Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Fungsi Dan Manfaat Radiator Coolant Untuk Mesin Mobil

Idokeren.com – Fungsi dan Manfaat dari Penggunaan air radiator atau radiator coolant untuk mesin atau radiator mobil sangatlah penting. Yaa, walaupun ada sebagian yang berbicara kalau air mineral itu bisa menggantikan Radiator coolant tetapi nyatanya tidak sobat.

Sebab penggunaan air untuk radiator mobil yang tidak tepat maka akan berpengaruh pada mesin mobil yang terlalu panas ketika melakukan proses pembakaran. Nah, pemilihan air mineral untuk mobil pun tidak bagus untuk proses pendinginan, sebab bisa menimbulkan korosi pada silinder mesin.

Fungsi Dan Manfaat Radiator Coolant Untuk Mesin Mobil

Walaupun membutuhkan biaya lebih ketika menggunakan radiator coolant tetapi manfaat yang didapat pun bisa menjaga mesin mobil. Dan, tidak hanya itu manfaatnya dari menggunakan radiator coolant dibandingkan air mineral biasa.

Jika ada dari sobat yang masih bingung, coba dibaca artikel ini sampai habis…


1. Menyerap Panas dengan Optimal

Kenapa sangat disarankan memakai radiator coolant ? karena radiator coolant ini didesain khusus untuk radiator mobil. Sebab, kandungan senyawa yang ada pada air mineral tidak sama dengan radiator coolant.

Radiator coolant/ air radiator itu bekerja sendiri untuk memindahkan panas dari bagian dinding silinder kemudian keluar dan akan bergerak ke tabung utama untuk di dinginkan. Sedangkan air mineral tidak bisa melakukan pendinginan karena senyawanya tidak dibuat khusus untuk radiator mobil.

2. Mencegah karat

Selain menyerap panas ternyata senyawa yang berada di air radiator juga memiliki senyawa pencegah karat. Ini terjadi karena dalam air radiator ada Namanya senyawa propylene glycol yang berkerja sebagai pengatur titik panas dan dinginnya cairan radiator nanti.

Nah, karena cairan ini lebih sulit menguap maka tidak akan terjadilah karat atau koros pada radiantor mobil kalian sob.

3. Lebih tahan lama

Kalau berbicara tentang tahan lamanya, pasti air radiator lebih unggul. Karena tadi, titik didih yang lebih tinggi akan membuat silinder mesin lebih tahan lama. Sebab jika tidak mudah mendidih maka cairan pun akan sulit untuk menguap.

Dan pilihlah air radiator yang tidak mudah meninggalkan endapan sebab itu akan beresiko pada saluran pendinginan mobil. Sedangkan untuk warna itu bukan masalah karena warna air radiator tidak berpengaruh.

Nah, dibawah ini ada beberapa merk terkenal air radiator beserta warna air dan kelebihannya :

1. Top One

Ohh iya sob, semua air radiator pasti mempunyai kandungan senyawa propylene glycol tetapi di Top One mereka juga menawarkan silika yang berfungsi menukar panas lebih cepat. Dan untuk cairan airnya itu berwarna hijau.

2. Vegacool

Jika air radiator vegacool ini bisa dipakai untuk mobil dan motor. Dan produk ini juga bisa mencegah terjadinya overheating. Dan bisa dibilang, rata-rata pencegahan ini dimilki semua merk air radiator.

3. Prestone

Selanjutnya ada prestone cairan berwarna hijau. Untuk kelbihannya, cairan ini bisa melindungi mesin mobil yang terbuat dari material besi dan bisa mencapurkan merk ini dengan pendingin manapun.

4. Winmax

Cairan berwarna hijau ini adalah buatan Jepang. proteksi yang ditawarkan winmax pun mampu menjaga dari resiko water pump dan thermostat dan merk ini juga bisa digunakan sebagai penurun suhu pada alat berat, motor, mobil dan kapal laut.

5. Brystone

Dan yang terkahir, ada cairan brystone yang bisa dikatan pilihan paling terjakau semua kalangan. Manfaat yang didapat tidak jauh berbeda dari merk lain. Akan tetapi, merk keluaran Jepang ini cukup menarik karena cairannya berwarna merah.

Dan bahkan pada situasi mobil terkena sinar matahari, brystone mampu menurunkan suhu menjadi lebih normal.

Kesimpulannya ubalah kebiasan kalian dan banyaklah membaca artikel seputar kendaraan motor dan mobil untuk menambah wawasan. Dan jangan pernah terpaku pada kelebihan kendaraan atau komponen lainnya jika sobat belum pernah mencobanya kecuali kendraan yang sangat ekstrim jika bukan pada ahlinya yang memakai.

Sekian pembahasan kita hari ini, terimakasih untuk kalian yang sudah setia membaca artikel idokeren.com. Sampai jumpa lagi sob…

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini