Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

4 Hal Yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor Untuk Menghadapi Musim Hujan

Idokeren.com – hai sobat semua... selamat datang di blog idokeren. Topik kita kali ini adalah apa saja yang perlukan kita para bikers persiapkan dalam menghadapi musim penghujan ini.

Saya yakin para sahabat idokeren semua pasti sudah paham hal – hal yang sangat menjengkelkan ketika berkendara di tengah hujan. Dan lebih menjengkelkan lagi jika tiba – tiba jalan yang sobat lewati hujan dan tidak membuat persiapan sebelumnya.

4 Hal Yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor Untuk Menghadapi Musim Hujan

Hal ini tidak dapat kita hindari mengingat kita tinggal di indonesia yang mana hanya memiliki 2 musim. Ketika berkendara pada saat hujan, kenyamanan saat berkendara pun akan sangat berkurang, dan rasa aman dalam berkendarapun akan ikut berkurang.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti rasa dingin yang hebat, jarak pandang yang pendek, jalanan yang licin, dan banyak hal lainnya. Ini lah yang membuat sebagian besar pengendara enggan untuk berkendara saat hujan.

Intensitas hujan akan semakin meningkat jika memasuki musim penghujan. Jadi, ada baiknya jika sobat membuat persiapan untuk mengahadapinya. Oleh sebab itu, berikut 4 hal yang wajib sobat perhatikan dan miliki untuk menghadapi musim hujan.

4 Hal yang wajib di siapkan saat Musim Hujan

1. Jas Hujan

Hal utama yang wajib sobat persiapkan tentu saja jas hujan. Dalam pemilihan jas hujan haruslah yang berkualitas yang baik, yang mana dengan begitu akan memberikan rasa nyaman saat menggunakannya.

Jas hujan yang bagus umumnya terpisah antara bagian atas dan bawah. Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan pergerakan dari pengendara, dan juga untuk menghindari ada bagian jas hujan yang tersangkut pada bagian motor.

Sebagai tambahan untuk menurunkan resiko kecelakaan, sobat dapat memilih jas hujan yang berwarna cerah. Karena dengan begitu pengendara lain dapat dengan mudah mengetahui keberadaan kita.

2. Sarung Tangan

Hal lainnya yang harus sobat sediakan saat mengahadi musim hujan yaitu sarung tangan. Seperti yang kita ketahui semua bahwa sarung tangan berfungsi untuk melindungi area tangan kita, dan juga supaya tangan kita tetap stabil saat mengendalikan motor.

Dalam memlih sarung tangan juga perlu perhatian khusus. sobat sangat disarankan untuk memilih sarung tangan yang menutupi hingga jari – jemari. Dan juga pilihlah yang terbuat dari bahan kulit, sehingga memiliki daya serap air yang rendah. Dengan begitu, tidak akan licin pada saat sobat menarik tuas gas dan juga akan nyaman saat digunakan.

3. Sarung Sepatu

Pada saat berkendara melewati hujan, masalah utama adalah permukaan dari benda – benda akan licin, sehingga akan membuat cengkraman kita tidak kuat. Hal ini juga berlaku pada cengkraman kaki kita, baik pada saat menginjak rem maupun pada saat menapak.

Oleh karena itu, sobat harus mempersiapkan sarung sepatu yang sesuai dengan sepatu sobat. Dengan alat ini, cengkraman dari kaki sobat akan lebih kuat.

4. Cairan Anti Embun

Seperti yang telah disebutkan di atas, jarak pandang pengendara pada saat berkendara melewati hujan akan berkurang. Baik pengendara yang memakai helm maupun tidak akan mengalami hal seupa.

Oleh sebab itu, sobat sangat disarankan untuk menggunakan cairan anti embun, yang mana dengan alat ini akan sangat mengurangi kemungkinan munculnya embun pada kaca helm. Jadi, jarak pandang sobat akan meningkat.

Baiklah... itulah 4 hal yang perlu sobat semua persiapkan dalam menghadapi musim hujan, dan juga saya harap informasi di atas bermanfaat untuk sobat semua. sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini