Jalan Motor 2,5 Meter Dari Ruas Jalan Tol Untuk Pemotor

Jalan Motor 2,5 Meter Dari Ruas Jalan Tol Untuk Pemotor, Ketua dewan perwakilan rakyat RI Bambang Soesatyo mengusulkan kepada pemerintah RI supaya sepeda motor diberikan jalur khusus di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Menurut laki-laki yang bersahabat Bamsoet pengendara motor juga punya hak sama dengan pengendara mobil.




"Saya mendorong semoga pemerintah juga memikirkan ruas-ruas tol lainnya dipersiapkan khusus untuk kendaraan roda dua lantaran mereka juga mempunyai hak sesama warga negara untuk menikmati hasil pembangunan," kata Bamsoet kepada wartawan di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 

Bamsoet juga menegaskan jikalau pemerintah tidak mempunyai hambatan dari segi regulasi, alasannya peraturannya sudah ada. "Sebenarnya untuk ini tidak ada kendala, hanya impian pemerintah saja bersama Menteri Perhubungan untuk mengatur adanya satu ruas (selebar) dua setengah meter, kiri kanan, khusus untuk jalur motor. Bebas, semua motor (nggak cuma moge)," lanjut Bamsoet.

Memang jikalau mengacu Peraturan Pemerintah PP Nomor 44 Tahun 2009, yang merevisi Pasal 38 PP Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol, pada Pasal 1a disebutkan jikalau jalan tol dapat dilengkapi jalur khusus untuk kendaraan bermotor roda dua. Dengan catatan, jalur harus terpisah secara fisik dengan jalur kendaraan roda empat atau lebih.

"Itu contohnya sudah ada di Bali lalu Suramadu. Bukan gratis, mereka (pemotor) juga harus bayar menyerupai di Bali. Yang penting dapat menunjukkan hak kepada pengendara roda dua untuk menikmati jalan bebas hambatan. Jangan hanya pemilik roda empat yang punya kenikmatan bebas hambatan. Kan uangnya sama-sama dari rakyat, pemotor juga bayar pajak. Dan pemotor pakai tol itu nanti bayar juga," pungkas Bamsoet.

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel