5 Cara memandikan Anjing yang Takut Air

5 Cara memandikan Anjing yang Takut Air


5 Cara memandikan Anjing yang Takut Air, Waktu mandi bisa menjadi cobaan berat bagi beberapa anjing yang takut air atau bak mandi dan bisa berubah menjadi permainan kejar-kejaran di seluruh rumah. Dalam beberapa kasus, Anda hanya perlu membiasakan anjing Anda dengan air dan memberi penghargaan agar tetap 

Cara membuat anjing tenang  selama waktu mandi. 

Gunakan alternatif selaian air misal pewangi  untuk membersihkan dan menghilangkan bau busuk anjing Anda jika Anda benar-benar tidak bisa membuatnya nyaman dengan mandi, atau untuk membersihkan dengan cepat ketika belum ada waktu untuk memandikannya  untuk sementara, 

Membuat Anjing Anda Tetap Tenang dan nyaman di Kamar Mandi :

1. Tikar karet 


Letakkan tikar karet di bak mandi Anda. Bathtub adalah permukaan yang licin untuk anjing, jadi letakkan keset kamar mandi karet yang 

murah untuk membantu anjing Anda merasa lebih aman. Beberapa anjing tidak takut dengan air itu sendiri, tetapi tidak merasa nyaman di bak mandi.

Potong kuku anjing Anda sebelum waktu mandi untuk membantu anjing Anda memiliki pijakan yang lebih mantap di permukaan yang licin.
Anda dapat meletakkan handuk di bagian bawah bak jika Anda tidak memiliki tikar karet.

2. Biasakan membawanya kekamar mandi 

Berlatihlah membawa anjing Anda di bak mandi tanpa air. Tempatkan anjing Anda di bak mandi tanpa menyalakan keran atau pancuran. 

Pelihara anjing Anda dan ucapkan “anjing yang baik” saat ia berada di bak mandi.

Jangan biarkan anjing Anda melompat keluar dari bak mandi dan melarikan diri. Anda dapat menggunakan tali untuk membantu menjaga anjing Anda tetap di tempatnya jika terus berusaha melarikan diri.


3. Berikan hadiah Makanan

Berikan hadiah makanan anjing Anda, karena tetap tenang di bak mandi dengan camilan. Terus beri tahu anjing Anda dengan ucapan .

"anjing yang baik" saat masih berada di dalam bak. 

mandikan anjing  ketika sudah tenang dan berhenti berusaha keluar dari bak mandi. 
Anda dapat memulai dengan sesi singkat 3-5 menit di bak mandi tanpa air agar anjing Anda terbiasa berada di bak mandi.

Mintalah teman atau penolong mengalihkan perhatian anjing dengan camilan atau selai kacang saat Anda memandikan anjing Anda agar ia tetap tenang.

4. Mandikan anjing

Mulailah dengan secara perlahan Tuang sedikit demi sedikit air di atas anjing Anda sampai Anda bisa memandikan dengan full. 

Lakukan dengan lembut tuangkan air hangat dengan wadah di atas kaki dan punggung anjing Anda dengan begitu anjing akan  nyaman di bak mandi. Gunakan waslap untuk membersihkan  wajah anjing daripada menuangkan air ke atasnya.

Anda dapat melakukan ini dalam beberapa sesi singkat 3-5 menit, secara bertahap meningkatkan jumlah waktu anjing Anda di dalam bak dan berapa banyak air yang Anda tuangkan di dalamnya.

Pegang dagu dan hidung anjing Anda ke atas saat Anda menuangkan air ke bagian belakang leher dan kepalanya untuk mencegah air masuk ke mata atau hidung anjing.

5. Mainan sebagai hadiah

Berikan anjing Anda mainan kunyah yang tahan lama, berikan setelah waktu mandi selesai. Ajak anjing Anda bermain setelah mandi jangan lupa meberi hadiah, Dengan memberinya sesuatu seperti kulit mentah atau tulang untuk dikunyah sesudahnya. 

Anjing Anda akan belajar mentolerir mandi karena mengharapkan hadiah yang enak ketika waktu mandi selesai. Setelah anjing Anda merasa nyaman dengan Anda menuangkan air di atasnya untuk mandi, Anda dapat mencoba menggunakan  semprotan air bertekanan.

kurangi tekanan air dan membiarkan Anda dengan lembut menyemprotkan air ke anjing Anda sehingga Anda tidak harus terus mengisi wadah.

Bersihkan anjing Anda dengan tisu hewan peliharaan untuk membersihkan kotoran. Ada banyak jenis tisu portabel yang dirancang hanya untuk hewan peliharaan. Gunakan mereka untuk menghapus cakar atau bulu anjing Anda saat menjadi kotor alih-alih mandi bersama anjing Anda. 

Hindari menggosok wajah atau mata anjing Anda dengan tisu karena ini bisa membuat mereka kesal.

Semoga info ini bermanfaat idokeren.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel