Pejabat Negara Dan Roda Dua

Gaya Motor Anies dan Ridwan Kamil. Foto: InstagramGaya Motor Anies dan Ridwan Kamil. Foto: Instagram

Jakarta - Beberapa pejabat negara di tahun 2018 ini menampakkan kesukaannya terhadap sepeda motor. Tak cuma berlindung di balik kabin mobil, mereka kerap kali panas-panasan menunggangi kendaraan roda dua.

Tak cuma Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hobi motoran. Beberapa pejabat negara lainnya mulai dari menteri hingga gubernur menawarkan kesukannya naik motor.

Selain Joko Widodo ada juga beberapa orang pejabat menyerupai menteri, gubernur, hingga Ketua dewan perwakilan rakyat yang belakangan diketahui mempunyai hobi serupa dengan Jokowi. Siapa saja mereka?

Pertama ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Tampak beberapa kali Basuki lihai mengendarai bermacam-macam jenis motor dikala mendampingi Jokowi kunjungan kerja. Basuki pun disebut-sebut kepincut untuk mempunyai motor chopper menyerupai Jokowi dan sudah memesannya ke Elders Garage.



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun menyukai motor. Kabarnya, Budi memesan motor modifikasi menyerupai Jokowi.


Motor JokowiMotor Jokowi Foto: Rangga Rahadiansyah


"Kalau dari pemerintah kemarin itu ada bapak (Jokowi), Menteri PUPR sama Menhub. Pak Basuki itu beli chopper juga Rp 139 juta," ungkap pemilik bengkel Elders Garage yang menggarap motor chopper Jokowi Heret Frasthio beberapa waktu lalu.

Budi juga sempat terlihat beberapa kali mengendarai motor dikala melaksanakan kampanye keselamatan berkendara juga kunjungan kerja. Kala itu Budi mengendarai Honda PCX dan ditemani Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menunggangi Honda BeAT.

Hobi motoran juga menghinggapi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Anies sempat beberapa kali terlihat naik motor petualang Kawasaki Versys-X 250 cc berkeliling Jakarta.

"Sebetulnya sering naik motor juga sebab sehari-hari aku juga sering naik Vespa. Keliling naik motor ke Jakarta itu sanggup mencicipi panasnya, polusinya, kemudian dinamika di jalanan. Kalau pengecekan-pengecekan, kita lebih gampang jikalau jalan pakai motor," papar Anies.



"Kalau keliling pakai motor, lebih leluasa ke kampung, masuk gang, berhenti lebih mudah, interaksi dengan warga lebih mudah. Saya sering pakai motor. Cuma pas hari ini ada acara, jadi kelihatan. Kalau nggak (ada acara), nggak ketahuan," imbuhnya.

Sementara Ridwan Kamil beberapa kali mengunggah foto dirinya bersama motor Royal Enfield Classic Battle Green. Motoran dipilih Emil untuk berkeliling mengecek proyek-proyek pembangunan di Jawa Barat.

Selain kalangan menteri dan gubernur, ketua dewan perwakilan rakyat Bambang Soesatyo juga diketahui gemar motoran. Selera Bamsoet di dunia otomotif memang terbilang tinggi. Mobil-mobil dan motor koleksi Bamsoet mempunyai banderol harga yang cukup fantastis.

Berawal dari motor belibis semenjak zaman sekolah, Bamsoet sekarang mengoleksi motor gede. Menurutnya, di garasinya terdapat dua unit motor gede Harley-Davidson. Di garasinya terparkir Harley Ultra Classic dan Roadking. Hobi motoran Bamsoet mengantarnya menjadi Dewan Pembina Motor Besar Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel