Widget HTML Atas

Ratusan Truk Sesaki Stadion Surajaya Lamongan

Foto: Eko SudjarwoFoto: Eko Sudjarwo

Lamongan - Komunitas otomotif memang tidak ada habisnya, salah satunya ialah komunitas moda transportasi, yaitu truk. Ratusan truk anggota Truk Mania Community berkumpul di parkir barat Stadion Surajaya Lamongan, Minggu (23/12/2018).

Beragam truk modifikasi, mulai dari modifikasi tulisan, modifikasi interior berkumpul menjadi satu dalam ajang kopi darat (kopdar) pencinta dan pengguna truk ini. "Acara ini hanya kopi darat (kopdar) alias kumpul-kumpul yang dihadiri 49 komunitas dari banyak sekali daerah," kata Ketua Panitia, Gaguk Prayitno pada wartawan di sela-sela acara, Minggu (23/12/2018).



Dikatakan oleh Gaguk, program utama dari truk mania ini ialah untuk menghadiri program deklarasi berdirinya Lamongan Truk Mania Comunity (LTMC). Kopdar truk mania ini, lanjut Gaguk, gres pertama kalinya digelar di Lamongan. "Kalau truk yang tiba sekitar 300 truk, mulai dari pulau Jawa sampai paling jauh tiba dari Bali dan Lampung," terang Gaguk

Selain dapat mempererat tali silaturahim, kata Gaguk, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk saling kenal dan saling sapa pengguna dan pencinta truk. Tak ada perlombaan dalam kopdar antarpencinta truk ini, namun kegiatannya diarahkan ke sesuatu yang positif, yaitu imbauan wacana pentingnya keselamatan kemudian lintas selama berkendara. "Barangkali ada truk yang mogok di jalan, kan dapat koordinasi dengan komunitas di kawasan lainnya yang kebetulan sedang dilalui," jelasnya.



Sementara, Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung dalam sambutannya ketika membuka kopdar pencinta truk ini mengajak semuanya untuk selalu tertib di jalan raya dan mematuhi segala rambu-rambu kemudian lintas. Selain itu, Feby juga mengajak biar truk atau kendaraan bermotor jenis apa pun untuk dipakai sebagaimana peruntukannya. "Saya juga mengajak kepada semuanya, menjelang Pemilu 2019, biar semuanya dapat menjaga keamanan dan ketertiban. Mari kita kita hargai perbedaan, perbedaan bukan untuk dipertentangkan," pesannya.

Selain kopdar, program ini juga diisi dengan kegiatan bakti sosial yang dibagikan kepada anak yatim. Usai acara, para truk mania ini pun kembali ke daerah.