V-Belt Sepeda Motor Matic Cepat putus Ini Penyebabnya

idokeren.com - Sobat keren berkendara dengan sepeda motor matik terasa sangat menyenangkan karena sepeda motor matik tidak memerlukan pergantian gigi yang membuat hentakan penurunan kinerja speed sepeda motor, mau speed tinggi atau speed rendah kita hanya perlu membuka dan menutup gas, tetapi pernahkan anda mengalami yang namanya putus V-Belt dijalan.

Faktor Penyebab V-Belt Sepeda Motor Matic Cepat putus

Banyak faktor yang menyebabkan V-Belt sepeda motor cepat putus oleh karena itu kita akan sedikit membahas hal ini, Kinerja V-Belt pada sepeda motor matic sangat berat jika V-Belt tidak memiliki bahan yang kuat di jamin akan cepat putus.

V-Belt standar pabrikan mempunyai masa pergantian sampai 20.000 - 24.000 KM dengan pemakaian normal, Jadi mulai sekarang anda dapat memperhatikan kilometer sepeda motor apakah sudah mencapai angka tersebut atau belum, bahkan mungkin sudah lewat ambang batas, jika memang sudah melebihi anda harus siap siap menggantinya jika tidak ingin repot di jalan karena putus V-Belt.

Jangan ditunda karena jika sudah lebih dari 24.000 KM itu bahkan angkanya sudah lebih karena apa, V-Belt Akan terus berputar walaupun sepeda motor anda tidak jalan, saat memanaskan sepeda motor dan saat bermacet macetan di jalan. karena itu jika angkanya KM sepeda motor anda  sudah menunjukan batas masa pemakaiayan normal sebaiknya di ganti.

Penyebab V-Belt Sepeda  Motor Matic Cepat Putus 

Kondisi Pemakaiayan V-Belt 

Sobat Keren kondisi pemakaiyan merupakan hal utama terjadinya putus banyak pengendara lupa akan perawatan, ini yang menjadikan V-Belt putus di jalan, dikarenakan kesibukan aktifitas sobat keren kadang tidak punya waktu untuk merawat kendaraan.

Yang harus diingat sobat keren adalah masa pemakaiayan V-Belt sepeda motor matic jika sudah memasuki 24.000 KM dengan pemakaiayan normal bisa dilihat dari Penunjuk Kilometer maka bersiplah untuk menggantinya.

Kondisi Pemakaiayan V-Belt


Lebih dalam lagi kita akan membahas komponen apa saja yang terkait dengan V-Belt Di dalam CVT.


Roller CVT AUS Atau Peyang


Roller CVT AUS Atau Peyang


Roller yang aus atau peyang akan membuat kinerja putaran tidak stabil, dan bergetar ini sangat bepengaruh di tarikan awal, bergetar membuat kerja V-Belt mtor matic anda sulit di jepit rumah roller akibatnya roler sering bergesekan dengan puleey depan. ini menyebabkan keausan pada V-Belt.

Pegerakan Puley belakang tidak lancar

Pegerakan Puley belakang tidak lancar


Sobat keren Puley belakang sepeda motor matik berfungsi menjepit V-Belt yang berputar, pulley belakang menggunakan sebuah per agar dapat menjepit V-Belt dengan kuat dan meneruskan putaran ke roda belakang.

Ido keren pernah  menjumpai sepeda moto matic yang pulley belakang macet tidak bekerja normal karena grease / gemukny amengering, ini meyebabkan V-Belt yang terus berputar hanya bergesekan terus dengan pulley belakang dan menimbulkan bau sangit. ini dapat membuat V-Belt cepat putus.

Ciri Ciri V-Belt Minta Di Ganti

Sobat keren dapat mengenali ciri ciri V-Belt yang akan putus dengan melihat fisik dan masa pemakaiayan .

  • Lihatlah  bagian dalam bergigi dari v-belt. Tanda akan putus biasanya terdapat retakan-retakan pada v-belt.
  • Dilihat dari  sisi samping v-belt, sudutnya terlihat lebih ramping atau lebih tajam ketimbang v-belt standar. Itu menandakan v-belt sudah aus akibat gesekan dengan puly. Jika sudah terlalau parah ausnya  v-belt akan menimbulkan suara berisik dikarenakan v-belt bergesek dengan tutup rumah  CVT.




Ok sobat keren itulah artikel kita kali ini tentang V-Belt Sepeda Motor Matic Cepat putus mungkin dapat menjadi tambahan referensi sobat keren dalam menyelesaikana permasalahan, sekali lagi diingatkan untuk semua sobat keren masalah yang terjadi pada sepeda motor tidak selalu sama tergantung kondisi di lapangan . semoga artikel artikel di blog ini dapat bermanfaat terimakasih - idokeren.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel