Cara Merawat Aki Agar Awet dan Tahan Lama

idokeren.com - Cara merawat aki agar awet dan tahan lama,  Agar Aki Awet Meski Kendaraan Jarang Dipakai.Pada praktek keseharian, tidak jarang mobil atau motor sering diparkir dan jarang dipakai dengan berbagai alasan, tapi tahukah sobat keren, bahwa mobil atau motor yang jarang digunakan, tidak menjamin umur aki menjadi lebih awet.  Dan yang terjadi justru sebaliknya,aki akan mudah tekor atau soak saat mesin dihidupkan. 


Cara Merawat Aki Agar Awet dan Tahan Lama


Mengapa hal ini bisa terjadi ?. 

jawabannya tidak lain karena tidak adanya siklus pengisian ulang 

yang biasa terjadi saat mesin hidup atau ketika berjalan. Treatment umum yang sering dilakukan oleh pengguna motor atau mobil adalah dengan cara memanaskan mesin sesekali waktu, 

tapi sayang dalam prakteknya masih banyak yang salah.

Merawat Aki Agar Awet Dan Tahan Lama

Padahal sebenarnya, untuk membuat aki tetap bisa bekerja maksimal pada mobil dan motor yang jarang digunakan tidak hanya cukup dengan modal memanaskan mesinnya saja. 

Karena cara memanaskan mobil atau motor yang benar adalah dengan cara membawa mobil atau motor jalan, karena Kalau memanaskan mobil tidak efektif dalam kondisi diam dengan putaran mesin (RPM) langsam. 

Paling baik itu kendaraan harus dibawa jalan agar proses pengisian berlangsung maksimal.

Penjelasannya begini, memanaskan mobil dalam kondisi diam di tempat tidak cukup maksimal mendorong pengisian arus listrik ke aki. 

Hal ini disebabkan tekanan RPM yang kurang tinggi. Oleh karena itu agar hasilnya maksimal, mau tidak mau pemilik mobil harus sedikit menekan pedal gas agar tekanan RPM bisa naik dan proses pengisian berjalan sempurna. 

Namun bila dilakukan di tempat, terutama di dalam garasi akan sangat berbahaya karena menimbulkan polusi.Jadi cara yang paling baik dan benar adalah dengan cara bawa mobil atau motormu jalan jalan sebentar, agar RPM bisa tercapai di untuk membuat arus listrik ke aki maksimal. 

RPM Yang Tepat Melakukan Pengisian Aki

Kalau mau RPM yang Paling ideal itu di atas 2.000 RPM. 

Demikian artikel ini Cara Merawat Aki Agar Awet dan Tahan Lama , jalan-jalan sana dulu agar mobil sobat tidak tekor, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, jangan lupa dukung blog idokeren.com ini agar sobat selalu mendaptakan informasi dan mendapatkan update berkala dari blog ini, tetap semangat dan  TERIMA KASIH. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel