Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kapan Mesin Kendaraan Beroda Empat Anda Harus Di Overhaoul ( Bongkar Mesin ) ? Kenali Ciri - Cirinya




Kerusakan pada mesin merupakan sebuah efek dari salahnya penggunaan atau perawatan pada kendaraan tersebut. Ini menjadi salah satu momok yang paling menyeramkan bagi kebanyak para pemlik kendaraan. Selain harus mengeluarkan uang yang tidak mengecewakan cukup banyak, waktu perbaikannya juga relatif usang tergantung dari kerusakan yang terjadi.

Jenis  - jenis kerusakan pada mesin memang bermacam - macam, mulai dari kerusakan yang paling kecil mirip pergantian komponen - komponen ringan hingga yang paling parah yakni pembongkaran mesin secara menyeluruh atau kita sering mengenalnya Over Houl. Kalau diibaratkan sakit pada manusia, over houl dilakukan pada mesin - mesin yang memiliki penyakit kronis yang parah.

Kapan mesin kendaraan beroda empat anda harus di overhoul ? kami menyajikan ciri - ciri yang harus anda kenali semoga jangan terlalu gegabah serta mencegah hal - hal yang tidak diinginkan akan kendaraan anda.  Over houl pada  mesin bisa  disebabkan oleh banyak faktor banyak factor. Diantaranya yaitu :

a. Kurang tenaga
Kurang tenaga memang bukan saja diakibatkan oleh komponen mesin yang rusak, namun ini sanggup terjadi lantaran sistem pemindah tenaga mirip kopling yang aus dan memang sudah waktunya diganti. Sebelum memastikan kurangnya tenaga diakibatkan lantaran komponen mesin yang rusak, maka pastikan komponen - komponen yang bekerjasama sistem pemindah tenaga dalam keadaan prima.

b. Asap  terbal dari knalpot
Asap tebal memang menjadi penanda bahwa pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Pembakaran sangat besar lengan berkuasa akan setingan materi bakar pada kendaraan anda. Maka pastikan bahwa setingan materi bakar kendaraan anda sudah tepat. Namun kalau penyetingan adonan sudah tepat dan asap tetap mengepul dari knalpot maka kemungkinan besar oli telah masuk kedalam ruang bakar. Oli sanggup berasal dari celah antara piston dengan dinding selindir dan juga dari batang katup yang diakibatkan oleh seal oil batang katup yang sudah rusak


c. Panas yang berlebihan
Untuk mendeteksi panas yang berlebih sangat mudah, anda tinggal melihat amper panas pada dasbord. Selain itu kerusakan pada sistem pendingin juga sanggup dilihat dari anutan yang terjadi pada radiator. Normalnya, pada ketika mesin hidup dalam kondisi panas, maka anutan pada radiator akan tenang. Namun, kalau terjadi kebocoran kompres, maka anutan pada air radiator akan diikuti oleh gelembung - gelembung. Ini semua sanggup kita lihat dengan cara membuka tutup radiator pada suhu kerja mesin. Dan pastikan anda selalu berhati - hati kalau melaksanakan hal ini.

d. Oli bocor 
Oli yang bocor akan gampang kita lihat dari tetesan ataupun rembesan. Apabila ini terjadi, maka cukup hanya penggantian seal oli atau paking pada komponen - komponen yang terkait. Namun kebocoran oli yang dikhawatirkan yakni kalau oli dan air pendingin terjadi kebocoran ( bercampur ). Ini sanggup kita deteksi dengan mencabut stick oli dan lihat kwalitas warnanya. Jika warnanya berubah dari keadaan normal ( agak keputihan ), maka sanggup disimpulkan hal ini telah terjadi.

e. Suara yang asing ketika mesin hidup
Suara tidak normal memang membutuhkan kejelihan dalam mendengarnya. Apakah bunyi tidak normal ditimbulkan oleh komponen pemindah tenaga atau dari dalam mesin. Jika bunyi - bunyi yang ditimbulkan beraksi lantaran kendaraan berjalan, sanggup jadi ada komponen dikolong kendaraan beroda empat yang kendor. Nanum kalau bunyi yang ditimbulkan lantaran bekerjanya mesin, kemungkinan ada komponen mesin yang oblak ( aus dan menjadikan goyang ).

Hal-hal diatas  merupakan kebanyakan alasan untuk melaksanakan overhoul/reparasi mesin. Kadang-kadang keluhan sanggup diatasi tanpa melepas keseluruhan komponen, tetapi hanya melepas komponen tertentu saja atau kelengkapan yang terpasang pada mesin. Hal ini biasa saja diakibatkan oleh sistem materi bakar, sistem pendinginan, sistem pelumasan, sistem kelistrikan dan sistem pembuangan yang mungkin saja merupakan sumber dari gangguan mesin.

Gangguan lain sanggup saja hanya dibutuhkan melepas kepala silinder atau panci oli, yang mana gangguan tersebut sanggup diatasi tanpa harus melepas mesin dari kenderaan. Prosedur ini sanggup dikatakan semi overhoul/reparasi, tetapi untuk pekerjaan overhoul/reparasi total maka mesin harus dilepas dari kenderaan.

Oleh lantaran itu kalau anda tidak menginginkan terjadinya ovelhoul pada mesin kendaraan anda, maka rawatlah dengan baik dan gunakanlah sesuai dengan standart pada kendaraan tersebut.

Post a Comment for "Kapan Mesin Kendaraan Beroda Empat Anda Harus Di Overhaoul ( Bongkar Mesin ) ? Kenali Ciri - Cirinya"