Pecah! Marquez Bergoyang, Menyanyi, Dan Main Angklung Di Bandung

Marc Marquez bermain angklung di Saung Angklung Udjo (Foto: Satria/detikcom)Marc Marquez bermain angklung di Saung Angklung Udjo (Foto: Satria/detikcom)

Jakarta -

Setelah kemarin keliling Bandung memakai Bus Bandros, pebalap asal Spanyol yang juga juara MotoGP 2018, Marc Marquez hari ini, Minggu (10/2/2019) bermain angklung di Saung Angklung Udjo, Bandung. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk upaya turut serta mengenalkan angklung sebagai warisan budaya yang telah diakui oleh UNESCO.

Pecah! Marquez Bergoyang, Menyanyi, dan Main Angklung di BandungMarc Marquez bermain angklung di Saung Angklung Udjo (Foto: Robi Setiawan/detikcom)

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) ini turut dihadiri jajaran direksi AHM, di antaranya Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma, Vice Presiden AHM Johannes Loman, Marketing Director AHM Thomas Wijaya, Direktur AHM David Budiono, General Manager Motorcycles Sales, Marketing & Logistik PT Daya Adicipta Motora Leri Gunawan, dan jajaran direksi lainnya.

Pecah! Marquez Bergoyang, Menyanyi, dan Main Angklung di BandungPebalap Astra Honda Racing Team dan komunitas turut ramaikan acara bermain angklung (Foto: dok. AHM)

Ada juga beberapa pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), di antaranya Gerry Salim, Andi Gilang, Rheza Danica Ahrens, Awhin Sanjaya, Irfan Ardiansyah, dan Lucky Hendriansyah. Lalu tampak juga komunitas yang hadir Honda PCX Club Indonesia (HPCI), Honda Beat Rider Club (BHRC), Scoopy Club Bandung, dan Hondacomunity.net.

Dalam sambutannya, Direktur AHM David Budiono menyampaikan AHM berkomitmen untuk melestarikan angklung sebagai warisan budaya dunia dengan menjalin kerja sama dengan Saung Angklung Udjo.

"Kami PT Astra Honda Motor berkomitmen untuk terus terlibat dalam upaya pelestarian budaya bangsa ini melalui jadwal pelatihan budaya angklung yang telah dikembangkan bersama Saung Udjo di 31 sekolah binaan semenjak lima tahun kemudian hingga sekarang," kata David.

Pecah! Marquez Bergoyang, Menyanyi, dan Main Angklung di BandungPenampilan kerja sama siswa anabawang dan senior Saung Angklung Udjo membawakan lagu dan tarian kawasan (Foto: Robi Setiawan/detikcom)

Acara pun dilanjutkan dengan penampilan grup band Arumba, yang membawakan lagu/jingle Honda yaitu One Heart. Dilanjut dengan penampilan kerja sama siswa anabawang dan senior dari Saung Angklung Udjo yang membawakan lagu-lagu sekaligus tarian kawasan di Indonesia, di antaranya lagu Bungong Jeumpa dari Nangroe Aceh Darussalam, Sinanggar Tullo dari Sumatera Utara, Si Jali Jali dari Jakarta, kemudian ada pula lagu dari Sulawesi Utara, Makassar, Bali, hingga Papua.

Selanjutnya, pembawa jadwal pun membagikan pengunjung angklung untuk sama-sama berguru memainkan angklung. Pada kesempatan ini pengunjung juga diajak untuk memainkan angklung menjadi sebuah musik. Musik pertama yang dimainkan yaitu Can't Help Falling in Love dari Elvis Presley.

Pengunjung tampak antusias berguru angklung. Mereka juga diajak memainkan angklung untuk lagu Bengawan Solo dan Baju Merah Jangan Sampai Lolos. Bahkan semoga lebih erat dengan Marquez yang berasal dari Spanyol, panitia juga mengajak seluruh akseptor membawakan lagu dari Spanyol dengan angklung.

Usai akseptor puas bermain angklung, panitia menyuguhkan pertunjukkan musik angklung dari grup band Arumba. Lagu pertama yang dibawakan Arumba cukup familiar, yaitu Bohemian Rhapsody dari Queen, dilanjut dengan lagu Despacito dari Luis Fonsi, juga lagu Halo Halo Bandung.

Pecah! Marquez Bergoyang, Menyanyi, dan Main Angklung di BandungMomen Marc Marquez ikut bergoyang ketika bernyanyi Despacito (Foto: Robi Setiawan/detikcom)

Menariknya, pada ketika membawakan lagu Despacito, vokalis Arumba menarik Marquez untuk bangun dan ikut bernyanyi bersama. Di luar dugaan, Marquez tampak aktif bernyanyi juga bergoyang bersama-sama. Pengunjung yang melihat Marquez bergoyang pun sontak terkejut dan berlomba mengabadikan momen langka tersebut.

Pecah! Marquez Bergoyang, Menyanyi, dan Main Angklung di BandungMomen Marc Marquez ikut bergoyang ketika bernyanyi Despacito (Foto: Satria/detikcom)

Acara kemudian dilanjutkan dengan gotong royong menyanyikan lagu Rasa Sayange. Panitia juga mengajak beberapa orang untuk menari bersama ke tengah stage. Marquez juga sempat mengungkapkan rasa senangnya dengan aneka macam pertunjukan yang disuguhkan Saung Angklung Udjo.

Pecah! Marquez Bergoyang, Menyanyi, dan Main Angklung di BandungMarquez diberi cendera mata khas Saung Angklung Udjo oleh Direktur Utama Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat Udjo (Foto: Satria/detikcom)

Sebelum jadwal ditutup, ada momen saling bertukar cendera mata, di antaranya Marquez diberi cendera mata khas Saung Angklung Udjo oleh Direktur Utama Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat Udjo. Marquez juga saling memberi cendera mata dengan General Manager Motorcycles Sales, Marketing & Logistik PT DAM Leri Gunawan.

(/)

Artikel Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel