Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Bagian Mobil Yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan

Idokeren.com – hai sobat salam otomotif, saya harap kalian semua dalam keadaan sehat selalu dalam menjalankan ibadah puasa. Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagian – bagian mobil yang rentan mengalami masalah pada saat terkena hujan.

Seperti yang kita semua ketahui bahwa indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. karena hal ini, membuat intensitas hujan cukup sering terjadi di wilayah indonesia. Musim hujan yang cukup sering terjadi ini juga dapat membuat beberapa bagian mobil mengalami masalah.

10 Bagian Mobil Yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan


Oleh karena itu, sobat memerlukan perhatian khusus pada kondisi mobil sobat supaya tetap dalam kondisi yang baik. Jadi, sobat sangat disarankan supaya tidak membiarkan mobil sobat di tempat terbuka pada saat hujan, apalagi jika dalam keadaan yang cukup lama.

Jika sobat melakukan hal tersebut dan membiarkannya tanpa perlakuan khusus, hal ini memungkinan beberapa bagian mobil sobat mengalami kerusakan. Walaupun kerusakan yang diakibatkan tidak cukup serius atau fatal, tetap saja hal ini akan memerlukan biaya yang tak terencana untuk memperbaiki komponen yang rusak tersebut.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, mari kita simak beberapa bagian mobil berikut ini yang rentan mengalami kerusakan jika dibiarkan di bawah hujan dalam kondisi yang cukup lama.

Bagian Mobil Yang Perlu Diperhatikan Saat Hujan 

1. Piringan Cakram

Saah satu bagian mobil yang rentan mengalami kerusakan jika dibiarkan terkena hujan adalah piringan cakram. Biasanya, masalah yang timbul yaitu munculnya karat pada bagian piringan cakram.

Jika karat yang muncul masih tipis dan sedikit, sobat dapat mengatasinya dengan cara menjalankan mobil tersebut beberapa saat sampai titik – titik karatnya menghilang. Namun, akan cukup berbahaya jika karat yang muncul sudah menebal karena terkena hujan dalam waktu yang lama.

2. Velg

Komponen berikutnya yang rentan bermasalah ketika terguyur air hujan adalah velg. Sama halnya seperti yang terjadi pada piringan cakram, masalah yang timbul pada velg juga karat pada baut – baut dan di sisi dalam velg.

3. Bilah Wiper

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa indonesia hanya mempunyai dua musim saja. Jadi, setelah curah hujan terjadi dalam waktu yang berkepanjangan setelahnya akan muncul cuaca panas yang terik, yang mana akan menyebabkan bilah wiper mengalami getas dengan cepat.

Hal ini cukup wajar terjadi mengingat bilah wiper terbuat dari karet yang mana timbulnya sifat getas bila mana mengalami kondisi panas dan hujan bergantian. Hal ini akan diperparah jika masa penggunaan bilah wiper sudah cukup lama, sangat disarankan untuk menggantinya sesegera mungkin.

4. Mika Lampu

Komponen lainnya yang akan mengalami masalah saat terguyur air hujan dalam waktu yang lama adalah mika lampu. Masalah yang timbul biasanya adalah lampu mobil akan terlihat jelek dan kusam.

Hal ini dapat terjadi karena air hujan yang menempel pada mika lampu, yang mana air ini akan berubah menjadi bercak jamur jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan. Bercak jamur inilah yang membuat tampilan lampu mobil terlihat kusam dan jelek.

5. Periksa Lampu Depan  

 Pemilik mobil juga perlu memastikan bahwa lampu depan mereka berfungsi dengan baik dan mereka memiliki perlengkapan pribadi di dalam mobil mulai dari payung hingga sepatu untuk menghadapi keadaan darurat.

Periksa soket untuk memastikan segelnya baik. Secara khusus pastikan bahwa daya yang terhubung ke kabel motor injektor ECU memastikan bahwa busi dalam kondisi baik. 

6. Ban Mobil Dan Tapak Ban

Ban mobil merupakan bagian penting dari sebuah mobil dan harus diperhatikan saat musim hujan. Peran ban tidak hanya untuk mempercepat dan menghentikan mobil tetapi juga untuk mengontrol arah mobil di jalan. Juga sebagian orang mengetahui bahwa ban mobil berfungsi untuk meredam getaran mobil sebelum mendapatkan bantuan dari sistem suspensi.

dan saat kondisi hujan tapak ban menjadi sangat penting agar tidak tergelincir , Di harapkan bagi sobat keren selalu memperhatikan keteban ban karena saat air menggenang fungsi dari ban yg alurnya masih bagus adalah memecah air dan membuangya kekanan dan kekiri 

Sebaliknya jika ban mobil botak akan mempunyai efek ban sering tergelincir dan dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

Oleh karena itu ada baiknya sebelum bepergian selalau mengecek ban dan tekanan angin ban agar di perjalanan lebih nyaman

7.  Kaki - Kaki Mobil 

Sebagai informasi kaki-kaki mobil terdiri dari dua bagian yaitu sistem suspensi dan sistem kemudi. Sistem suspensinya sendiri terdiri dari soft shock absorber dan ban peredam kejut lainnya. Sistem suspensi yang lemah seperti karet shock absorber yang rusak akan menyulitkan pengendaraan terutama saat musim hujan karena jalanan licin. 

Di sisi lain jika sistem berkendara juga bermasalah bisa menyulitkan driver untuk mengendalikan mobil apalagi saat hujan deras dan jalanan penuh lubang. Driver harus mengecek kembali kolong mobil untuk memprediksi komponen rusak di musim hujan. Ia melakukan sporing dan  balancing untuk mengembalikan kualitas ban dan kaki mobil. Dari kedua perawatan tersebut si driver  dapat melihat permasalahan yang ada pada suspensi sistem kemudinya.apakah perlu mengganti atau hanya perlu perawatan saja 

8. Periksa Pipa Knalpot

Bagian lain dari mobil yang perlu diperhatikan saat hujan adalah knalpot terutama bagian belakang. C harus segera dibersihkan saat mobil melewati jalan hujan. Sebaliknya jika dibiarkan dalam waktu lama pipa knalpot mobil akan terkorosi dan menjadi keropos. Oleh karena itu jika Anda berkendara di hari hujan atau menyeberang jalan dengan genangan air disarankan untuk segera membilasnya dengan deterjen air agar kotoran debu dan pasir tidak menumpuk .
 

9. Body dan Kaca Mobil 

Bodi mobil dan kaca depan rentan terhadap jamur terutama jika tidak dirawat dengan baik selama musim hujan. Karena jamur biasanya berasal dari noda air sehingga mudah berkembang saat musim hujan. Body mobil perlu  dirawat dengan mengoleskan cairan antijamur ke body dan kaca. Nah cairan wax membantu melapisi body mobil sehingga jika terkena air hujan air menempel pada lapisan wax bukan pada body mobil. Jadi ada pelindung berupa cairan lilin antara bodi mobil dan air yang juga bisa dipakai di kaca dam body .

10. Kampas Rem 

Kampas rem mobil yang terlampau lama tidak di ganti karean mobil jarang di pakai, Hal ini sering terjadi dan  dapat berbahaya karena saat di rem kampas sudah mengeras dan licin apalagi dimusim hujan pengereman menjadi hal yang paling utama untuk berkendara di jalan raya baik kecepatan sedang maupun tinggi 

Oleh karena itu selalu lakukan pengecekan terhadap kampas rem baik depan maupun belakang pada mobil anda .  
 
Baiklah sobat semua, cukup sampai disini pembahasan kita mengenai bagian – bagian mobil yang rentan mengalami masalah saat terkena air hujan. walaupun terlihat sepele, sobat semua sangat disarankan untuk memberikan perhatian lebih pada kondisi mobil sobat.

Saya harap dengan informasi di atas akan membantu sobat untuk memperhatikan kondisi mobil sobat. tetap selalu perhatikan kondisi mobil sobat supaya tetap aman dan nyaman saat berkendara. sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya– idokeren.com

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini