Widget HTML Atas

Builder Yogyakarta Sulap Honda Genio Jadi Kendaraan Beroda Empat Sport Abad Depan

Foto: Deny Prastyo UtomoFoto: Deny Prastyo Utomo

Surabaya - Ada yang menarik di ajang selesai Blackauto Battle 2018 Surabaya. Berbagai ajaran modifikasi tertuang diajang seri pamungkas ini.

Salah satu, kendaraan beroda empat garapan builder asal Yogyakarta, yang tergabung dalam kupu-kupu malam Jogja Indonesia, menyulap kendaraan beroda empat Honda Genio tahun 1991 menjadi full modifikasi.


"Mobil ini namanya G concept. Kenapa begitu, alasannya yaitu basicnya yaitu kendaraan beroda empat Honda Genio, untuk konsepnya sendiri yaitu ekstrem," kata Builder asal Yogyakarta Edy Tesy kepada detikOto, Minggu (2/12/2018).

Tesy menjelaskan banyak perubahan yang kerjaan dalam menciptakan G concept ini, ia mengaku hanya mengambil sasis dari basic awal Honda Genio.

"Kita hanya ambil sasisnya aja terus untuk bodi exterior dan interior kita sudah konsep semua, jadi supaya tampil beda. Mulai dari model pintu, kap depan sama belakang juga terkonsep," ungkap Edy.

Edy mengakui dalam mengerjakan kendaraan beroda empat milik ownernya yakni H Firman, membutuhkan waktu hanya empat bulan. Mulai dari merubah detail exterior dan interior kendaraan beroda empat Genio ini.



"Total kita kerjakan empat bulan. Kita ada tim sendiri dalam mengejarkan ini, air brush, engine dan audio tim sendiri," ungkap Edy.

Dikatakan, tingkat kesulitan dalam mengerjakan ini yaitu pada goresan yang divelg dan cover mesin. Semuanya diaku dikerjakan secara manual.

"Yang paling sulit dan futuristic itu ada di engine dan velg. Kita enginenya sudah swap pakai 1Z Lexus, dibagian engine itu kita pahat grafir dengan manual. Sama di velg dan dibreak-breaknya kita ukir. Kemudian kita sepu warna emas karenanya glamor dan ekslusif. Semuanya satu bulan kita kerjakan," ungkap Edy.

Sedangkan untuk interior G concept, mulai dari lantai, jok, box audio semuanya mengunakan Murano Nappa.

"Semuanya kita gunakan full Murano Nappa," ujar Edy.

Diakui oleh Edy, ia memang menyiapkan G concept ini, memang untuk ajang selesai Blackauto Battle 2018 Surabaya.


"Kami memang menyiapkan untuk ajang selesai ini, alasannya yaitu sebelumnya kami juga ikut di Solo," ujarnya.

Saat ditanya total biaya yang dikeluarkan untuk mengerjakan G concept? Edy enggan menjawab detail. "Hehee. Ya tidak mengecewakan lah mas," tandasnya.