Menghilangkan Getar Vario 110, 125, 150, Pada Saat Start Awal

cover cvt

Menghilangkan Getar Vario 150  Pada Saat Start Awal, halo sobat idokeren.com kali ini kita akan membahas tentang kenapa sich sepeda motor matik saat di tarik gas awal selalu getar ???

kali ini kita membahas tentang sepedamotor vario series, sepeda motor ini memang mempunyai masalah yang sama ya sobat, bergetar saat tarikan awal.

memang masalah ini bisa berbeda pada setiap kasus tergantung pada kondisi motor, tapi setidaknya setelah membaca ini, kita dapat ilmu baru tentang cara menyelesaikan kasus CVT yang bergetar  yuk langsung saja kita bahas .

Langkah Penyelesaian 

Sepeda motor bergetar di tarikan awal memang bukan masalah serius tetapi juga bukan maslah yang bisa kita anggap sepele, karena kalo di biarkan serasa menjengkelkan setiap kali kita membetot gas di awal sepeda motor serasa bergetar tidak karuan duk..duk..duk .

Buka CVT


Buka CVT sepeda motor kita dengan kunti T  8 lalu buka baut di sekelilingya,jika sudah terlepas baut  CVT nya lepas cover CVT maka akan terlihat bagian dalam CVT 

Periksa Roller dan Rumah Roller

Pastikan roller dan rumah roler tidak rusak atau dalam keadaan standar yang masih layak di gunakan, bisa dengan melihat bnetuk roller tidak peyang / aus. Dan rumah roller serta Bos rumah roller tidak memiliki celah yang longgar, jika tidak standar roller dan rumah rollerny asebaiknya dilakukan penggantian.

Saran saya jika memang terlihat tidak standar pada roller dan rumah roller serta bos rumah roller sebaiknya di ganti

 Mur 14 pada pulley belakang

mur 14 pulley belakang

Yup sobat mur 14 pada pulley belakang memiliki celah, yang menyebabkan putaran pulley belakang tidak stabil,  karena saat di kencangkan baut tidak menekan rata ring yang menekan rumah  kampas kopling .  

Cara memeriksanya adalah dengan membuka terlebih dahulu baut 14 , kemudian pasang kembali tanapa menggunakan kunci hanya sekedar mur merapat agar kita dapat mengukur celah menggunakan feelergauge, unutk ukuran celah bisa sobat sesuaikan sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Tandai mur dengan memberikan spidol pada satu titik pada mur 14 , agar pada saat kita memutar baut 14 kita dapat melihat ujung satu  putaran, ini hanya sekedar memudahkan kita mengenali saja ujung putaran ya sobat.

Tandai bagian celah mur yang  rapat ke ring. 

Amplas Mur 14 Agar Rata

mur 14 yang bermasalah

Setelah kita dapat celah yang rapat ke ring sementara sisi lainya belum menyentuh rinng maka langkah kita selanjutnya adalah mengamplas sisi yang rapat kering saja agar rata dan semua sisi pada mur 14 yang merapat kering dapat bersentuhan dengan rata.

Jika sudah merasa bagian sisi mur sudah rata dan dapat bersentuhan semua dengan ring pada pulley belakang maka kita pasang kembali ya sobat.

akhir kata mohon maaf sobat jika ada bahasa yang tidak mudah di cerna ya sobat terimakasih salam idokeren.com

Artikel Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel