Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Kondusif Dikala Stater Kendaraan Beroda Empat Khusus Bagi Kau Yang Masih Pemula

Cara melaksanakan stater yang baik dan benar Tips Aman Saat Stater Mobil Khusus Bagi Kamu Yang Masih Pemula
Cara melaksanakan stater yang baik dan benar
Kedengarannya mungkin praktis ya, apalgi cuman menstater mobil. Sepertinya semua orang akan praktis dan tahu bagaimana menstater mobil. Tapi tunggu dulu, menstater kendaraan beroda empat tidak segampang yang kita kira dan bayangkan. Karena khusus bagi kau yang masih tahap berguru dan awam maka harus memperhatikan ha-hal yang mungkin dianggap sepele oleh banyak orang.

Menstater kendaraan ialah tahap awal untuk menghidupkan mobil. Dimana pada proses ini, motor stater akan berfungsi ( bekerja ) memutarkan mesin melalui roda gigi pinionnya untuk keluar dan menyentuh fly whell ( roda abnormal ) yang melekat pada poros engkol untuk menggerakkan piston. Motor stater membutuhkan arus yang besar pada tahap awal, sebab beban berat yang harus dikeluarkan untuk memutarkan ke empat atau enam piston.

Saat mesin sudah hidup, maka pinion motos stater akan terlepas ( melepaskan diri ) dari putaran flywhell. Harus kita ketahui bahwa motor stater tidak ikut bekerja dikala mesin hidup, beroperasinya hanya diawal untuk menghidupkan mesin. Selebihnya motor stater tidak bekerja.

Untuk menjaga kerusakan pada motor stater dan hal-hal yang tidak kita inginkan, maka ada beberpa hal yang harus kita ketaui dikala menstater kendaraan mobil, yaitu :

1. Lebih baik anda  berada didalam kendaraan beroda empat ( dingklik pengemudi )
Menstater kendaraan beroda empat sanggup juga dilakukan diluar, dalam artian disini kau sanggup menstater kendaraan beroda empat tidak harus masuk ke ruang pengemudi alias dari luar dengan membuka beling pada cendela cuilan depan kanan. Sangat praktis sih, namun hal ini berbahaya dan beresiko sebab kita tidak mengetahui apakah transmisi dalam posisi Netral atau tidak. Selain itu, posisi kau yang berada diluar akan sangat mengganggu kemudian lalang disekitar kendaraan.

2. Menutup pintu
Sebenarnya kalau yang ini opsional sih, sebab memang tidak ada hubungannya secara sistem menutup pintu dengan hidupnya motor stater. Namun lagi-lagi kita harus menjaga keamanan disekitar kendaraan anda, kalau berada pada posisi sunyi hal ini tidak akan berpengaruh. Namun kalau berada pada kawasan keramaian atau kemacetan parah, maka jangan sesekali kau melaksanakan ini. Karena sangat mengganggu orang disekitar kendaraan.

3. Menstater Tidak Lebih dari 10 Detik
Mesin yang baik tidak membutuhkan waktu usang untuk menghidupkannnya, tidak lebih dari 3 detik kendaraan beroda empat sudah hidup. Namun, kalau dalam waktu tersebut mesin tidak sanggup hidup maka kita disarankan untuk menstater kendaraan selama 10 detik dengan fase yang berulang - ulang. Tidak boleh lebih dari 10 detik dalam satu fase. Karena hal ini akan memicu panas berlebih pada lilitan magnet seleoid yang sanggup terbakar. Dampak yang lainnya, baterai kendaraan anda akan cepat tekor ( habis ). Seandainya tidak ada tanda - tanda mesin hidup kau sanggup memerikasa sistem Pengapian, Bahan bakar dan kompressi mesin.

4. Posisikan tongkat ( tuas ) transmisi pada posisi Netral 
Pastikan posisi tongkat ( tuas ) transmisi kendaraan anda pasa posisi netral ya. Hal ini sangat berbahaya sebab kendaraan beroda empat sanggup melaju dikala proses stater dimulai.

5. Tekan Pedal Kopling & Tarik Tuas Rem Tangan
Pada poin ini, keduanya harus dilakukan untuk mencegah kendaraan beroda empat melaju dikala proses stater. Andaipun terjadi kelalaian sebab tongkat transmisi yang tidak pada posisi netral, maka dengan menekan pedal kopling dan menarik tuas rem tangan mencegah secara ganda untuk menahan dan memutus putaran dari mesin ke transmisi.

6. Matikan Peralatan elektronik yang masuk dalam kategori assesoris ( ACC )
Saat menstater kendaraan, maka komponen - komponen assesoris ( menyerupai Pemutar music, dinamo, kaca,  AC, dll ) akan mati. Tujuannya dibentuk menyerupai ini oleh pabrikan ialah sebab pada proses stater membutuhkan arus yang sangat besar sekitar 8 Amper. Sehingga arus yang mengalir ke komponen - komponen lain akan terputus kecuali pada sistem pengapian dan stater. Tidak ada salahnya memang kalau komponen assesoris hidup, namun dalam teorinya alangkah lebih baik mematikan komponen dari switch off ketimbang harus pribadi memutus dari saklarnya.

7. Tidak ada orang didepan kendaraan 
Lagi - lagi ini opsional sih, ada atau tidaknya orang didepan kendaraan beroda empat kita dikala stater dijamin mesin akan tetap hidup. Namun demi keamanan bersama, maka tidak ada salahnya kita mengantisipasi hal - hal yang membahayakan keselmatan orang -orang yang ada disekitar kendaraan kita.

Tips diatas bukanlah sebuah kewajiban yang haruss kau ikuti semuanya, sebab memang ini tergantung situasi dan kondisi kendaraan mu berada. Namun lagi - lagi faktor keselamatan harus menjadi yang utama. Baik bagi pengemudi dan orang disekitar kendaraan serta menjaga kerusakan dari motor stater itu sendiri.


Post a Comment for "Tips Kondusif Dikala Stater Kendaraan Beroda Empat Khusus Bagi Kau Yang Masih Pemula"