Info Terbaru

Berapa Biaya Pasang Decal Stiker Di Motor?

Stiker Decal. Foto: Rey DecalStiker Decal. Foto: Rey Decal

Bekasi - Pemasangan decal stiker di motor jadi opsi yang dapat dipilih Otolovers. Sebab selain prosesnya tidak memerlukan waktu lama, ongkosnya juga tergolong murah bila dibandingkan dengan mengecat ulang satu bodi motor.

Menurut salah satu bengkel decal, Rey Decal, di Bekasi, kisaran biaya pasang decal stiker dimulai dari angka Rp 300 ribuan.

"Matik itu paling murah ya. Biayanya Rp 300 ribu hingga Rp 450 ribu untuk decal print. Kalau yang jenis krom dan satin mulai angka Rp 800 ribu hingga maksimal di Rp 1,5 juta," ujar Rey, kepada detikOto, di Bekasi.



Ongkos pasang untuk kelas matik dapat lebih mahal lagi bila konsumen ingin kombinasikan decal print dan krom. Biayanya dapat mencapai Rp 1,8 juta. Sementara untuk tipe motor sport 250 cc ke atas banderolnya lebih mahal.

"Kalau range harga decal sport fairing kayak Ninja dan CBR250RR, mulai Rp 900 ribu hingga Rp 1,1 juta untuk yang print. Untuk krom, satin, dan warna Istimewa stabilo mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 3,4 juta. Dan untuk kombinasi print dan krom, ongkosnya Rp 2,8 juta," jelas Rey.

Bicara biaya tentu tidak ada batasannya. Jika konsumen menginginkan desain yang lebih rumit dengan material krom atau satin, biaya yang dikeluarkan tentu lebih besar.



"Misalnya kemarin kami ngerjain TMAX, jadi motifnya motif print cuma dibikinyna cuttingan, jadi kita nempelin satu-satu. Itu kami gambar sendiri secara manual. Kelarnya hampir dua bulan lebih. Biayanya habis Rp 10 juta. Tapi ya ia mau aja," pungkas Rey.

Sebagai informasi, decal merupakan proses membungkus (wrapping) bodi motor memakai stiker. Decal sedikit lebih canggih dibanding stiker biasa alasannya ialah sudah mengandalkan teknologi digital.

Jadi sebelumnya desain terlebih dahulu dikonsep di komputer, kemudian desain tersebut dicetak pada sebuah lembaran stiker putih dengan memakai mesin print. Kaprikornus secara detail, dipastikan lebih presisi dibanding pemasangan stiker secara manual.

Untuk materi decal print biasa itu pakai materi Vinyl merek 3M. Sedangkan untuk materi stiker yang berwarna krom dan satin, memakai materi yang berbeda dan diimpor pribadi dari Taiwan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel