Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Cincin Torak ( Ring Piston )


 kompresi sebanyak dua buah yang terpasang pada cuilan paling atas dan tengah piston Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Cincin Torak ( Ring Piston )
Gbr 1. Cincin Torak 


Pada piston  dipasang ring  kompresi sebanyak dua buah yang terpasang pada cuilan paling atas dan tengah piston, serta terdapat  ring  oli pada cuilan paling bawah. Ring  kompresi berfungsi untuk mencegah kebocoran gas didalam silinder pada ketika langkah kompres dan buang,  sementara cincin oli mengontrol oli yang berlebihan pada dinding silinder sebagai pelumas dan sebagai perapat untuk cincin kompresi.

Tekanan kompresi dan tekanan pembakaran akan menekan cincin kompresi kearah bawah alur cincin tersebut, dalam hal ini cincin kompresi harus bisa mencegah kebocoran gas dari tempat alur tersebut sebaik cincin kompresi mencegah kebocoran pada dinding silinder. Apabila cincin kompresi lebih dari satu maka apabila ada kebocoran pada cincin kompresi pertama maka akan dicegah oleh cincin kompresi yang kedua. Seperti yang terlihat pada gambar no 2 dibawah ini.

 kompresi sebanyak dua buah yang terpasang pada cuilan paling atas dan tengah piston Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Cincin Torak ( Ring Piston )
Gbr 2. Cincin Torak Menahan Gas 

Cincin torak model datar memiliki permukaan persegi yang bekerjasama dengan dinding silinder dan cincin tersebut biasanya berbentuk empat persegi panjang. Cincin torak model diruncingkan memiliki permukaan yang diruncingkan pada arah depan cuilan bawah cincin menyerupai pada gambar no. 3 dibawah.

Keruncingan tersebut kira-kira 1 derajat, dan normalnya dipasang sehabis cicin kompresi pertama. Sisi luar cuilan bawah yang sudutnya tajam yakni sangat baik untuk mengikis oli dari dinding silinder pada ketika torak bergerak kearah bawah, tetapi juga akan mengikis sisa lapisan oli pada ketika torak bergerak kearah atas.  Permukaan cincin model ini akan menjadikan kontak permukaan cincin dengan dinding silinder kurang baik tetapi sangatlah baik dalam pengontrolan sisa oli pelumas yang terdapat pada dinding silinder.
 kompresi sebanyak dua buah yang terpasang pada cuilan paling atas dan tengah piston Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Cincin Torak ( Ring Piston )
Grb 3. Jenis - Jenis Cincin Torak


Cincin kompresi torsional twist memiliki sudut diatas cuilan dalam atau sudut dibawah cuilan luar. Permukaan yang diruncingkan dan cincin kompresi torsional twist yakni bekerjasama dengan arah sehingga ketika memasang jangan hingga terbalik/salah. Pada langkah usaha, tekanan pembakaran akan menekan cincin kompresi kesisi bawah alur cincin dan juga kearah dinding silinder sehingga cincin kompresi sanggup mencegah terjadinya kebocoran (lihat gambar 2).


 kompresi sebanyak dua buah yang terpasang pada cuilan paling atas dan tengah piston Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Cincin Torak ( Ring Piston )
Gbr 4. Cincin Torsional


Cincin kompresi torsional twist tidak hanya memiliki laba menyerupai cincin kompresi permukaan diruncingkan tetapi juga sanggup mencegah kebocoran dengan baik. Sejak cincin memuntir atau tidak memuntir didalam alur, cincin juga menyerupai empat persegi panjang atau menyerupai permukaan diruncingkan.

Gambar 4  mengatakan kerja dari cincin torsional twist pada ketika langkah pemasukan dan langkah usaha. Bahan untuk menciptakan cincin torak haruslah tidak gampang aus, memiliki elastisitas yang baik dan besar lengan berkuasa terhadap panas dan tekanan. Besi tuang yakni lebih murah dan memenuhi syarat tersebut diatas.

Kelemahan dari besi tuang yakni terlalu rapuh. Hati-hati ketika melepas atau memasang cincin torak jangan hingga mnembang berlebihan alasannya yakni akn menjadikan patah. Cincin kompresi cuilan atas secara khusus harus bisa terhadap panas, pelumasan sedikit, kejutan beban bilamana tekanan pembakaran naik secara tiba-tiba, tahan terhadap ukiran dan tahan lama.

Permukaan cincin torak yang terbuat dari materi besi tuang diperkeras dengan chromium dan molybdenum. Pengerasan dengan chromium akan menciptakan tahan terhadap ukiran dan tahan lama.
Pengerasan permukaan cincin torak dengan molybdenum yakni biar cincin tahan dan besar lengan berkuasa terhadap temperatur yang tinggi.

Besi tuang juga dipakai untuk materi cincin oli, pada cuilan ujung rel diperkeras dengan chrom, atau stainless steel, materi ini dipakai pada cincin oli model lembaran/terpisah. Model rel terpisah memiliki laba lebih kuat, pleksibel, tidak terlalu tebal dan ringan.

Cincin oli dengan konstruksi lembaran yakni yang paling banyak dipakai pada mesin kenderaan alasannya yakni memiliki laba menyerupai berikut. Mempunyai pleksibel yang tinggi, selalu siap dengan posisi yang berubah-ubah dan permukaannya dengan permukaan dinding silinder sanggup selalu kontak dengan baik. Tidak gampang terpengaruh dengan kotoran karbon hal ini dibandingkan dengan cincin oli model satu bagian/tunggal.

Sisa oli yang tidak terkikis oleh cincin oli akan masuk kedalam ruang bakar dan terbakar. Hal ini akan mengakibatkan tenaga mesin berkurang dan tumpukan karbon akan terjadi pada katup, busi dan ruang bakar.

Post a Comment for "Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Cincin Torak ( Ring Piston )"