4 Tips Sederhana Mengatasinya Motor Mogok Ketika Melewati Daerah Banjir

idokeren.com - Akhir-akhir ini, apabila musin hujan datang, ada beberapa kota yang menjadi langganan banjir, buruknya drainase dan sampah yang menyumbat saluran air. Banjir atau genangan air akan menjadi kendala bagi pengendara sepeda motor dan kendaran lainya, 

Sementara akitfitas sehari-hari tidak boleh berhenti, selain menghambat aktivitas juga dapat menyebabkan sepeda motor terganggu atau mengalami mogok ketika melintasi genangan air. Bagi pengendara motor yang mengalami kendala atau mogok ketika menerjang banjir, adalah satu hal yang menjadi kekhawatiran tersendiri. 

Tips Sederhana Mengatasinya Motor Mogok Ketika Melewati Daerah Banjir


Berikut tips sederhana mengatasinya motor mogok ketika melewati daerah banjir.

Tips dibawah ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi anda yang telah menerobos banjir walau tidak mati saat menerobosnya ada kemungkinan air masuk kedalam komponen sepeda motor anda oleh karena itu baca terus sampai bawah ya.

Pertama Cek Busi.

Untuk motor bebek, cek busi, periksa cangklong konektor busi, apabila kendor, kencangkan, agar busi tidak terkontaminasi air, karena hal ini mengganggu sistim pengapian. jika cangklong busi tidak rapat atau tidak bagus akan menyebabkan kebocoran arus listrik.

Air merupakan konduktor yang bagus motor anda tidak akan bisa menyala jika arus bocor maka keringkan cangklong busi anda jika habies melewati daerah banjir dan sepeda motor anda mati periksalah komponen tersebut.


Kedua. Bersihkan filter udara.

Setelah busi, bersihkan juga filter udara, terlebih jika menerobos genangan air lebih dari 80 cm, Atau jika anda akan melewati daerah banjir anda perkirakan air tidak lebih tinggi filter udara anda apa lagi jika motor anda matik ini sangat rentan.

Jika anda terpaksa menerobos banjir dan motor anda matik setalh itu maka ruang filter udara harus dibersihkan atau di copot terlebih dahulu dan melihat apakah filter udara basah karean banjir jika basah copot adalah pilihan yagn sangat tepat agar sepeda motor anda dapt hiudp normal,

Termasuk melihat kualitas filter apakah perlu lakukan penggantian. Biasanya jika tidak mau repot membuka filter udara ada selang pembuangan airnya dibwahnya, 

Di buka saja untuk mengeluarkan air yang mungkin masuk ke filter. Untuk membuang air dari filter tanpa harus membuka filter, dengan membuka selang  pembuangan, biasanya posisinya di sebelah kiri bawah. 

Ketiga, Periksa CVT

untuk motor matik karbu dan injeksi hampir sama. Apabila air masuk ke dalam bagian Continous Variable Transmission (CVT), buang air dengan cara pencet selang pembuangan air yang sudah disediakan. Selang lubang pembuangan air ini di bikin sudah terbelah oleh pabrikan, makanya cukup di pencet saja.

Jika semua bagain tersebut sudah diperiksa, jangan langsung dinyalakan, tunggu beberapa saat, sekitar 15 sampai 30 menit supaya bagian CVT kering

Jika banyak air yang keluar dari pembuangan sebaiknya service CVT anda saat sudah sampai dirumah, Service di bengkel  karena jika Ruang CVT terkontaminasi dengan air maka akan menimbulkan karat yang di sebabkan air hujan dan jika di biarkana CVT anda akan hancur lebur ( :V ) lebaynya.

yang jelas dari pada keluar budget untuk mengganti rumah CVT, Roller, Rumah Roler, Pulley belakang dan depan, yang jika diakumulasikan lebih dari Rp. 500 Ribu  lebih baik service CVT hanya keluar uagnRp.100 ribu sudah beserta gemuk Khusus CVT.  

Kempat. Periksa Oli Gardan

Jika moto anda matik ini salah satu yang harus adna perhatikan yaitu memeriksa oli gardan karena posisinya dikat dengan roda belakang dan rawan terendam banjir maka periksalah oli gardan anda, oli gardan yang terkontaminasi dengan air akan berwarna putih susu itu tandanya sudah terkontaminasi.

Lebih baik di ganti dengan cepat jika tidak ingin gear gardan roda belakang anda tidak mau rontok karena gesekan  dan bersuara amat kasar, unutk komponen gear gardan ini sangat susah didapat  jika ada anda harus indent atau pesan di bengkel resmi dimana biasanya waktu bisa sampai sebulan unutk menunggu barangya datang.   

Ok sobat keren pencinta otomotif itulah informasi  tentang Tips Sederhana Mengatasinya Motor Mogok Ketika Melewati Daerah Banjir semoga info diaatas bermanfaat terimakasih - idokeren.com

Artikel Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel