Kontroversi Spoiler Swingarm Ducati ? Kenapa

idokeren.com - Sobat Keren pencinta Moto Gp, Andrea Dovizioso pembalap ducati menorehkan kemenangan di Seri Pembuka MotoGP 2019 (Qatar). Menimbulkan sejumlah kontroversi. karena Motor Ducati Desmosedici yang ditungganginya telah dipasang perangkat tambahan Khusus semacam spoiler di area swingarm.

Kontroversi Spoiler Swingarm Ducati


Sobat keren Spoiler di area swingarm memicu protes keras dari tim balap lainnya seperti Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM. Meskipun demikian, tim panitia teknis dari MotoGP akhirnya menolak gugatan tersebut, dan Andrea Dovizioso tetap sah memenangkan kemenangan tersebut dengan  perangkat spoilernya.

konferensi pers pun dilakukan Manajer Umum Ducati Corse Gigi Dall'Igna ia bicara ke publik untuk pertama kalinya sejak isu masalah perangkat spoiler swingarm tersebut  diperbincangkan khalayak ramai

Manajer Ducati Gigi Dall'Igna bersikeras mengatakan perangkat spoiler tersebut bertujuan untuk pendinginan ban.

"Ia bekerja untuk memberi udara pada ban belakang. Dan hasil pengujian kami, pada tes sebelum lomba Qatar, adalah bahwa kami dapat mengurangi suhu ban rata-rata sekitar 7 derajat," kata Dall'Igna.

tetapi sobat keren menurut keempat tim balap Moto GP yang menggugat, mereka menganggap bentuk spoiler di swingarm tersebut bisa membuat downforce ( bisa membuat motor lebih aerodinamis).

Dall'Igna sendiri menyatakan bahwa perangkat tersebut memiliki efek aerodinamis 'sekunder', seperti halnya bagian mana pun yang terpapar aliran udara, yang ia cantumkan sebagai 300 gram downforce kecil pada kecepatan 180 km/jam.

Spoiler pernah  digunakan oleh Yamaha pada akhir tahun lalu. "Dalam kasus kami, saya pikir kami dapat memberi tahu Anda bahwa kami memiliki kurang lebih 3-4 Newton pada 180 km/jam, 300 gram lebih atau kurang," lanjutnya.

Karena tujuannya adalah pendinginan ban dan efek downforce sangat minim, Ducati bahkan tidak melakukan pengujian terowongan angin untuk bagian spoiler di swingarm tersebut.

Sobat keren itulah sedikit ulasan tentang kontoversi kemenangan Andrea Dovizioso waah ternyata  komponen yang merekat saja seperti spoiler swingarm arm saja bisa menjadi masalah serius, nah sobat keren nantikan info terbaru lainya ya di idokeren.com terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel