Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri-ciri Alternator Pada Mobil Bermasalah dan Cara Kerjanya

Idokeren.com – jika sobat mengenal aki mobil maka sobat harus mengenal alternator mobil juga karena keduanya mempunyai hubungan. Mungkin ada diantara sobat dan bahkan saya sendiri yang baru mengetaui bahwa fungsi aki hanya penyuplai listrik pada mobil. Sedangkan yang menghasilkan arus listrik untuk seluruh komponen mobil adalah alternator.

Jadi, aki hanya sebagai penerima sedangkan yang mengisi adalah alternator. Dan tujuan dari alternator adalah untuk membuat tegangan pada aki tetap stabil sehingga aki tidak mudah drop. Dan akibat dari alternator yang tidak berfungsi adalah energi listrik yang tersuplai ke lampu dan power steering mobil tidak akan maksimal.

Ciri-ciri Alternator Pada Mobil Bermasalah dan Cara Kerjanya

Oleh sebab itu, artikel ini muncul untuk memberi tau sobat semuanya tentang apa itu alternator dan bagaimana Ciri-ciri Alternator yang bermasalah serta Cara Kerjanya pada mobil. Nah, tunggu apa lagi disimak sampai akhir yaa sob… supaya kalian paham dan tidak gagal focus :D


Cara kerja Alternator

Sebelum kita membahas ciri-ciri alternator yang bermasalah ada baiknya sobat kenali dulu cara kerja alternator dengan beberapa komponenya, seperti :

Stator sebagai penghasil arus listrik bolak balik dari alternator,

Regulator yang berfungsi sebagai pengatur arus listrik supaya stabil dan konsisten,

Rectifier sebagai penahan arus baterai,

Rotor sebagai penghasil medan magnet untuk alternator,

Sedangkan cara kerja alternator sendiri membutuhkan belt atau tali kapas, walaupun bukan komponen alternator tetapi fungsi dari belt ini itu sebagai penghubung langsung mesin mobil dan alternator. Karena ketika mesin mobil berputar maka otomatis belt akan berputar juga. Nah, putaran inilah yang dimanfaatkan alternator untuk menghasilkan listrik.

Oleh sebab itu, kondisi belt harus selalu stabil. Sebab jika kendur maka tali bisa keselip dan aka nada bunyi decitan. Dan jangan terlalu kencang juga, karena akan terjadi kerusakan pada tali serta akan terdengar suara degung.
 

Ciri-ciri alternator bermasalah

Nah, diatas tadi itu sudah termasuk salah satu ciri-ciri jika alternator yang bermasalah dan memang terkadang keruskan pada alternator tidak bisa dirasakan tetapi sobat bisa memperhatikan ciri-ciri dibawah ini :

1. Cek kondisi aki

Hal pertama, kalian harus periksa aki mobilnya sob. Sebab, jika aki mobil bermasalah bisa jadi kondisi alternator tidak baik atau bermasalah.

2. Lampu mobil meredup

Penyebab lampu mobil mulai meredup adalah karena aliran listrik yang tidak stabil dan semakin melemah. Bahkan dalam kondisi diam pun lampu bisa redup dan jika sudah seperti ini bisa jadi alternator pada mobil bermasalah.

3. Sistem alternator yang rusak

Nah, ini sebabnya tadi saya sebutkan komponen dan sistem kerjanya. Sebab kalian harus paham bagian mana saja dari sistem alternator yang rusak.

4. Masalah Koneksi

Masalah ini kadang terjadi, padahal sobat hanya perlu menjaga sambungan atau kabel pada koneksi agar tidak putus bahkan rusak. Dan cek ulang selalu apakah koneksi alternator tehubung dengan baterai.

5. Tarikan magnet

Kalau ini sobat harus mengeceknya saat mobil menyala dengan cara membuka kap mobil depan kemudian tempelkan obeng di pulley secara perlahan. Jikatarikan masih bagus maka alternator masih berfungsi dengan bagus.

Jadi sobat, kalian harus pahami betul apa saja ciri-ciri alternator jika akan rusak dan pelajarilah cara kerjanya supaya sobat tidak bingung. Dan satu lagi, alternator itu bukan termasuk komponen mobil yang cepat rusak. Kecuali karena beberapa hal, bisa karena debu pada alternator atau mobil pernah terendam bajir.

Dan ada baiknya jika alternator rusak lebih baik diservice dari pada diganti karena biaya ketika sobat memperbaiki lebih murah ketimbang membeli alternator baru. Tetapi tergantung kerusakan pada mobil sob,

Nah, kesimpulannya… sobat keren sudah paham kan bahwa cara kerja aki dan alternator jelas sangat berbeda. Dan untuk ciri-ciri kerusakan pada alternator, mungkin ada diantara kalian yang ingin menambahkan..

Terima kasih sudah membaca sampai akhir sobat…. Sampai jumpa lagii…


Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini