3 Ciri Aki Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

idokeren.com - Sobat keren berbicara soal aki kadang kita mempunyai pertanyaan berapa lamakah masa usia pakai aki kendaraan kita baik mobil atau motor, Pada umumnya aki kendaraan baik motor atau mobil dapat bertahan sampai 2 tahun. Bahkan ada yang sanggup bertahan sampai 3 tahun lebih tetapi banyak juga yang mengalami usia pakai aki hanya sampai 1 tahun.


3 Ciri Aki Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya



Oleh karena jaminan penggunaan aki tidak menjamin bahwa aki akan dapat bertahan selama 2 tahun karena masa usia pakai aki tergantung kondisi pemakaiyan dan kondisi kendaraan anda


Untuk memeriksa aki mobil dan mengetahui bahwa aki kita masih bagus atau tidak kita dapat melihat 3 ciri atau gejala yang terjadi pada aki mobil kita.

1. Mesin Mobil Susah Untuk di Stater

Ini adalalah ciri atau gejala yang paling mudah dikenali, problem ini memang sering terjadi dan unutk mobil susah di hidupkan bisa mempunyai banyak faktor tidak selalau dari aki misal businya sudah jelek, Kompresi mobil menurun karena kerak sudah terlalu banyak menumpuk di dalam cylinder mobil, dan aki yang soak .

Mobil yang sulit di hidupkan karena akinya sudah jelek atau soak dapat di kenali cirinya dengan mendengarkan suara dinamo stater dan memperhatikan sura mesin. Pada kondisi aki normal dinamo stater akan memutar poros engkol 800 - 900 RPM.

Tetapi jika akinya sduah soak atau tidak bagus maka saat di stater suara dinamao dan mesin akan lemah bsia di rasakan bahwa suara stater engine terasa loyo dan mesin mobil anda akan sulit di hidupkan.

Permasalaha ini bukanlah masalah berat jika anda mengalaminya jika memang aki anda dirasa belum lama penggunaanya anda bisa memeriksa kondis air aki dan  melakukan charger aki ulang sampai full.

2. Aki Mobil Cepat Habis Meski Sudah Di Cas Ulang

Ini dapat dikarenakan cell didalam aki sudah mulai tidak bagus sehingga aki tidak dapat menyimpan listrik, Meski aki sudah di cas ulang sampai full  tetapi karean cell sudah mulai rusak. 

Jika aki yang anda gunakan adalah aki kering / MF  maka biasanya ada penunjuk yang menunjukan warna elektrolit, Jika warna elektrolit berwarna biru maka aki masih dalam kondisi baik sedangkan jika warna elektrolit merah maka kurang air aki dan jika tidak berwarna maka kurang setrum.


Aki Mobil Cepat Habis Meski Sudah Di Cas Ulang


 3. Kondisi Fisik Aki Menggelembung 

Jika anda melihat fisik aki anda sudah tidak beres atau menggelembung ini mennadakan bahwa aki anda sudah rusak. Aki yang menggelembung dapat di sebabkan karena ventilasi udara aki tersumbat hal ini sering terjadi pada aki kering / MF ( Maintenance Free)

Pada aki MF memepunyai mekanisme katup untuk membuang udara hasil reaksi kimia yang terjadi didalam aki itu. Menyebabkan tekanan didalam aki harus di keluarkan jika katup ini rusak maka akan terjadi penekanan didalam aki 

Yang menyebabkan kondisi fisik pembungkus aki menggelembung memang kadang hal ini tidak meyebabkan aki drop tetapi dengan catatan

Jika terjadi tekanan yang tinggi didalam aki dan tekanan tersebut menbuat pllat plat didalam akiyang sangat berdekatan saling bersentuhan maka  maka aki tidak bisa melakukan reaksi kimia dan aki menjadi rusak karean tidak ada listriknya.


Solusi Mengatasi Aki Yang Rusak 

Untuk permasalahan aki dengan ciri 1 & 2 mungkin masih dapat di selesaikan dengan mengisi cairan aki dan men Charger aki sampai full ini [un hanya unutk penggunaan aki basah 

Tetapi jika anda menggunakan aki MF maka harus di ganti kecuali aki MF yang anda gunakan adalah tipe dengan label VRLA ( Valve Regulated Lead-Acid ) ada tutup yang bisa dibuka untuk mengganti air aki.

Untuk tutup model VRLA ini jika sering di buka mengugnakan obeng maka kerapatan pada tutup akan berkurang.

Soabt keren itulah info tentang 3 Ciri Aki Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya semoga informasi diatas dapat bermanfaat terimakasih - idokeren.com 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel