Si Mungil Honda Monkey Pakai Jubah Cafe Racer

Modifikasi Honda Monkey Foto: pool (bikeexif)Modifikasi Honda Monkey Foto: pool (bikeexif)

Bangkok - Si mungil Honda Monkey merupakan motor bergaya klasik yang sempat nge-hits di Eropa pada tahun 60-an. Motor ikonik ini sengaja dilahirkan kembali untuk bernostalgia serta pilihan bagi anak muda yang ingin tampil beda.

Di dunia modifikasi, Honda Monkey masih jarang digarap. Namun sebuah rumah modifikasi di Thailand, K-Speed menambah aura balap pada Honda Monkey dengan memasangkan jubah klasik bergaya Cafe Racer. Sebelum ini, K-Speed juga telah merilis ubahan Super Cub C125 bergaya Cafe Racer.

modifikasi motor Honda Monkeymodifikasi motor Honda Monkey Foto: pool (bikeexif)


Melalui tangan dari bengkel tersebut, Honda Monkey disulap menjadi lebih bergairah nan elegan dengan sentuhan warna silver pada tangki, dan sisanya berkelir hitam.

Detail yang dirubah untuk motor bergaya cafe racer, sudah niscaya stang jepit dengan headlamp lingkaran dengan grill yang menghiasi tampilan muka.



Panel instrumen juga dibentuk sederhana, kokpitnya juga jauh lebih bersih. Namun posisi berkendara jadi menunduk, layaknya motor bergaya cafe racer.

Sementara pada bab tangki masih memakai tangki bawaan. Namun dilapisi krom untuk menonjolkan bentuk trapesium yang khas sehingga nampak lebih elegan nan segar.

Modifikasi Honda MonkeyModifikasi Honda Monkey Foto: pool (bikeexif)


Dari daerah duduk, dingklik yang sepenuhnya didesain ulang, berlapis kulit hitam, di-finishing dengan jahitan halus, dan busanya jauh lebih tipis dari aslinya.

Honda Monkey besutan K-Speed kini didukung melalui peredam kejut YSS. Namun di bab depan, fork telah dipotong tiga inci demi pembiasaan dengan subframe gres yang digunakan.

Paling mencolok ubahan dari sektor kaki-kaki, alasannya versi standar pabrikan memakai sepasang roda berukuran 12 inci, namun kali ini disematkan sepasang pelek berukuran 14 inci.

Modifikasi Motor Honda MonkeyModifikasi Motor Honda Monkey Foto: pool (bikeexif)


Sistem knalpot standar juga dibongkar pasang, demi pipa ramping yang berakhir di knalpot bergaya SuperTrapp.

Dalam hal mesin, esensinya masih memakai mesin Monkey 125 standar pabrikan Honda dengan silinder tunggal, kapasitas mesin 125cc, gigi manual 4-kecepatan dengan daya maksimum setara dengan 9 tenaga kuda.

Terlepas dari rekam jejak mereka dengan Super Cub dan membawanya populer ke luar Thailand, K-Speed jarang memodifikasi motor berdimensi kecil. Namun mereka bersedia menciptakan pengecualian untuk Monkey, menggambarkannya sebagai kasus 'khusus'.

K-Speed juga menyebutkan bahwa mereka mempunyai Monkey125 gres di garasi yang belum 'diganggu'. Siapa yang menantikan untuk melihat apa yang mereka buat untuk hal itu?



Sebagai informasi, Honda Monkey merupakan model legendaris Honda dari keluarga Z Series. Model pertama dari seri CZ100 cukup diminati konsumen dan mulai di ekspor ke Eropa pada tahun 1963.

Honda sendiri belum berani mendatangkan si Monkey ke Tanah Air alasannya harganya bakal melambung tinggi, untuk motor mini berkapasitas 125 cc harganya diprediksi dapat di atas Rp 50 Juta.


Simak juga video 'Si Mungil Honda Monkey Tebar Pesona di IMOS 2018':

[Gambas:Video 20detik]

Si Mungil Honda Monkey Pakai Jubah Cafe Racer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel