan Raharjo

Kustomfest (Indonesian Kustom Kulture Festival) 2018 ini menyuguhkan pesawat Kustom pertama di Indonesia. Pesawat tersebut yaitu pesawat bersejarah milik Tentara Nasional Indonesia AU yaitu 'RI-X WEL'.

Director KUSTOMFEST 2018, Lulut Wahyudi menjelaskan bahwa pesawat "RI-X WEL" yaitu pesawat bersejarah. Pesawat tersebut yaitu pesawat pertama karya anak Bangsa yang selama ini disimpan di Museum Pusat Tentara Nasional Indonesia AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Pesawat bersejarah tersebut dulu dirancang dan dibentuk dalam waktu 5 bulan pada 1948 oleh Biro Rencana dan Konstruksi di Pangkalan Udara Maospati (Lanud Iswahyudi). Pesawat WEL-1 RI-X melaksanakan penerbangan dari Masopati ke Maguwo (Adisutjipto Yogyakarta) untuk dipertunjukan pada bazar yang dibuka oleh Presiden pertama RI Soekarno.

"Pesawat ini menjadi spirit anak bangsa dalam berkarya. Ditengah kondisi kekurangan pada tahun 1948 para pendahulu telah merancang dan menciptakan pesawat itu. Spirit itu kita tularkan di Kustomfest,"kata Lulut Wahyudi pada gelaran KUSTOMFEST di Jogja Expo Center, Sabtu (6/10/2018).

Pesawat 'RI-X WEL' sekarang telah mengalami restorasi pada beberapa bagianya. Pesawat dibongkar pada beberapa bagiannya untuk diperbaiki menyerupai bab Skin di bab sayap dan fuselage dan juga memperbaiki sektor warna alasannya dikala ini kondisi pesawat sudah tergoda usia.

"Bagian mesin sudah diperbaiki dengan memakai satu mesin motor Harley Davidson WL berkubikasi 750cc buatan tahun 1925 sehingga menjadi pesawat kustom pertama di Indonesia,"jelas Lulut.

Pesawat tetap memakai rangka tubuh dari besi dan airfoil sayap dari kayu. Kulit pesawat 80% memakai kain blacu dengan bab lainnya memakai bahan aluminium terutama pada engine cowling.