Widget HTML Atas

Pompa Air Macet Tidak Berputar Ini Solusi Mudahnya

mesin pompa air

 Pompa Air Macet Tidak Berputar  Ini Solusi Mudahnya 

idokeren.com - Apakah anda pernah mengalami tiba tiba waktu akan menghidupkan mesin pompa air tidak menyala dan kemudian anda periksa ternyata tidak ada dengung dari mesin pompa air anda . Oke jangan panik dulu mungkin itu hanya masalah sepele yang bisa anda kerjakan dan selesaikan sendiri.

Menyebalkan bukan saat lagi mandi tiba tiba air tidak keluar dari keran yang kita putar. lalu anda berteriak agar seseorang menghidupka mesin air anda agar air cepat keluar dan ternyata seseorang mengatakan bahwa mesin air anda mati ... idokeren.com akan memberikan solusi yang mudah untuk anda .

Biasanya ketika berurusan dengan mesin air yang rusak , maka kita akan langsung  panik dan memanggil spesialis tukang air, Secara air mempunyai peran yang sangat vital dalam kehidupan sehari hari .

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sendiri untuk menyelesaikan permasalahan Pompa Air Macet Tidak Berputar  Ini Solusi Mudahnya :

penyebab dinamo tidak berputar :

1. Periksa Listrik

tegangan Lisrik

Pastikan aliran listrik ke pompa air tidak bermasalah karena semua berasal dari sini sebelum melangkah lebih jauh, periksa steker colokan dll.  jika dirasa aliran listrik tidak bermasalah maka kita akan pindah pemeriksaan ke  mesin pompa air, pertama jika mengalami hal ini maka kita harus memeriksa kipas pendingin pompa mesin air apakah apakah bisa bebas bergerak atau tidak.

2.Periksa Kipas Pompa Air Seret Atau tidak


Untuk hal yang satu ini kita harus memuka kipasnya dengan mengunakan kunci pas 10  ( pada umunya )  tergantung tipa type mesin pompa air memiliki ukuran yang berbeda, hal ini pernah di alami mimin keren bahwa hanya karena batu pasir yag kecil mengganjal di kipas mesin pompa air menyebabkan mesin pompa air tidak bisa berputar karena terganjal batu kerikil yang sangat kecil .

Syukur jika hanya terganjal oleh batu kerikil kecil maka masalah anda sudah pasti terselesaikan tapi jika tidak silahkan baca lagi kebawah.

Periksa kapasitor pompa air :

kapasitor mesin pompa air

Pada mesin pompa air ada namanya komponen yang bernama kapasistor, Setiap mesin mempunyai minimal  satu kapasitor yang berfungsi untuk proses starting pada saat mesin dihidupkan, Karena pada saat starting, Motor pompa air memerlukan energi yang cukup besar untuk menghasilkan energi putar.

Maka sebagian arus listriknya dipasok dari kapasitor sehingga beban motor menjadi ringan saat starting, Besaran kapasitor yang digunakan pada mesin pompa air umumnya pada kisaran antara 4-16 micro farad. (tergantuk type mesin air).

Jika mesin air menyala tetapi tidak berputar dengan kencang bisa berasal dari kapasitornya. Karena di perlukan puratan yang kuat diawal unutk mendorong air jika kapasitor lemah maka putaran juga lemah.

Jika mesin hidup tapi berputar lemah ada baiknya mencoba mengganti kapasitor karena mesin air biasanya mengalami kerusakan jika sudah mempunyai umur yagn sangat lama bsia 4  - 5 tahun. apalagi jika tempat anda adalah tempat yang mempunyai ketinggina air rendah .

Maksud disini ketinggina air rendah adalah jika menggali sedikit saja untuk mengebor air maka air sudah muncul maka disini pasti mesin anda awet dalam penggunaan.

Pompa Air Mendengung Dan Panas

bearing pompa air

Jika anda pernah mendengar pompa mesin air anda berbunyi mendengung keras mungkin ini akan memberikan informasi yang bermanfaat unutk menyelesaikanya.

Pompa air bekerja dengan putaran dinmao yang sangat kencang,  dimana agar bisa berpuatar di perlukan bearing penyangga dimana ada  2 buah bearing yang  berfungsi agar dinamo air dapat berputar. jika putaran tidak stabil ini dikarenakan bearing sudah rusak atau goyang membuat rotor dinamo menjadi bergesakan dengan rumahnya ini menimbulkan efek panas.

Jika mesin air anda berbunyi  atau mendengung saat di nyalakan mungkin anda harus  mengganti bearing dinamo ini agar suara mesin pompa air anda dapat halus kembali seperti sediakala. dan ini pasti berhasil dan suara mesin anda akan halus kembali.

Efek Musim Panas Bagi Pompa Air

Efek Musim panas terhadap panas mesin juga berpengaruh, panas mesin air juga dapat di hasilkan dari mesin pompa air yang terus menerus menyala karen kadang jika musim panas debit air di bumi menjadi berkurang maka pompa air akan semakin lama dan susah untuk menghisap air dari dalam bumi ke permukaan ini bisanya terjadi pada musim panas.

Oleh karena itu mimin keren menyarankan jangan memaksa jika memang musim panas dan debit air sedikit jangan geber mesin air terus menerus lebih baik dihidupkan sejam dan di matikan sejam bergantian agar mesin tetap adem dan awet kadang kita lupa karena tower air belum penuh  mesin air  sudah hidup 2 jam lebih ini pemicu mesin air cepat rusak.

Mimin keren juga pernah alami yang sobat alami jadi semoga info diatas bermanfaat sekian  informasi di atas  idokeren.com