Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Berita MotoGP 2021 : Unik dan Memanasnya Test Shakedown di Sirkuit Losail, Qatar

Idokeren.com – Sesuai jadwal yang sudah ditentukan pihak penyelenggara MotoGP pada jum’at, 05/03 kemarin. Test shakedown telah diselenggarakan dan sesuai dengan peraturan yang ada test ini hanya diikuti oleh pembalap penguji, pembalap rookie dan pabrikan konsesi : Aprilia.

Tetapi sob, ada sesuatu yang unik dalam test shakedown MotoGP 2021 kemarin. Apa saja hal unik itu kita akan membahasnya dalam artikel ini. Mulai dari Honda yang terus berusaha untuk mendapat gelar dengan Stefan Bradl sebagai pengganti Marc sementara. Sampai hasil shakedown kemarin.

Berita MotoGP 2021 : Unik dan Memanasnya Test Shakedown di Sirkuit Losail, Qatar


Berikut pembahasannya dan kalian harus simak artikel ini sampai akhir ya sob.. supaya infonya jelas tersampaikan…

1. Marc digantikan Stefan Bradl

Yang masih banyak diperbincangkan sampai saat ini adalah penggati Marc Marquez yang terus menuai konflik. Stefan Bradl awalnya hanya sebagai pembalap test HRC ( Honda Racing Corporation ),tapi sekarang peran Bradl menjadi ganda. Yaitu tetap menjadi pembalap test dan juga menjadi penggati sementara Marc.


Awalnya semua belum terjawab, tetapi sekarang semua telah terjawab. Bradl menggikuti shakedown kemarin dan akan mengikuti test pramusim MotoGP 2021. Sebetulnya semua yang dilakukan Bradl itu biasa hanya saja tim lawan berasumsi bahwa harus ada Batasan yang jelas. Jangan pernah menjadikan penggati seolah-olah sebagai pembalap regular.

Stefan Bradl memang sudah bekerja sebagai pembalap test di HRC mulai 2019. Bahkan ditahun yang sama Bradl pernah menggatikan Jorge Lorenzo untuk tiga sesi balapan. Pada saat itu perdebatan belum terlalu panas, sampai akhirnya HRC menggunakan Bradl kembali untuk menggatikan Marc Marquez tahun 2021. Padahal pada tahun 2020 kemarin, Bradl telah menggatikan Marc dalam MotoGP kurang lebih 12 seri dari 14 kejuaraan yang telah diselenggarakan.

Tim lain juga berasumsi bahwa HRC ditakutkan menggunakan kesempatan ini sebagai test untuk mendapatkan kelayakan motor yang akan digunakan nantinya. Seperti, percobaan gitu sob. Jika ada yang kurang, berarti itu harus diganti ( tetapi itu hanya asumsi semata karena belum diketahui pasti tanggapan dari pihak penyelenggara MotoGP 2021 yang memberi izin Bradl untuk menggatikan Marc sementara ).

Peraturan yang terterapun mengatakan bahwa setiap pembalap test mempunyai fasilitas wildcard yang memungkinkan mereka untuk menjadi penggati setidaknya tiga kali sepanjang musim balapan. Dan wajar adanya, jika ada tim lain yang mempertanyakan Bradl yang saat ini menggatikan Marc sementara waktu.

2. Hasil Shakedown test di Sirkuit Losail, Qatar

Total pembalap yang mengikuti Shakedown test di Qatar berjumlah 11 pembalap dan untuk kriterianya tadi sudah disebutkan diatas, yang intinya pembalap utama tidak menggikuti test ini kecuali Stefan Bradl sebagai pembalap test dan pembalap penggati sementara Marc.

Untuk klasemen pembalap shakedown test MotoGP 2021 kali ini, pembalap rookie seperti Enea Bastian dan Jorge Martin kemudian posisi terbawah dipegang oleh Luca Marini. Dan yang sudah biasa menonton pasti tau bahwa penentu dari shakedown ini ada di sesi keempat test tersebut.


Kalau kalian bertanya siapa yang menempati posisi pertama ? maka jawbannya adalah Stefan Bradl. Persaingan tidak terasa saat diawal test tetapi ketika memasuki pertengahan mulailah semua pembalap seakan memanas. Tak terkecuali Pedrosa yang menjadi pembalap test bagi tim KTM dan juga Cal Crutchlow sebagai pembalap test Yamaha.

Shakedown kali ini seakan sudah menggabarkan bagaimana pertarungan sebenarnya nanti oleh pembalap utama MotoGP 2021. Walaupun jadwal masih terus diupdate oleh pihak penyelenggara tetapi untuk balapan pertama MotoGP 2021 udah pasti diadakan di Qatar pada akhir bulan Maret ini.

Dan diakhir pembahasan kali ini, jangan lupa untuk menyaksikan Test Pramusim Pertama pada 6-7 maret 2021 dan Test Pramusim Kedua di tanggal 10-12 yang akan diikuti semua pembalap MotoGP dengan pembagian yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir… sampai jumpa di berita MotoGP 2021 selanjutnya..

Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini