Info Terbaru

Motor Tiruan Yang Pernah Dibentuk China

Selain sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia, China juga dikenal sebagai negara yang gemar menciptakan produk-produk tiruan. Di industri otomotif, China kerap menciptakan produk-produk motor dengan memalsukan produk yang sudah eksis di pasaran dan punya nama besar.


Motor Tiruan Yang Pernah Dibentuk China


Melansir laman Indianautosblog, setidaknya ada 7 merek motor yang pernah ditiru produsen motor China. Ketujuh merek motor China tersebut Antara lain Gulsar, Yayama, Tomahawk, Kengo, ZJMM, Wonjan, dan WJ150. Biar lebih tahu, yuk kita lihat model-model motor apa saja yang ditiru. Gulsar 
Motor Tiruan yang Pernah Dibuat China


Gulsar merupakan motor tiruan dari Bajaj Pulsar India. Motor ini dibentuk oleh Taian Chiran Machinery Company Ltd, dan pernah diekspor ke negara-negara Amerika Latin. Motor ini sempat disengketakan oleh pihak Bajaj dan Taian, tapi jadinya Bajaj berhasil memenangi pertarungan pengadilan atas hak kekayaan intelektual motor ini.


Yayama R6

Motor Tiruan yang Pernah Dibuat China

Melihat sekilas nama merek ini, sudah niscaya Otolovers tahu merek motor Jepang apa yang dibentuk materi kloningan. Ya, Yamaha jadi produk motor lain yang dijiplak produsen China melalui Yayama. Yayama mempunyai varian motor berjulukan Yayama R6 yang sepintas desainnya sangat identik dengan big bike Yamaha R6. Bedanya, jikalau Yamaha R6 mengusung mesin 600 cc 4 silinder segaris, Yayama R6 hanya punya mesin 150 cc.

C8 Tomahawk

Motor Tiruan yang Pernah Dibuat China

Model motor China selanjutnya yang juga menjiplak desain motor ternama yaitu C8 Tomahawk. Naked bike ini memalsukan desain dari motor Austria, KTM Duke. Motor ini dibikin oleh Zhejiang Jiajue Motorcycle, dengan pilihan mesin 150 cc, 250 cc, dan 300 cc.

Kengo R350

Motor Tiruan yang Pernah Dibuat China


Kengo R350 hadir sebagai 'versi KW' dari Kawasaki Ninja 300/250. Sportbike ini dibekali mesin 320 cc DOHC 2 silinder, yang dapat menghasilkan power sebesar 23,5 dk. Selain di China, Kengo juga dipasarkan di beberapa negara Asia Tenggara menyerupai Thailand dan Vietnam.



ZJMM R12

Motor Tiruan yang Pernah Dibuat China

tik dengan sport fairing Honda CBR 250R. Motor ini ditawarkan dalam varian mesin 125 cc dan 250 cc.

Wonjan WJ300 Space Ranger

Motor Tiruan yang Pernah Dibuat China


Nggak cuma motor India dan Jepang yang kena plagiasi, motor premium menyerupai Ducati pun pernah dibikin versi KW-nya nih Otolovers. Wonjan WJ300 Space Ranger, hadir sebagai Ducati Panigale versi China. Motor ini dijual dalam varian fairing dan semi-fairing. Namun tidak menyerupai Ducati orisinil yang berkapasitas mesin besar, motor ini hanya ditenagai mesin 300 cc.

Wonjan WJ150

Motor Tiruan yang Pernah Dibuat China


Masih dari pabrikan Wonjan, selain bikin kembaran moge, pabrikan ini juga bikin motor imut yang menyerupai Honda Grom. Dinamakan Wonjan WJ150, motor mungil ini punya mesin 150 cc, dengan power mencapai 13,1 dk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel