Akibat Kiprok Sepeda Motor Vario 110 Rusak

Akibat Kiprok Sepeda Motor Vario 110 Rusak

vario 110

Akibat Kiprok Sepeda Motor Vario 110 Rusak, Motor vario 110 suka mati dan memrebet  kejadia ini kualami beberapa hari lalu dari sejak tanggal artikel ini ku publish, saat sedang asyik menaiki kesayangan unutk berangkat kerja motor ini sudah menunjukan tanda tanda sulit di hidupkan.

tetapi stelah bebrapakali selah ternyata hidup lega hati ini ternyata motornya hidup ... lanjut gass 
ternyat asialnya motor vario  110 mati di tengah jalan haduuu berasa gmana gitu yaa

dengan terpaksa cari bengkel kanan kiri jauh dari bengkel ternyata alhasil diamkan saja dulu ngopi dan sedikit merokok di warung kopi karena ketemunya warun gkopi mau gmana lagi.

setelah istirahat coba lagi dan ternyata nyala motornya, dengan hati yang senang dan gembira langsung tancap gas pulang. Kerja hari itu batal dulu dari pada nanti mati lagi

Sampai dirumah maka dilakukan pemeriksaan dimulai :

Cek Bensin

bensin vario 110


  • Cek bensin ternyata bagus.
  • Cek aliran bensin  normal.
  • Cek apakah aliran tersendat sendat kadang kadang ternyata aliranya normal.
  • Cek tutup tangki apakah karenat menutup aliran udara sehingga bensin tidak mengucur karena lubang ventilasi tutup tanki tertutup karet.

Periksa Pengapian 

busi dan koil  motor honda 110

langkah selanjutnya kita cek aliran listrik dari alternator ini ckup mudah di lakukan ya hanya tinggal cari kabel warna kuning dan putih yang berasal dari alternator apa itu alternator bisa di katakan  itu sepul juga bahasa awamnya. 

  • cek busi dan percikan busi  disini mulai curiga ternyata api dari busi tidak mercik atau mengeluarkan api. sebelum kita mendakwa busi itu rusak (wkkwkwk)
  • cek percikan api dari koil  apakah keluar atau tidak, jika keluar percikan api maka busi bisa tersangka utama. jika tidak  lanjut .
  • cek aliran listrik yang masuk ke koil apakah ada aliranya, listrik yang masuk koil itu adalah listrik dari alternator biasanya yang keluar dari alternator (nanti lain kali saya jelaskan tentang alternator) .
  • cek  percikany agampang tidak perlu alat juga biasanya saya mengegskan sekilas ke body motor apakahada percikan api atau tidak.
  • jika dari alternator / magnet ada pengapian maka selanjutnya kita kiprok.

Periksa Kiprok

kiprok vario 110

Kiprok ini adalah komponen yang menstabilkan tegangan arus dari sepul / alternator ke aki. dan lampu depan yang masih menggunakan aliran listrik AC biasanya pada sepeda motor lawas atau tua ya sobat.

bisanya di kiprok model sepeda motor tipe lawas seperti vari 110 masih menggunakan tipe kiprok yang terpisah dari ECU (Elektronik Control Module) kalo tidak salahya sobat.

  • cek apakah kiprok cepat panas, biasanya kiprok yang cepat panas bahkan kadang over menandakan kiprok sudah tidak beres atau rusak.
  • pada kiprok 110 ada 4 kabel yaitu satu kabel masuk dari alternator / sepul, dan dua  kabel keluar untuk lampu depan dan aki, dan satu kabel untuk masa body.
  • kita hanya perlu memeriksa kabel yang keluar ke aki ya sobat warna kabel pada motor berbeda beda jangan jadikan patokan periksalah aliran kabel yang mengarak ke aki biasanya itu adalah aliran tegangan listrik , ( mungkin lain kali saya akan jelaskan cara kerja kiprok ya sobat )
  • nah jika pada kabel dari kiprok yang mengarah ke aki maka kita harus menggantinya kiproknya.
Dan kejadin itulah yang saya alami motorawal hisup sangat lancar tetapi di jalan tiba tiba mberebet dan kadang jika didiamkan beberapa saat motor akan nidup kembali .

mungkin artikel ini bermanfaat bagi yagn sedang mengalami kesulitan seperti yang saya alami salam idokeren.blogspot.com belajar melalui adalah semboyan blog ini .


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel