Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keputusan Awal dan Akhir Sirkuit Mandalika di MotoGP 2021 ?

Idokeren.com –Inilah berita yang paling di tunggu-tunggu rakyat Indonesia, yaitu Sirkuit Mandalika Lombok. Setelah sebelumnya kita dibuat bingung dan menunggu ber bulan-bulan, akhirnya keputusan dari Dorna Sport telah keluar untuk Sirkuit baru Indonesia.

Semua keputusan MotoGP baik dari hal kecil sampai besar itu harus lewat persetujuan Dorna Sport, bisa dibilang dialah Promotor penyelenggara balapan MotoGP. Dan tepat kemarin 02/01/2021 postingan video di akun resmi MotoGP menjelaskan semuanya, dan Inilah Keputusan Awal dan Akhir Sirkuit Mandalika di MotoGP 2021 ? 

Keputusan Awal dan Akhir Sirkuit Mandalika di MotoGP 2021 ?


Syarat MotoGP untuk Sirkuit Mandalika

Pada tahun 2020 Indonesia sudah ada harapan untuk MotoGP Musim 2021, karena Dorna Sport selaku Promotor mengatakan bahwa beliau sangat menunggu Sirkuit Mandalika rampung . Begitupun dengan pembalap MotoGP lainnya, sangat menunggu balapan di Indonesia.

Tetapi pada awal desember kemarin, tersebar berita bahwa Indonesia tidak akan mengikuti MotoGP 2021 nanti.

Dan ternyata Syarat lintasan MotoGP yang paling utama untuk menyelenggarakan Balapan adalah siap digunakan dan lolos Homologasi. Homologasi sendiri adalah proses dimana ada persetujuan untuk lintasan, atau lebih simplenya standarisasi komponen atau fasilitas guna memenuhi persetujuan lintasan layak digunakan dan untuk saat ini Indonesia sudah mengajukan dari bulan oktober kemarin. Tetapi yang terlihat adalah proses Homologasi akan dilaksanakan apabila Sirkuit sudah dalam kondisi ready atau sudah selesai pembangunan. 

Rencana Awal

Sebetulnya Usaha Indonesia untuk mengikuti ajang Balapan MotoGP sudah tercium sejak lama yaitu tahun 2019. Pada saat itu terdengar isu bahwa sirkuit Sentul yang pernah mengikuti kejuaraan 500 cc, 250 cc dan 125 cc tahun 1997 dan 1998 akan diperbaiki dan akan rampung pada tahun 2020. Memang Sikuit Sentul sudah melakukan perbaikan tetapi untuk menjadi lintasan MotoGP 2021 masih gagal terlaksana karena satu dan lain hal, Begitupun dengan Jakabaring.

Akhirnya tersebarlah berita bahwa di Lombok, Nusa Tenggara Barat akan dibangun Sirkuit untuk menggikuti Musim Balapan MotoGP 2021, Bernama Sirkuit Mandalika. 


Keputusan Akhir dari Dorna untuk Indonesia

Memang untuk saat ini Sikuit Mandalika dengan panjang lintasan mencapai 40 km masih dalam proses pembangunan. Hingga saat ini pembangunan sirkuit Mandalika tidak ada hambatan yang besar ataupun serius, hanya saja pembangunan masih harus menjalankan Protokol Kesehatan dari pemerintah.

Untuk saat ini Sirkuit Mandalika masih dalam ruang cadangan MotoGP Musim 2021. Dan apabila mau mengikuti balapan MotoGP 2021 maka Indonesia harus menunggu ada 1 Sirkuit saja di Asia yang gagal mengelar balapan, kemudian Indonesia masuk . Tetapi tidak semudah itu sobat keren, kerena Dorna Sport menegaskan bahwa Indonesia harus merampungkan pembangunan pada pertengahan Juni dan harus Lolos Homologasi pada bulan yang sama. Jika tidak terjadi maka posisi sirkuit yang gagal mengelar balapan tadi akan direbut oleh Rusia dan Portugal yang juga berada di cadangan. Begitupun dengan pimpinan Dorna yaitu Carmelo Ezpeleta mengatakan hal yang sama seperti Dorna.

Jika semua terpenuhi maka Indonesia baru bisa masuk kalender MotoGP 2021 dengan Sirkuit Mandalikanya pada September- November.

Tetapi dilansir dari pengalaman Sirkuit sebelumnya Proses Homologasi membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 3 bulan bahkan ada yang mencapai 6 bulan. Apalagi untuk saat ini Indonesia masih dalam taraf yang serius untuk Virus Covid 19, walaupun sudah di cek lewat Virtual tetapi Homologasi harus menunggu orang dari luar untuk datang dan mengecek langsung.

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini