Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Baca Kode Produksi Ban Mobil Anda ?

Idokeren.com – Hay sobat keren yang berbahagia, dari semua kesempatan yang ada kali ini kita akan membahas banyak topik yang berbau- bau ban mobil.

Bagi kalian yang mempunyai mobil kesayangan dengan harga selangit diharuskan membaca ini, karena tidak hanya produksi ban yang harus diperhatikan tetapi kadaluarsa ban dan perawatan ban ketika tidak dipakai. 

Cara Mudah Baca Kode Produksi Ban Mobil Anda.

Caranya sangat mudah sobat, yaitu 


4 digit angka pada ban

Sebetulnya ini hal yang mudah dan pasti kalian ketahui, tetapi mudah terlalaikan juga yaitu empat digit angka pada ban yang menunjukkkan kode produksi ban yang kalian akan dan sudah digunakan. Pemeriksaannya cukup mudah tetapi berbeda ketika kita melihat kadaluarsa pada makanan.




Jika tertera angka 2707 seperti contoh gambar diatas maka dua angka terdepan menunjukkan ‘minggu’ dan dua angka selanjutnya ‘bulan’, jadi angka 27 menunjukkan minggu ke-27 dan angka 07 menunjukkan bulan ke-7.

Cukup mudah kan sobat, yuk kita lanjut… 


Kadaluarsa mencapai 5 tahun

Setelah menggetahui kode produksi maka langkah selanjutnya adalah perhitungan kadaluarsa ban. Ban rata-rata mempunyai masa pakai dan simpan yaitu tiga sampai lima tahun, jadi ban yang telah kalian beli dengan kode produksi 2707 maka masa kadaluarsanya jatuh pada tahun 2012. 


Kembali lagi…

Jika kita sudah cukup teliti dalam memilih kode produksi dan perhitungan kadaluarsa pada ban yang akan kalian pilih dan pakai nanti maka Kembali lagi…

Penyimpanan dan pemakaian ban harus kita perhatikan, tidak masalah jika kalian akan menyimpan ban sampai 3 tahun tanpa pemakaian sama sekali tetapi penyimpanan juga harus kita perhatikan karena percuma. Ban mahal disimpannya di halaman, jangankan 3 tahun tiga bulan saja sudah dijamin rusak dan ujung-unjungnya akan dibuat ayunan. 


Tanda-tanda yang harus diperhatikan

Nah, dilanjut yaa sobat tanda-tanda ban yang rusak sebelum dan saat pembelian. Memang merk itu menentukan kualitas setiap ban yang akan kita beli nanti


Tetapi tanda pada ban yang kita pilih juga penting sob contohnya. Karet ban mulai getas, ada retakan kecil terlihat pada permukaan ban, dan tidak ada tekanan kenyal pada ban yang kita setuh. Jika salah satunya kita temui saat membeli ban maka pindahkanlah pilihan kalian pada ban lain, karena kemungkinan ban itu sudah menempuh waktu 3 tahun di tempat kita akan membeli ban atau mungkin penyimpanan ban yang kurang di perhatikan oleh penjual ban tersebut. 


Persiapan tahun baru dan libur Panjang, maka perhatikanlah ini sob

Balik lagi manusia saja membutuhkan persiapan untuk tahun baru dan libur Panjang bagaimana dengan tranportasi yang akan kita akan gunakan nanti saat berpergian. Walaupun masa Pandemi Covid 19 belum selesai tetapi tidak ada salahnya kita menengok mobil/motor kita Kembali ke garasi. Mungkin terlihat jarang dipergunakan dalam perjalanan tetapi persiapan dan pencegahan itu harus selalu ada seperti.

Perhatikan Tekanan udara pada ban mobil/motor kita ,karena tekanan pada setiap ban akan berbeda tergantung pada beban yang nanti akan diterima ban pada saat kita mengendarainaya. Mungkin di awal tidak terasa berbeda tetapi saat ban Meletus di jalan barulah kita tersadar, jangan sampai seperti itu yaa sobat keren. Utamakan keselamatan anda dan orang yang kalian ajak terutama untuk keluarga yang tengah menunggu kalian datang.

Dan tidak ada kesalahan dan membuang waktu banyak hanya untuk memeriksa ban pada kendaraan kita sobat keren.

Semoga saran ini dapat menjadi pelajaran dan pertimbangan kalian sebelum memilih dan membeli ban dengan kode produksi yang teliti. Sampai jumpa lagi sobat keren..

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini