Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Karet Damper Getaran Torsi Pada Puli Poros Engkol

 Mesin kendaraan yang terdiri dari lebih dari satu piston akan menimbulkan putaran poros Fungsi Karet Damper Getaran Torsi Pada Puli Poros Engkol
Puli Poros Engkol

Mesin kendaraan yang terdiri dari lebih dari satu piston akan menimbulkan putaran poros engkol tidak stabil. Hal ini alasannya memang langkah pada setiap piston yang berbeda, sebagai rujukan jikalau pada sebuah mesin terdapat empat silinder, maka ketika piston silinder no 1 melalukan langkah hisap maka silinder no 4 melaksanakan langkah usaha. Begitu juga dengan silinder no 2 dan 3 yang melaksanakan langkah kerja yang berbeda. Hal ini tentunya akan menimbulkan dampak negatif terhadap komponen - komponen yang memang prosedur kerjanya membutuhkan putaran poros engkol menyerupai pumpa air, alternator dan AC. Maka untuk mengantisipasi putaran yang tidak stabil yang dikhawatirkan sanggup mengganggu komponen yang lian maka dipasangkanlah damper getaran torsi pada puli poros engkol.

Fungsi karet damper getaran torsi pada puli poros engkola adalah  untuk menghaluskan tenaga yang keluar dari poros engkol. Perputaran poros engkol akan menjadi naik pada ketika langkah perjuangan dan menjadi turun pada langkah lainnya terutama pada langkah kompresi. Turunnya putaran alasannya beban besar yang harus dilakukan poros engkol untuk menekan adonan udara dan materi bakar. Fluktuasi dari putaran ini akan menimbulkan puntiran pada poros engkol dan hal ini hendaknya sanggup diatasi atau poros engkol sanggup menjadi rusak.

 Mesin kendaraan yang terdiri dari lebih dari satu piston akan menimbulkan putaran poros Fungsi Karet Damper Getaran Torsi Pada Puli Poros Engkol
Damper Getaran Torsi  Pada Puli Poros Engkol

Pada gambar diatas  mengatakan karet dipasangkan pada damper getaran torsi dimana hal ini banyak dipakai pada mesin kenderaan penumpang. Damper getaran torsi meredam kenaikan kecepatan putaran (energi) akhir dari langkah perjuangan dan mepepaskan energi yang tersimpan pada langkah lainnya. Damper getaran torsi terdiri dari penggalan ring luar (ring enersia) karet dipasang pada hub. Hub dipasangkan pada penggalan depan poros engkol.

Pada langkah perjuangan kecepatan poros engkol akan menjadi naik dan ring enersia yang terpasang pada karet, menciptakan perlawanan pada kecepatan yang naik tersebut. Bilamana poros engkol cenderung turun kecepatannya pada langkah lainnya maka ring enersia mencoba memelihara poros engkol berputar pada kecepatan yang sama.

Beberapa mesin memakai damper getaran torsi viscous. Walaupun konstruksinya berbeda namun fungsinya tetap sama Damper getaran torsi lebih sering menjadi kelengkapan pada sabuk pencetus komponen kelengkapan lainnya (pompa air/alternator).

Post a Comment for "Fungsi Karet Damper Getaran Torsi Pada Puli Poros Engkol"