Kencan Pertama Honda Pcx Listrik, Adakah Yang Berbeda?

Test rider Honda PCX Electric Foto: Pradita UtamaTest rider Honda PCX Electric Foto: Pradita Utama

Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) gres saja melahirkan secara resmi motor listrik pertamanya, Honda PCX Electric. Namun sayang, motor belum dijual untuk khalayak ramai melainkan disewa ke banyak sekali perusahaan institusi atau pemerintahan yang membutuhkan.

Sebab, pihak AHM masih ingin melaksanakan studi lebih jauh sebelum dipasarkan secara umum. Meski ibarat itu, detikOto bersama beberapa wartawan lain sanggup kesempatan pertama untuk menjajal sensasi berkendara dengan Honda PCX Electric.


detikOto menjajal Honda PCX ElectricdetikOto menjajal Honda PCX Electric Foto: Pradita Utama


Kesempatan mencoba Honda PCX Electric itu dilakukan di salah satu lapak JI Expo, Jakarta Pusat. Menggunakan beberapa pembatas jalan, jadilah trek sederhana yang sanggup dipakai untuk mencicipi PCX listrik untuk pertama kali.



Sebenarnya tak ada perbedaan spesifik terhadap PCX listrik dibanding yang konvensional atau berbahan bakar minyak. Hanya warna putih dan aksen biru di logo yang pertanda bahwa motor tersebut masuk dalam kategori rendah emisi saja.

Motor juga nampak sedikit lebih panjang lantaran di bagasinya tersemat dua baterai berukuran 50,4 volt yang dialirkan dengan kabel listrik. Tapi hal itu tak mengubah sensasi berkendara. Dan ya, patut diketahui PCX listrik tidak mempunyai bagasi lebar ibarat varian konvensionalnya.



Pertama duduk di PCX listrik detikOto tak merasa ada perbedaan. Hanya saja saat menyalakan motor, pengendara akan cukup resah lantaran tak ada bunyi atau getaran yang pertanda PCX siap untuk dipacu.


Honda PCX ElectricHonda PCX Electric Foto: Pradita Utama


Tapi hening saja, Honda telah memikirkan hal ini. Oleh lantaran itu disematkan indikator kecil pada sebelah kanan speedometer yang pertanda bahwa motor siap dipacu atau belum. Tanda tersebut bertuliskan 'Ready' berwarna hijau.


Honda PCX ElectricHonda PCX Electric Foto: Pradita Utama


Akselerasi PCX Listrik cukup nendang meski kadang tenaganya ibarat ditahan. Tidak ibarat versi hybrid-nya yang benar-benar responsif.


Honda PCX ElectricHonda PCX Electric Foto: Pradita Utama


Bagi pencinta kecepatan, PCX listrik nampaknya bisa jadi salah satu pemuas. Sebab untuk mencapai 60 km/jam terbilang sangat cepat. Entah motor bisa melaju sampai kecepatan berapa dalam waktu 5 detik. Karena area test ride sangat terbatas.

Baru dua kali detikOto menjajal PCX listrik, pelatih sudah menurunkan bendera merahnya. Menandakan kencan pertama dengan motor listrik pertama dari Honda itu selesai.



Di atas kertas, Honda mengklaim bahwa motor bisa mencapai torsi 18 Nm pada 500 rpm dan bisa menempuh jarak sampai 69 km pada kecepatan 40 km/jam secara konstan.

Untuk fitur lainnya, Honda PCX Electric dilengkapi rem cakram dengan ABS serta speedometer yang menyajikan informasi bermacam-macam perihal motor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel