Vario 110 Tidak Bisa Nanjak Penyebabnya Karet Vakum

idokeren.com - Sobat keren pemilik vario 110 yang  tidak bisa nanjak dan tenaga hilang vario 110 merupakan sepeda motor yang sempat booming sebagai sepeda motor matik honda yang pada saat itu belum menggunakan sistem injeksi, Pada sepeda motor itu  kita tau masih menggunakan pengabutan carburator .

Jika sobat keren adalah pengguna matik vario 110 yang lama yang belum menggunakan sistem pengabutan injeksi atau belum FI. Dan apa bila mengalami hal seperti tenaga hilang di tanjakan atau sepeda motor sama sekali tidak kuat nanjak mungkin ini bisa menjadi penyebab utama, di luar dari CVT ya sobat keren.

Sekali lagi untuk setiap case dapat berbeda beda mungkin ini bisan menjadi referensi bagi anda yang membutuhkan, 

sepeda motor vario 110

Vario 110 Tidak Bisa Nanjak Penyebabnya Karet Vakum

Sobat keren sepeda motor vario 110 carburator  tidak bisa menanjak, dalam hal ini sebenarnya bisa banyak faktor tetapi kali ini yang akan kita bahas tidak bertenaga di tanjakan karena masalah sepele yaitu karet vakum carburator bermasalah .

1. langkah pertama 
jelasnya posisi carburator ada di bawah jok dan anda harus membukanya dengan mencopot baut 10 di bawah jok dan jug  sekrup yang mengikat ke body sepeda motor. didepan jok dan disamping jok juga ada sekrup yang harus di lepas ya sobat keren.

buka baut jok vario 110 dengan kunci T10

2. Setelah anda  copot jok sepeda motor vario nya kemudian anda akan dapat melihat carburator , dalam hal ini kita kita tidak usah melepas carburatornya jika anda sekalian service silahkan di buka di copot semua carburatornya , jika tidak sedang service motor anda hanya melepas tutup karet vakum carburator .

Pastikan saat anda membuka tutup karet vakum menggunakan obeng biasanya kalo jarang di buk akan susah dan keras bahkan harus menggunakan mata obeng ketok dan kunci T sebagai gagangya agar  mudah melepasnya, Sobat keren saat menggunakan obengya harus tegak lurus tidak boleh miring karena dapat membuat baut yang di buka slek, dan akan menyusahkan jika slek. 

menggunakan  obeng +

3. setelah telihat karetnya maka tarikk karet vakumnya keatas maka kita akan melihat karet dan skep carburator yang menjadi permasalahan,  menurut kawan-kawan saya sesama penggila otomotif adalah skep carburator dapat berputar  padahal posisinya skep ini jika di tutup maka akan tertekan per  skep ya sobat keren.

Tetapi menurut mereka yang berpengalanman karet berputar karena karet vakum tidak memegang dengan  erat atau sudah longgar.

4. Cara untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan O-Ring karet sepeda motor supra, jika anda belum paham apa itu O-Ring. O-ring adalah karet bundar yang berada di tutup klep sepeda motor supra, grand yang berbentuk bulat.


gambar O-Ring Klep Bundar punya supra

5. Kita dapat menggunakan O-Ring Klep hanya karetnya saja ya sobat keren,  untuk mengakalinya  agar skep piston tidak dapat berputar,  lihat gambar di bawah posisi mengunakanO-Ring Klep.

oring klep digunakna untuk mengencangkan

Dengan ini karet vakum akan kencang mengikat skep piston agar tidak berputar.

6. karet O-ring Klep yang di gunakan berfungsi untuk mengikat erat skep piston. sampai sini masih ada hal yang harus kita kerjakan lagi di karenakan karet vakum sudah sudah mengeras / kaku maka jika anda mau mengganti karet vakum maka tidak perlu mengakali seperti langkah langkah diatas jika tidak mengganti.

Maka kita bisa mengakalinya dengan memperbesar lubang hisap agar tekanan hisap semakin kuat dan karet vakum cepat terangkat, Ini akan berdampak terhadap tenaga dan power si motor akan bertambah kuat anda akan mengetahui perbedaanya setelah mencobanya.

Lubang hisap skep carburator yang di perbesar

Lubang di perbesar secukupnya sekitar 1/4 dari diameter aslinya atau bisa dikira kira saja, perbesar menggunakan Bor agar Lebih Rapih ya sobat keren.

7. Langkah terakhir sebelum pemasangan anda dapat mengatur derajat posisi lubang hisap dan posisi tanda karet vakum pada rumah carburator lihat di bawah ini ya sobat. ini agar lubang hisap menghadap kedepan menurut teman montir akan berpengaruh jika  lubang hisap berada di belakang motor akan sulit hidup, di stater susah dll. 


posisi pemsangan skep dan tanda karet vakum

Sobat keren akhirnya kita di penghujung artikel ini, oh iya langkah pemasangan semua kompenen di dimana kuncinya adalah komponen yang paling terakhir  di buka harus di pasang terlebih dahulu ya sobat keren,  Semoga artikel tentang vario 110 yang tidak bisa nanjak atau kehilangan tenaga karena karet vakumny sudah longgar dan bermasalah dapat bermnafaat bagi sobat keren

Nantikan artikel lainya semoga web ini dapat menjadi media yang besar dimana semua contenya dapat bermanfaat  bagi banyak orang, Terimaksih -  idokeren.com 

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel