Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenali Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak

Idokeren.com – Hai semua pengunjung setia idokeren, kali ini idokeren akan membahas salah satu komponen penting dari motor.

Kalian pasti pernah mengalami bagaimana rasanya jika salah satu komponen pada motor kita mati, dan kita tidak tau cara mengatasinya. Untuk itu, idokeren akan membahas ciri – ciri dari salah satu komponen pada motor yang rusak

Motor terdiri dari banyak sekali komponen – komponen yang memiliki fungsi masing – masing. Beberapa dari fungsi komponen tesebut adalah seperti : komponen pada sistem kelistrikan, sistem pada pengapian, sistem transmisi, dan banyak fungsi komponen lain-nya.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri – ciri dari kiprok yang rusak. yups, kiprok merupakan komponen kelistrikan pada motor.

Kenali Ciri Ciri Kiprok Motor Rusak
Image By : masbengkel.com

Kiprok sendiri memiliki fungsi sebagai pengubah arus dari AC (alternating current) ke DC (direct current). Selain dari fungsi tersebut, kiprok juga berfungsi sebagai tahanan lampu dan juga pengisian pada aki motor.

Tanpa berlama – lama lagi berikut beberapa cirir –ciri dari kiprok yang rusak, yang wajib anda ketahui.

Ciri – Ciri dari Kiprok yang Rusak


Lampu Mudah Putus

Ciri yang pertama merupakan ciri yang dapat dengan mudah di identifikasi. Lampu yang mudah putus kemungkinan penyebabnya adalah karena kiprok yang rusak.

Lampu yang mudah putus adalah salah satu dari beberapa ciri - ciri tanda bahwa kiprok anda rusak. Seperti yang telas disinggung di atas, salah satu fungsi dari kiprok adalah sebagai tahanan lampu dan juga sebagai pengisi pada aki motor.

Jika kiprok anda rusak, otomatis tegangan lampu yang dihasilkan dari spul terlalu besar dan akan mengakibatkan lampu mudah terputus. Indikasi-nya bisa dilihat dari seberapa terangnya nyala lampu. Karusakan yang akan anda lihat pada lampu yang mudah putus adalah lampu akan menyala dengan terang ketika motor di gas. Ketika di gas itulah lampu depan biasanya akan langsung putus.

Motor Mudah Mogok

Ciri – ciri kedua yang menandakan bahwa kiprok anda sedang rusak adalah motor akan mudah mogok. Hal ini khusus terjadi pada motor yang memiliki sistem pengapian DC.

seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa pengapian DC mengandalkan tenaga dari arus aki.

Sama hal-nya jika arus pengisian tidak berfungsi, makan motor dengan sistem pengapian AC tidak akan bekerja sebagaimana seharusnya.

Aki Mudah Tekor

Ciri yang ketiga berhubungan juga dengan fungsi kiprok sebagai pengisi tegangan pada aki. Spul pengisian yang bermuatan AC (alternating current) akan diubah menjadi DC (direct current) oleh kiprok, yang selanjutnya arus tersebut akan dikirimkan ke aki.

Dengan alasan tersebut, Jika aki mudah tekor maka bisa jadi hal itu merupakan indikasi bahwa kiprok rusak. Hal tersebut terjadi Karena arus dari spul tidak di konversikan ke aki dengan baik sehingga aki tidak mendaptkan arus pengisian daya.

Kiprok Panas Atau Dingin

Dalam keadaan normal saat kiprok dalam kondisi yang bagus dan baik, maka suhunya akan terasa hangat. Hal tersebut dapat terjadi karena aliran listrik yang datang dari spul terus mengalir melalui kiprok tersebut.

Sedangkan untuk ciri- ciri dari kiprok yang rusak, jelas apabila motor di gunakan dalam waktu yang cukup lama, namun suhu kiprok malah tetap dingin.

jiak hal tersebut terjadi, dapat dipastikan bahwa kiprok motor sudah rusak, oleh karena itu sebaiknya anda mengganti kiprok dengan yang baru supaya sistem kelistrikan pada sepeda motor anda akan tetap terjaga dengan baik.

Sekian pembahasan kita mengenai ciri – ciri yang dapat kita amati pada saat kiprok sedang rusak. Mohon maaf jika ada kesalahan pengertian dan penulisan anda dapat lihat juga tentang ini di masbengkel.com, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua, dan sampai jumpa pada pembahasan berikut-nya.

Writer : Riski Rahmat H 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini