Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pakai Lampu Led, Biaya Servis Xenia Tambah Mahal?

Idokeren.Com - Beberapa ubahan disematkan pada Xenia terbaru. Satu di antaranya ialah headlamp yang sekarang sudah pakai LED. Lantas, apakah biaya servis kendaraan beroda empat keluarga dari Daihatsu itu jadi lebih mahal?

Pakai Lampu Led, Biaya Servis Xenia Tambah Mahal?


Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi menanggapi hal tersebut. Menurutnya, perubahan lampu pada Grand New Xenia tidaklah berdampak pada biaya servis. Sebab, pada umumnya lampu bersifat lifetime atau tidak akan rusak.

"Baik LED maupun lampu halogen itu sesungguhnya lifetime. Istilahnya tidak akan rusak, jarang sekali rusak. Kecuali pengguna pernah lepas dan ganti lampu. Kalau yang asli sendiri digunakan di atas 7 tahun juga masih baik," ucapnya belum usang ini.

Bambang mencontohkan dikala ia memakai Daihatsu Zebra dahulu. "Saya dulu pakai Zebra selama 6 tahun, tidak pernah ganti lampu utama tuh. Sekarang sudah pakai Terios usang juga sama saja." ceritanya.

Namun memang, bila harus melaksanakan pergantian lampu LED akan jauh lebih mahal dibanding halogen. Sebab lampu LED tidak dapat dibeli terpisah atau satu-satu melainkan eksklusif satu set pada satu sisi (kiri atau kanan).

"Kalau ingin ganti lampunya saja, halogen itu sekitar Rp 120.000-an untuk dua lampu. Ini untuk Xenia loh, ya. Lalu jikalau LED, itu tidak dapat pretelan. Dia kan per titik. Nah jikalau headlamp satu sisi itu Rp 2 juta (satu set). Makara jikalau ganti keseluruhan jadi Rp 4 juta (kanan dan kiri)," ujar Bambang.