Widget HTML Atas

Apa Sih Fungsi Relay Winker dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

idokeren.com -Halo sobat keren  bagi yang sering utak-atik mengganti lampu HID ataupun sering mengganti klakson dengan klakson keong agar suaranya lebih ngebas pastinya sduah pada tau komponen tambahan-nya kan yang namanya relai winkler sebenarnya apa sih fungsi dari relay ini akan kita bahas dibawah ini


Kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu komponen elektronika dari otomotif yaitu tentang relay

Sobat keren telah mengetahui dan tidak asing lagi dengan relay namun Apakah sebenarnya itu relay, Relay  adalah komponen elektronika yang berupa saklar atau switch elektrik yang dioperasikan menggunakan listrik contoh gambar relay  seperti di bawah ini .

Fungsi Relay Winker


Fungsi relay pada motor untuk  menjaga kestabilan listrik ketika di gunakan oleh kelakson keong atau lampu HID.

Dulu pernah ada kasus ada pelanggan yang menggunakan klakson keong panggil saja si gendud karena pelanggan saya itu gendut ( :V )

Gendut : mas ko abis ganti klakson aki aku mati ya ?

Setelah di periksa ternyata dia pasang klaksony tidak menggunakan relay alhasil cuma sehari itu klakson dapat teriak teriak di motornya. besoknya akinya KOIT / Mati.

Baca Juga : Cara Pasang Relay Klakson Motor / Mobil Dengan Mudah

Asal sobat tau ya ada dua buah jenis jeis relay menurut cara kerjanya yang pertama yaitu normally Open dan yang kedua adalah normally close.

Iseng banget ya aku nulis nulis kaya gini gabut neh gara gara korona dan rasa ingin share yagn bermanfaat buat adik adik yang sedang belajar sekaligus mendalami dunia otomotif.

komponen daleman relay
Sumber Gambar : teknikelektronika.com 
Jika kita melihat gambar diatas ternyata cuma begitu doank ya sob dalemanya tapi harga relay yang bagus mahal loh, gambarnya ngambil dari website teknikelektronika.com  nah disana banyak ilmu elektronik sob kalo kalian mau belajar.

Selanjutnya adalah komponen dasar  dari gambar yang telah ditunjukkan diatas  ada beberapa komponen dan cara kerjanya

1. yang pertama itu ini adalah koil  yang berfungsi untuk elektromagnet diatas tengah-tengah ada yang terbuat dari besi jika  di beri arus listrik  maka iron core akan mempunyai daya magnet dan menarik armature

2. kemudian ada switch kontak poin di sini ada kontak poin pertama yang nempel dengan armature dan ada Swtich kontak kedua, Jika armature tertarik maka switch kontak point akan menyatu sob dan mengalirlah listrik dengan stabil.

3. Armature biasanya terbuat dari besi atau mungkin logam lain yang lebih peka terdapat magnet

4. Nah selanjutnya di sini ada spring unutk menarik armature

Pernah lihat lampu sein kedap kedip kan sob nah itu juga salah satu cara kerj arelay ya sob tetapi menggunakan flasher agar  bisa untuk kedip-kedip ( delay time function ) apa lagi truk bukan kedap kedip lagi tapi ada suaranya berisik banget lagi dah ah.

Pernah dengar gak motor yang seinya ada suaranya, yang tau pasti udah tua,  umurnya lebih dari aku tuh umurnya wkwkwk , Yup F1 ZR  jadul suaranya dah kaya truk kalo mau belok ( :V ).

Kemudian relay  juga untuk mengendalikan tegangan tegangan yang tinggi yang tidak mungkin dikendalikan oleh tegangan rendah, Mumet ya liat tulisan aku yg ini, padahal juga yang nulis gak paham wkwk aku taunya kalo dilangsungin  setrum dari aki ke klakson  keong tanpa relay akinya cepet mokat atau akinya drop wes ngono wae pahaminya 😎


Nag segitu dulu ya sob semoga aku rajin nulis ya biar kalian pada senang baca di blog keren ini jangan lupa add fb idokeren ya dan like fanpagenya  sob @Fp,idokeren biar kalo idokeren buat tulisan nyeleneh langsung dapat notofikasi ya sob thanks - idokeren.com
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini