Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mencuci Motor yang Tepat dan Efektif

Idokeren.com – saya yakin para sahabat idokeren semua pasti melakukan hal yang satu ini... ya benar, mencuci motor. Kita mencuci bukan hanya supaya motor terlihat kece dan keren, tapi juga untuk merawat kompenen – kompenen penting motor dari kotoran.

Oleh karena itu, dapat kita katakan bahwa sangat penting untuk melakukan pencucian motor secara rutin, tepat dan efektif.

Cara Mencuci Motor yang Tepat dan Efektif


Walaupun mencuci motor merupakan hal yang mudah, kita tidak serta merta dapat melakukannya secara asal – asalan. Untuk melakukan pencucian motor, sobat perlu memperhatikan beberapa hal supaya mencuci motor sangat efektif dan tepat.

Kenapa harus ada tata cara dalam mencuci motor? Tentu saja, dengan melakukan hal tersebut sobat dapat meminimalisir terjadinya kerusakan atau masalah yang biasanya diakibatkan oleh air saat mencuci motor.

Karena alasan tersebut, sangat penting untuk sobat memahami cara yang tepat bagaimana cara untuk mencuci motor kendaraan sobat supaya tampak bersih dan awet tentunya.

Baiklah... setelah memahami pentingnya pemahaman saat mencuci motor, berikut penjelasan bagaimana cara mencuci motor yang benar dan tepat, sehingga hasilnya maksimal.

Tips Mencuci Sepeda Motor

Biasanya nya, kebanyakan orang mencuci motor hanya sekedar dibilas, dibasuh sabun, dan dibilas saja. Hal ini bukanlah cara yang salah, tetapi kurang tepat. Perhatikan penjelasan berikut bagaimana cara yang benar dan tepatnya.

Pastikan Kondisi Suhu Mesin Sudah Dingin (Normal)

Kita awali untuk mengecek kondisi dari suhu mesin apakah sudah dingin, ini merupakan hal utama yang perlu sobat perhatikan sebelum memutuskan untuk mulai mencuci motor.

Jika kondisi mesin motor masih dalam keadaan panas, tentu saja akan mempengaruhi bagian komponen – komeponen mesin motor yang masih menyimpan suhu yang panas.

Jika ada komponen yang masih menyimpan suhu panas, lalu kemudian terkena dengan air yag dingin pada saat sobat mencuci motor dapat mengakibatkan komponen tersebut rusak karena perubahan suhu yang mendadak.

Jika hal ini sobat biarkan, tentu saja akan mengakibatkan turunnya kualitas permukaan dari komponen yang masih bersuhu panas tersebut jika terkena dengan air dingin saat mencucinya.

Menghindari Penggunaan Sabun Asal

Hal kedua yang perlu sobat perhatikan ketika mencuci motor adalah menghindari penggunaan dari sabun sembarangan.

Menggunakan sabun sembarangan yang mendandung bahan kimia yang tidak cocok dengan motor sobat dapat merusak permukaan komponen tersebut, jadi hindarilah penggunaannya.

Untuk menghindari hal yang menyebabkan kerusakan pada motor sobat, gunakanlah sabun khusus untuk mencuci motor.

Jika memang sobat tidak mempunyai sabun khusus, sobat dapat menggunakan sabun cuci piring rumah. Namun hindarilah menggunakannya terlalu banyak karena akan menyebabkan rasa keset yang sangat berlebihan, terutama pada bodi motor.

Sebenarnya sabun cuci piring cocok digunakan untuk mencuci bagian blok mesin. Dengan kandungan jeruk nipis yang ada pada sabun cuci piring, dapat dengan mudah membersihkan sisa rembesan oli atau minyak yang ada pada bagian blok mesin sobat.

Gunakanlah Spons yang Lembut

Untuk menghindari baret pada badan motor saat mencuci motor, sangat disarankan untuk menggunakan spons yang memiliki permukaan yang lembut dan tidak kasar.

Hindarilah menggunakan keresek sepeti halnya kain biasa, karena bisa saja ada kotoran yang menempel pada kain tersebut, sehingga menimbulkan bekas lecet.

Untuk meningkatkan efketifitas, gunakan spons atau busa yang lembut untuk membasuh bagian motor. Dan juga usahakan guyurkan air pada saat bersamaan ketika busa melewati badan motor.


Bilas Secara Urut

Melakukan sesuatu secara teratur dan terurut akan menghasilkan hasil yang baik, begitupun jika kita menerapkan ini saat mencuci motor.

Untuk melakukannya, sobat dapat membilas dimulai pada bagian cover bodi motor yang dilapisi oleh cat.

Setelah bagian cover bodi, lanjutkan-lah membilas bagian bawah motor seperti : suspensi, roda, dan area bawah mesin.

Hal ini tidak hanya dilakukan saat membilas saja, namun dapat diterapkan pada saat membilas motor dangan sabun.

Hindari Air Memasuki Knalpot

Saat mencuci motor, sebisa mungkin sobat menghindari agar air saat mencuci motor tidak mengalir dan kemudian memasuki knalpot.

Jika air memasuki lubang knalpot, hal tersebut sangat berpotensi menyebakan terjadinya karat dan akibatnya berpengaruh pada performa motor sobat.

Untuk menghindari hal tersebut, tutuplah lubang knalpot dengan platik sebelum mulai mencuci motor.

Keringkan menggunakan Kain Kanebo

Sebagai hal terakhir yang sobat lakukan ketika mencuci motor, tentu saja sobat kenal dengan benda yang namanya kanebo.

Pengeringan harus dilakukan supaya tidak ada sisa air cucian motor yang mesih menempel pada bagian motor. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar akan menimbulkan korosi atau karat.

Dengan menggunakan kanebo, sangat membantu sobat mengeringkan badan motor karena memiliki daya separ air yang tinggi.

Sebagai pengingat juga, jangan gunakan kanebo pada bagian bawah motor melainkan hanya pada bodi motor saja. Menggunakan kanebo pada mesin dapat menyebabkan kenebo sobat kotor terkena oli motor.

Sekian pembahasan kita mengenai cara mencuci motor yang tepat dan efektif, saya harap sobat menerapkan hal – hal di atas saat mencuci motor demi kebaikan sobat juga tentunya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini