Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri Ciri Ban Vulkanisir Dan Ban Ukiran

idokeren.com - Sobat keren bagi yang belum tau ban vulkanisir itu apa ?,  dan kenapa ban vulkanisir bisa murah harganya serta sebenernya aman gak sich menggunakan ban vulkanisir baik untuk mobil atau motor serta ciriciri ban vulkanisir itu seperti apa sich kali ini kita akan bahas dengan hati yang adem dan indah serta sedap di pandang mata cekidoot.

Ciri Ciri Ban Vulkanisir
Ciri Ciri Ban Vulkanisir : foto truc magz
Ban vulkanisir adalah ban bekas. pastinya anda pernah mengganti ban bekas lama anda dengan yang baru dan ban lama anda biasanya di tinggalkan di bengkel atau di buang ya kan.

Baca Juga : Beli Ban Murah Pinggir Jalan Awas Hati-Hati Vulkanisir ?

Ban lama orang-orang yang mengganti ban di bengkel dan di tinggal itu biasanya di kumpulkan kadang sampai  menjulang tinggi pernah liat kan bengkel dengan tumpukan ban bekas.


Ban bekas
Ban bekas : foto vulkanisirban
Kadang kita bertanya tanya dalam hati yang galau dan sedikit kepo buat apa sich itu ban di kumpulkan heloow sobat keren itu ban pastinya di kumpulkan bukan jadi bahan pajangan tapi nanti di jual ke pengepul ban bekas dan menjadi money $$$

Dalam pemilihan ban unutk vulkanisir sendiri ada kreteria tertentu yang tidak semua ban dapat di pilih menjadi ban vulkanisir tentunya salah satunya ban tidak boleh robek besar atau bolong besar, kawat ban harus utuh dll

Ban vulkanisir motor atau mobil tadi diolah atau di daur ulang  maksudnya apa ?

Ban bekas tadi yang sudah botak kembanganya  di tempel kan dengan karet kembangan ban luar atau bahan kembangan, Vulkanisir ban ini tanpa merubah merek  dan  kembangan ban, kemungkinan besar orang awam akan sulit membedakanya dan tentunya akan sangat tergiur dengan harga yang di tawarkan dengan embel embel ban murah. tentunya ban vulkanisir murah banyak menarik  minat pembelinya


Ciri Ciri Ban Vulkanisir

Asal sobat keren tau  dimana sistem untuk  membuat ban vulkanisir ini ada dua macam

1. Vulkanisir Ban Sistem Panas
Vulkanisir dengan sistem sebuah proses dimana ban vulkanisir di pres dengan sistem pemanasan tinggi dan pencetakan kembangan ban pun berada didalamnya, Mungkin mirip dengan cara kerja nambal pan dengan sistem panas dimana ban yang di tambal akan menyatu dengan tambalanya

Ban yang tadinya sudah botak di tempeli bahan kembangan yang tentuya sudah di beri perekat kemudian di masukan sistem pengepresan dengan pemanasan tinggi,

Fungsi dari pemanasan ini agar bahan kembangan dapat menempel erat dan menyatu dengan ban bekas serta penciptaan kembangan ban tentunya juga ikut dalam pengepresan ban vulkanisir tadi setelah di pres maka jadilah ban yang sudah botak tadi atau gundul mempunyai kembangan baru lagi yang tebal dan di sertai bulu bulu kembangan ban.

2. Vulkanisir Ban Sistem Dingin 
Pembuatan ban sistem vulkanisir dingin juga sama dengan pengepresan sistem panas bedanya unutk sistem dingin dengan menggunakan uap bertekanan tinggi yang mengepres ban sehingga bahan dari kembangan menempel dengan sempurna

Penempelan kembangan ban vulkanisir
Penempelan kembangan ban : Foto youtube permata group

Penempelan kembangan ban vulkanisir bagian sambungan
Penempelan kembangan ban : Foto youtube permata group

Ban vukanisir yang sudah jadi
Penempelan kembangan ban : Foto youtube permata group


Ciri Ban Vulkanisir Mobil

Mungkin orang awam akan sulit mengenalinya tetapi anda bisa melihat antara asli badanya dengan kembanganya terdapat perbedaan kelenturan karena tentunya badan ban sudah rada mengeras dan kembangan ban terlihat masih mulus dan baru serta kadang ada sambungan yang tidak rapih antara badan ban dengan kembangan ban.

Ciri Ban Vulkanisir Motor

Membedakan ban vulkanisir motor sama saja dengan mobil terletak pada kerapihan kembangan ban dan jika vulkanisir mempunyai bulu bulu ban yang tidak lazim besar besar dan aneh ( :V ) ini hanya pendapat pribadi ya dan harganya tentunya jauh berbeda dengan ban standar pabrikan.

Produksi vulkanisir ban di  indonesia  sudah lumrah asal sobat tau bahwa pesawat juga ada yang menggunakanya.Vulkanisir ban pesawat tentunya dengan tingkat kualitas yang sangat tinggi dan jaminan quality control yang super .

Banyak pelaku usaha memanfaatkan jasa ini karena harganya yang murah dapat menekan cost produksi suatu perusahaan, Dibandingkan dengan membeli ban baru jika memang kualitasnya bisa di adu dan harga bersaing kenapa tidak.

Tetapi pastinya ada nilai plus dan minus yang harus di hadapi oleh kebijakan tersebut semua tergantung dari berbagai macam aspek dan pertimbangan dalam menggunakan ban ini.

Ciri Ban Ukiran

Ban ukiran atau sering disebut ban batik kerap di samakan dengan ban vulkanisir padahal berbeda jauh dalam pemrosesan. Mungkin sama dalam arti makna yaitu mendaur ban bekas agar bisa di gunakan kembali.

Ban di ukir kembali agar mempunyai kembangan
Ban di ukir kembali agar mempunyai kembangan : foto semisena.com

ban motor ukiran / batik
ban motor ukiran


Tetapi ban ukiran ini sangat berbahaya menurutku karena ban ukiran bukan ban lama / bekas yang di tempeli kembangan ban dan tentunya ketebalan ban menjadi semula lagi.

Ban ukiran adalah pembentukan kembangan ban dengan cara mengukir atau menyilet atau memahat ban tipis agar  mempunyai kembangan lagi tetapi ketebalanya tidak seperti semula dengan memanfaatkan ban bekas yang mungkin kembangan sisa 20% saja dan di ukir kembali.

Ban ini mudah dikenali walaupun sudah di semir hingga ban terlihat hitam tetapi ban ukiran / batik mempunyai kekenyalan coumpound ban yang sudah tidak lentur lagi dan tidak ada rambut ban walaupun kembangan terlihat tebal.

Bayangkan saja sobat keren ban sudah tipis di ukir lagi agar kembanganya muncul tentunya banya tambah tipis .

lebih baik membeli ban vulkanisir dari pada membeli ban ukiran ini. dan kalo ada uangya lebih baik membeli ban standar ya sobat keren lebih aman dan safety.

Tetapi semua kembali ke sikon dan kantong anda mungkin juga ban vulkanisir atau ban ukiran dapat menjadi solusi untuk anda yang belum ada dana jadi kita tidak bisa just bahwa itu tidak baik semunya tergantung pilihan anda dan dari segi kebermanfaatan dan sikon.

Nah sobat keren itulah artikel kita kali ini tentang ciri ciri ban vulkanisir dan penjelasanya semoga bermanfaat - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini