Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Merawat Aki Mobil Supaya Tahan Lama

Idokeren.com – Saat mendengar Aki apa yang pasti ada di benak kalian sobat keren ? bukan Aki-Aki sob, tapi Aki mobil yang berguna sebagai penghantar listrik dalam mobil ataupun motor. Sebetulnya kegunaan Aki pada mobil dan motor sama saja yaitu sama-sama menghantarkan listrik pada kendaraan , hanya ukuran dan penempatan saja yang berbeda. Head unit, audio, AC dll akan sangat berpengaruh ketika aki pada mobil mengalami kerusakan seperti Aki soak. 


Jadi gimana caranya ? yuk kita simak Bersama sobat keren 

Tips Merawat Aki Mobil


Teliti dalam membeli mobil

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah terliti saat membeli mobil. Walaupun mobil dalam kondisi baru tidak ada salahnya menanyakan kepada seller tempat kita akan membeli, bagaimana kerja aki pada mobil yang akan kita beli dan jenis apa yang dipakai .

Jika itu sebaliknya maka kita harus lebih teliti lagi dibandingkan saat membeli mobil kondisi baru seperti perawatan apa saja yang dilaukan pada mesin dan aki mobil karena peforma mobil akan sangat terlihat dari sana. 


Kebersihan Aki

Mungkin terdengar sepele, namanya mesin kotor dikit tidak apalah terutama di masa Pandemi saat ini. Tetapi kebersihan Aki sangatlah berbeda terutama pada kotoran, debu dan jamur. Efek yang sangat terasa nanti adalah berkurangnya performa Aki saat menghantarkan listrik ke semua komponen Mobil/Motor. Cara paling mudah membersihkan aki adalah dengan menggunakan sikat gigi atau sikat kawat. 



Kenali jenis aki mobilmu

Ada 2 jenis aki yang sangat kita kenal yaitu aki basah atau aki kering. Dan satu Alat yang dapat digunakan untuk kedua jenis aki tersebut adalah Battery Load Tester, alat ini berfungsi sebagai pengecekan kondisi dan pengukur besaran indicator pada aki mobil.

Untuk aki basah kita bisa melakukan cara lain yaitu pengecekan cairan elektronik secara rutin. Segera tambahkan air jika cairan sudah di bawah tanda batas manimum. 


Periksa Kembali ikatan aki

Pemeriksaan aki selanjutnya adalah perhatikan pengikat pada aki mobil, kita harus memastikan ikatan dalam kondisi kuat terutama ketika mobil akan melakukan perjalanan. Soalnya jika ikatan pada aki longar, maka mobil yang saat itu berjalan akan terganggu proses aliran listriknya.

Dan sebaliknya jika tidak dalam perjalanan ada baiknya kita lepaskan iktan pada aki mobil karena car aini akan menabah umur aki pada mobil kita 


Matikan mobil dan perangkatnya

Matikanlah semua perangkat yang berhunbungan dengan aliran listrik karena hidupnya perangkat ketika kita mematikan mobil akan sangat berpengaruh pada Aki mobil. Yang otomatis aki tidak akan terisi dengan benar saat mobil dimatikan dan efeknya perangkat yang berhubungan dengan aki tidak akan mempunyai daya yang cukup untuk berkerja. 


Service secara berkala.

Mungkin tips yang tadi disebutkan kalian bisa lakukan tanpa bantuan mekanik mobil yang handal tetapi ada beberapa hal yang tidak dapat kalian lakukan sendiri sepeti.

Pengecekan listrik pada aki mobil, hal ini memang terlihat mudah tetapi akan sangat berbahaya jika kita melakukan kesalahan walaupun kecil sobat. Karena di samping aki pasti akan banyak komponen mobil lainnya yang tidak kita ketahui.

Pengecekan penggunaan aki, harus sangat diperhatikan dan di service secara berkala ke bengkel andalan anda karena dari situlah kita akan mengetahui seberapa lama lagi umur dari aki mobil. Dan jika energi pada aki mobil anda cepat habis , pengecekan ini juga dapat memperlihatkannya.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita tentang Aki-Aki pada mobil. Sampai jumpa dan terima kasih sobat keren

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini