Cara Mengganti Seal Master Rem Honda Dengan Sangat Mudah

master rem honda

Cara Mengganti Seal Master Rem Dengan Sangat Mudah, yup kawan judul diatas mungkin akan berguna bagi yang kesulitan ketika berkaitan dengan seal master rem.

bagi yang tidak tau apa itu seal master rem sedikit penjelasan akan saya sharing, jika anda melihat sepeda motor pengereman dan Rem depan merupakan hal yang sangat penting.

master rem honda


 lihatlah sebuah kotak di handle rem itu ada sebuah kotak bisa di sebut master rem, sedangkan seal-nya anda bisa lihat gambar di bawah ini unutk memperjelas

seal master rem honda

gambar diatas adalah sealnya, komponen itu yang akan kita ganti.

bagi yang sudah bisa mungkin teknik ini sangat sederhana tetapi bagi yang blm bisa teknik ini akan sangat membantu.

oh ya sebelumnya teknik ini berlaku untuk semua motor walau pada gambar saya menyertakan picture sepeda motor honda.

1. Untuk mengganti seal master rem ini ada banyak cara ada yang harus membuka cover kepala sepeda motor ada yang tidak perlu membuka cover sepeda motor tergantung kondisi, mekanik pasti paham hal ini.

** JANGAN MEMBUANG MINYAK REM TERLEBIH DAHULU BAIK DARI ATAS ATAU DARI BAWAH BAUT 9 KARENA AKAN SANGAT MENYUSAHKAN JIKA MINYAK KOSONG DARI SELANG ANDA AKAN MEMOMPA SANGAT LAMA JIKA MINYAK KOSONG.

2. Buka penutup master dengan obeng ada yang keras ada yang tidak jika keras pergunakan mata obeng ketok yang lancip, biasanya akan sangat mudah karena jika menggunakan obeng biasa jika sudah slek(rusak) akan menyulitkan dan membuat lama pekerjaan.

3. Buka Piston master rem dengan melepsa handle rem terlebih dahulu, kemudian lepas sepi piston rem yang tersembunyi dengan tang lancip khusu yang ujungnya sangat lancip.

sepi master rem

Tanda merah menunjukan posisi piston harus selalu tertekan kebawah dan agar saat pembukaan sepi atau penguncinya mudah lbuka dengan tang sepi  yang ujungya lancip ya kawan

4. jika sepi sudah terlepas maka tinggal di tarik pistonya akan keluar, hati hati dengan minyak rem yang tumpahan karena bahaya melukai cover bodi karena minyak rem sangat keras dapat melelehkan cover body.

5. Pasang pistonya yang baru oh iya selanya sudah menyatu dengan pistonya ya biasanya dapat per - piston, seal, pengunci piston, penutup luar berbentuk karet seperti gamabr di atas.

piston master rem rusak


gamabr diatas adalah menunjukan seal master rem yang rusak sela tas dan bawah biasanya sudah tidak bgs tau mengkerucut karet sudah tidak bisa mendorong minyak rem.

pemasangn cukup mudah ko hanya masukan pistonya, tekan dengan obeng lalu masukan klip penguncinya saat memasang pengunci pastikan piston mater tertekan ya, akan sangat memudahka.

6. pasang kembali handle rem dan yang lainya kebalikan dari membuka ya urutan pemasanganya. kemudian isi minyak rem  yang kosong di master rem atas, catatan penting saat minyak rem kosong jangan di pompa handle karena angin bisa masuk ke selang rem.

ini adalah kesalahan fatal biasanya akan sangat menyulitkan jika sampai selang rem masuk angin karena kita akan terus memompa sampai semua angin dari selang keluar.

jika ada angin di selang rem akan blong tidak ada tekanan ya sobat, jadi pastikan diawal sudah di beri catatan jangan membuang minyak rem hanya minyak yang diatas saja yang boleh kosong karena itu pun kosong karena penggantian piston rem.

jika langkah diatas benar anda ikuti maka anda tidak akan lama memompa handle rem bahkan sangat mudah ya sobat.

jika anda kesulitan bisa berkomentar ya thanks.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel