Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Tabung Silinder Pada Mesin Kendaraan

 Pada umumnya blok silinder terbuat dari materi besi tuang kelabu Jenis - Jenis Tabung Silinder Pada Mesin Kendaraan
Jenis - Jenis Tabung Silinder

Pada umumnya blok silinder terbuat dari materi besi tuang kelabu. Hal ini relatif lebih murah, gampang dibentuk, Tidak gampang aus dan tahan terhadap imbas panas yang berlebih yang ditimbulkan dari hasil pembakaran. Bahan dari perpaduan aluminium juga digunakan,  ini karena  mempunyai laba penghantaran panas yang baik dan ringan dari segi konstruksi.


Untuk mengatasi keausan, maka pada blok silinder yang terbuat dari aluminium dipasangkan tabung silinder. Tabung silinder juga ada yang dipasang pada blok silinder yang terbuat dari besi tuang kelabu sebab didesain dalam perbaikan selanjutnya. Pada gambar diatas  menawarkan variasi dari tabung silinder.

Adapun jenis - jenis tabung silinder yaitu :

1. Tabung Silinder Basah

Blok dicor tanpa tabung silinder dan ketika tabung silinder dipasang, kepingan luar dari tabung silinder tersebut bekerjasama eksklusif dengan mantel air. Sil khusus dipasang pada kepingan bawah dan atas tabung silinder untuk mencegah kebocoran air pendingin maupun oli pelumas. Tabung silinder berair pada umumnya telah difinising dan bisa menghantarkan panas pembakaran secara cepat. Kelemahan dari tabung berair ini yaitu kebocoran dan karat.


2. Tabung Silinder Kering

Tabung silinder kering yaitu yang utama dipakai pada blok mesin, yang ketahanannya dibawah besi tuang blok mesin itu sendiri. Tabung kering dijamin pemasangannya pada blok dengan interferense atau dibuat plens pada kepingan atas tabung tersebut dan tertekan oleh kepala silinder. Tabung kering lebih sulit memasang maupun melepas, dan kadang kala membutuhkan pekerjaan honing sesudah tabung tersebut dipasang.

Post a Comment for "Jenis - Jenis Tabung Silinder Pada Mesin Kendaraan"