Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah Perbedaan Velg Jari dan Velg Racing pada Motor

Idokeren.com – Kalau sobat keren memodifikasi velg motor, kalian akan pilih mana ? velg jari atau velg racing ??Ada sebagian pengendara yang memilih velg jari karena tampilan velg sangat keren, tetapi ada juga yang memilih velg racing karena lebih kuat dari velg jari.

Padahal kalau dilihat dari fungsinya sama-sama sebagai penopang bobot beban dari motor dan mesin. Tetapi balik lagi, semuanya pasti memiliki selera yang berbeda-beda…

Inilah Perbedaan Velg Jari dan Velg Racing pada Motor

Nah, adanya artikel ini semoga bisa menjadi pertimbangan sobat dalam memilih velg motor. Karena baik velg jari ataupun velg racing keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Coba sobat keren baca artikel ini sampai akhir… pasti kalian menemukan :

Inilah Perbedaan Velg Jari dan Velg Racing Pada Motor

1. Daya Tahan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika sobat memodifikasi motor adalah daya tahan velg itu sendiri. Sebab, pada velg jari mempunyai sifat yang elastis dan sangat cocok untuk jalanan yang kurang rata.

Sedangkan velg racing cenderung biasa saja tetapi daya tahannya sangat cocok untuk manuver dan hard breaking.

2. Harga

Untuk harga sebetulnya beragam sob. Pada tahun 2009 banyak pabrikan yang memakai velg jari untuk motor mereka tetapi untuk sekarang banyak pabrikan yang lebih memilih velg racing.

Memang velg racing itu lebih mahal ketimbang velg jari tetapi banyak pabrikan yang beralih karena ke velg racing karena kelebihannya seperti tidak mudah karatan seperti velg jari.

3. Bahan

Bahan pada velg racing umumnya terbuat dari alumunium dan besi sedangkan velg jari kebanyakan terbuat dari besi. Jadi sob, yang menjadikan harga velg racing lebih mahal dari velg jari selain kelebihannya adalah bahan pembuatannya.

4. Bobot

Karena bobot velg racing lebih berat dari pada velg jari. Jika motor kalian lebih banyak digunakan untuk adventure ada baiknya pilih velg jari tetapi perhatikan juga tidak semua velg jari cocok memakai ban tumbeless.

Berbeda dengan velg racing yang bisa menggunakan ban tumbeless, tetapi perhatikan juga kecocokannya yaa sob.

5. Perawatan dan Tampilan

Kalau dari perawatan jelas sekali velg jari lebih cukup sulit karena butuh perhatian yang lebih. Jika ada kotoran yang menempel pada velg jari maka cepatlah dibersihkan dan kalau dibiarkan akan membuat korosi pada velg yang akhirnya karat. Dan akhirnya sobat harus mengganti salah satu komponen entah jeruji, velg dan tromolnya saja.

Sedangkan untuk velg racing lebih mudah untuk di bersihkan. Tetapi, kebalikannya jika velg racing sudah bengkok atau ada bagian yang patah maka sobat harus mengganti keseluruhan velg satu set. Yaa.. Walaupun sekarang ada press pada velg racing tetapi itu untuk velg dalam kondisi rusak biasa tidak sampai bengkok atau patah.

Nah, untuk tampilan velg mana yang lebih bagus itu tergantung dari selera dan kebutuhan soabt masing-masing. Jika ingin keren yaa pilih velg jari tetapi harus terima resiko kalau perawatannya harus teliti. dan untuk velg racing itu pilihan yang cocok untuk sobat yang suka adventure karena kesetabilannya di jalan. Tetapi harus terima bobotnya yang lebih berat ketimbang velg jari.

Dan kesimpulannya adalah memodifikasi motor boleh saja tetapi harus pada takarannya jangan pernah memaksa memasang velg tertentu padahal motor kita tidak cocok dengan velg itu. Nah, ada baiknya sesuaikan dengan kebutuhan sobat sehari-hari.

Terima kasih untuk kalian semua yang sudah membaca sampai akhir artikel ini … dan sampai jumpa lagi…

Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini