Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik

Idokeren.com – Sebetulnya semua mobil atau barang apapun pasti ada kekurangannya. Tapi balik lagi ke manusia itu, mau menerima atau tidak.

Banyak yang menilai kalau mobil listrik itu lebih baik dari mobil konvensional dan ada yang bilang juga kalau mobil listrik itu, kekurangannya juga ada sob ? Nah, mana yang benar ?? jawabannya ada di pembahasan kita kali ini yaitu kekurangan dan kelebihan dari mobil listrik..

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik 


Kelebihan

Salah satu yang menjadi alasan mobil listrik sudah mengambil banyak hati orang adalah ini :

Mengurangi kemacetan akibat antrean SPBU

Fenomena kemacetan akibat antrean BBM di Indonesia memang jarang terjadi, tetapi akan sangat berpengaruh untuk sebagian orang terutama yang berangkat kerja di pagi hari.

Nah, jika kita beralih ke mobil listrik, kemacetan ini akan berkurang karena BBM akan berubah ke listrik yang otomatis pengisian Listrik pada mobil bisa dilakuakan dirumah masing-masing tanpa perlu mengantri.


Mengurangi polusi udara

Cara kerja mobil listrik kurang lebih sama dengan peralatan listrik lainnya yaitu tidak mengeluarkan gas buangan. Yang otomatis mobil listrik tidak akan mempunyai komponen knalpot, walaupun masih ada pembuangan di bagian ban dan rem saat mengendarai tetapi itu lebih baik dari kendaraan dengan Bahan Bakar Minyak [ BBM ]. Dan pastinya pencemaran polusi akan sangat berkurang nantinya di seluruh dunia dan kualitas udara pun akan lebih baik.


Perawatan Mobil lebih mudah

Nah, Namanya mobil pasti perlu perawatan dan untuk mobil listrik sendiri perawatannya akan sangat mudah sob. Kalian hanya perlu menganti rem dan baterai mobil secara berkala tergantung pemakaian mobil karena mobil listrik komponennya lebih sedikit dari mobil konvensional.

Bahkan ada beberapa perusahaan produksi mobil listrik yang diklaim akan membuat garansi baterai untuk mobil listrik mereka.


Mengurangi kebisingan

Ini persoalan yang sangat berpengaruh besar baik dipedesaan maupun diperkotaan, keberisikan dari jalan akibat kendaraan. Dan untuk mobil listrik ini dijamin 100% tidak akan memmiliki suara saat digunakan berkendara.

Bahkan perusahaan berkeja keras untuk membuat suara buatan atau AVAS [ Accoustic Vehicle Alert Ststem ] yang pasti diperlukan untuk memperingati pengendara dan pengguna jalan lainnya seperti pejalan kaki bahwa ada kendaraan yang akan melintas.


Kekurangan

Walapun masih dalam tahap pengembangan tetapi kekurangan dari mobil lisrtik ini bisa menjadi alasan yang perlu diatasi dari :

Tempat pengisian daya listrik

Untuk pengisian memang bisa dilakukan di rumah masing-masing tetapi semua terkendala watt yang digunakan setiap rumah akan berbeda-beda dan bahkan tidak mungkin akan terjadi pemadaman listik di daerah tertentu.

Nah, adanya tempat pengisian ini hanya sebuah alterternatif tetapi tetap harus diadakan karena sebagai antisipasi di kemudian hari. Sebagai contoh di Jepang sudah ada 28 ribu pengisiaan daya listrik untuk setiap kendaraan yang akan sebagian besar diproduksi oleh Jepang sendiri dan akan menyusul negara-negara lainnya.


Harga Baterai yang mahal

Komponen yang masih dan terus dikembangkan baik dari sisi desain ataupun kekuatan adalah baterai untuk mobil listrik. Karena bukan tidak mungkin harga sebuah mobil listrik akan menjadi mahal karena baterai yang digunakan.

Dan bahan baku dari bagian menyimpan dan melepaskan energi listrik juga terbilang mahal seperti kobalt, nikel, litium dan mangan karena untuk membentuk katoda yang akan merubah bahan menjadi senyawa kimia untuk menjalankan mobil listrik


Izin kendaraan


Untuk perizinan mobil listik sebetulnya sudah ada dalam peraturan Kapolri nomor 5 tahun 2012 yaitu berbunyi syarat untuk penerbitan BPKB kendaraan bermotor impor utuh adalah

Tanda bukti pembelian

Faktur untuk BPKB

Dokumen rangka impor barang

Dokumen keterangan impor kendaraan yang disahkan oleh pejabat Bea Cukai

Bukti pemeriksaan cek fisik kendaraan

Sertifik VIN atau Sertifikat NIK agen pemegang merek

Sertifikat uji tipe dan Registrasi uji tipe


Dokumen yang tertera diatas memang cukup sulit dan pasti akan memakan waktu yang lama. Tetapi tenang sob, Indonesia juga dalam tahap pengembangan mobil litrik walaupun masih dalam proses.

Jika Indonesia produksi, apakah kalian akan berminat beli ? dan yang pasti biaya pengeluaran akan sedikit berkurang sob, karna kendaraan produksi local..

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini