Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Bab Dan Offset Pada Torak ( Piston )


Torak ( Piston ) dibutuhkan untuk melaksanakan beberapa fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai daerah cincin torak ( ring piston ) yang sebagai pembatas dan perapat pada dinding silinder dan mendapatkan tenaga pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol melalui batang torak. Tekanan dan panas akhir pembakaran mengharuskan konstruksi torak dibentuk harus kuat, ringan, tahan ukiran dan bisa menghantarkan panas.

Pada mulanya torak dibentuk dari materi besi tuang kelabu yang mana hal ini sangat baik dan tahan terhadap ukiran dan tahan terhadap pemuaian. Kerugian torak yang terbuat dari materi ini yaitu memiliki bobot yang berat, jenis ini akan lebih sesuai digunakan pada mesin putaran rendah. Energi pada torak dikala berhenti pada tamat setiap langkah, yaitu sangat besar untuk jenis mesin kecepatan tinggi.

Pada umumnya torak dibentuk dari materi paduan aluminium, alasannya yaitu materi ini hampir memenuhi semua persyaratan/karakteristik yang dibutuhkan. Namun aluminium sangat gampang dipengaruhi panas dan pemuaian maka dalam pembuatan torak yang terbuat dari aluminium lebih rumit.
 dibutuhkan untuk melaksanakan beberapa fungsi yang sangat penting Fungsi Bagian Dan Offset Pada Torak ( Piston )
Bagian - Bagian Piston

Gambar diatas  menawarkan torak dengan bagiannya. Konstruksi torak dibentuk dalam banyak bentuk dan model. Kepala torak didesain secara sempurna semoga bisa menciptakan pusaran pada gabungan materi bakar-udara dan efisien terhadap pembuangan gas bekas. Permukaan torak ada yang rata, concave, domed atau kombinasi dari bentuk tersebut. Hal ini akan dipilih sesuai dengan bentuk ruang bakar semoga tercapai efisiensi maksimum.

Slipper skirt torak dibentuk semoga mesin lebih sempurna dalam desainnya. Ini menciptakan torak akan lebih ringan kerjanya pada batang torak dan blok silinder. Karakteristik desain termasuk memperpanjang skirt pada satu sisi semoga lebih gampang pada putaran poros engkol.
Perbedaan Piston Offset Dengan Tidak Offset

Offset pena torak dibentuk sedikit offset kearah sisi kerja torak. Hal ini untuk membantu semoga torak sanggup bekerja dengan baik pada langkah kompresi maupun langkah usaha. Offset tersebut yaitu sudut antara torak,batang torak dan alas jalan poros engkol. Terutama hal ini akan memperlancar kerja torak dikala pergantian dari langkah kompresi ke langkah usaha.

Post a Comment for "Fungsi Bab Dan Offset Pada Torak ( Piston )"