Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips dan Trik Mengganti Ban Mobil Yang Pecah Mendadak

Idokeren.com – Mengetahui serta mempelajari cara menggati ban mobil adalah keterampilan wajib yang sangat diperlukan oleh setiap pengendara mobil. Pengendara memang bisa mencegah dan mengurangi resiko ban pecah dengan memeriksa kendaraan ketika dan selesai digunakan.

Tapi disisi lain, kita juga tidak bisa mencegah kejadian ban pecah terutama ketika berada di jalan tol. Dan ketahuilah sob, cara menggati ban mobil yang pecah mendadak tidaklah sulit karena kalian bisa mempelajarinya ketika dirumah.

Tips dan Trik Mengganti Ban Mobil Yang Pecah Mendadak

 
Dan ingatlah, semua kalangan bisa melakukan pergantian ban jika peralatannya memadai sob. Karena Teknik yang perlu kalian pelajari tidaklah sulit, cukup ketahui kerusakan ban ( pecah atau kempes ), kemudian persiapkan alat-alat yang diperlukan dan terakhir ikuti Langkah-langkahnya.

Nah, bagi sobat yang ingin belajar menggati ban mobil yang pecah mendadak. Cobalah untuk membaca artikel ini sampai akhir..

Persiapan ketika ban pecah mendadak

Disaat mengetahui bahwa ban mobil mengalami masalah, maka lakukanlah persiapan. Yang dimaksud persiapan disini adalah hal-hal yang perlu dilakukan jika terjadi ban mobil pecah mendadak. Berikut rangkumannya :

1. Jangan panik

2. Cari tempat yang aman dan jika kalian di jalan tol. Maka, carilah tempat sebelah kiri jalan yang biasa digunakan sebagian penggendara ketika mobil terjadi masalah.

3. Cari tempat yang permukaanya rata.

4. Kemudian, pasang dua tanda segitiga pengaman di depan dan belakang mobil sebagai penanda bahwa mobil sedang berhenti.

5. Menyalakan lampu hazard. Ini dilakuakan karena sebagai penanda bagi pengguna jalan lain dari jarak jauh.


Peralatan yang dibutuhkan

Setelah sobat melakukan persiapan. Maka Langkah selanjutnya adalah, pastikan semua peralatan untuk menggati ban yang pecah tadi tersedia. Seperti :




1. Kunci Roda

Berfungsi untuk membuka baut-baut pada roda mobil dan biasanya setiap kendaraan mobil itu mempunyai kunci rodanya masing-masing. Walaupun ada beberapa yang sama, istilahnya satu pabrikan hanya versinya yang berbeda.

2. Dongkrak

Berfungsi untuk mengangkat dan menahan body mobil ketika melakukan pergantian ban. Semua dongkrak umumnya sama, hanya saja kekuatan dalam menaikkan mobil berbeda-beda dan cara menggunakannya berbeda. Ada yang donkrak modern yang ukurannya lumayan dan ada juga dongkrak biasa saja yang ukurnannya kecil. Dan kalau dirasa spece mobil anda kurang memadai bisa gunakan dongkrak biasa saja yang penting cocok dengan mobil dan sobat tau cara memakainya.

3. Ban Cadangan

Kalau ban sudah pasti harus ada sob, tetapi ada 2 jenis ban cadangan yang harus kalian tau. Pertama, ban cadangan yang ukurannya serupa dan kedua, ban cadangan space sarver yang ukurannya lebih kecil dari ukuran ban yang sedang digunakan. Kedua jenis ban ini bisa kalian gunakan sob, walaupun hanya sementara untuk ban yang ukurannya lebih kecil tetapi tidak masalah selama ban dalam keadaan yang prima.

Dan jangan lupa untuk letakan peralatan di tempat yang mudah terlihat dan ditemukan seperti di bagasi mobil atau ada ditempat lainnya sesuai tipe mobil.

4. Segitiga pengaman

Befungsi sebagai pertanda bahwa ada mobil yang sedang berhenti sesuai keputusan Mentri Perhubungan dan jika kalian tidak punya. Bisa diganti dengan menyalakan lampu hazard dengan tujuan memneri tahu pengendara lain dari jarak jauh bahwa mobil dalam kondisi darurat.

Cara mengganti ban yang pecah mendadak

1. Kendurkan baut ban

Untuk melakukan hal ini, kalian membutuhkan kunci roda. Caranya adalah dengan memutar baut ban mobil berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian trik yang bisa mempermudah ketika membuka baut ban adalah dengan cara kendurkan baut secara menyilang dan gunakanlah kaki ketika tangan kalian kurang kuat untuk memutar baut ban. Dan pastikan kunci roda pas dengan baut ban karena jika tidak pas kunci roda juga bisa merusak baut mobil.

Tapi perlu diingat lagi sob, jangan kendurkan baut ban hingga terlepas karena kalian belum memasang dongkrak mobil. Dan satu lagi, ada beberapa mobil mempunyai dop penutup mur roda.

Untuk mengatasinya sobat cukup konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel terdekat / bengkel resmi alat apa yang cocok untuk membuka mur roda kendaraan kalian. Dan belilah alat ini, ketika kalian baru membeli mobil.

2. Persiapkan Ban mobil

Setelah baut mobil di kendurkan, maka persiapkanlah ban mobil yang akan dipergunakan dan letakkanlah degan cara tiduran di sebelah ban yang bemasalah. Trik ini dilakukan untuk memperludah kalian dan supaya ban tidak menggelinding.

3. Pasanglah Dongkrak mobil


 Selanjutnya, pasanglah dongkrak mobil di tempat yang benar dan pas. Pertama, pastikan dongkrak dipasang pada tempat yang kokoh untuk menopang ban mobil ketika akan di angkat dengan dongkrak dan biasanya setiap pengendara mempunyai tempat-tempat yang khusus disetiap memasang dongkrak.

Setelah itu, naikkan dongkrak dengan perlahan. Pastikan kemiringan mobil dan tempat dongkrak yang dipasang tadi pas. Sebab, yang akan terjadi ketika dongkrak tidak pas adalah benkoknya tempat dongkrak ditaikkan tadi dan bisa jadi mobil akan terjungkal.

4. Lepaskan ban yang akan diganti

Nah, setelah mengendukan baut, mempersiapkan ban dan memasang dongkrak, tibalah saatnya kalian melepaskan baut-baut mobil dan letakkan di tempat yang aman dan terlihat.

Cara mengganti ban, setelah baut lepas maka tariklah ban yang hendak kalian ganti dengan perlahan dari rumah roda.

5. Pasang ban cadangan tadi.

Untuk melakukan pergantian ban cadangan, caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan ban ke dalam rumah roda. Kemudian, pastikan baut roda terpasang dengan tepat seperti ketika tadi kalian melepasnya. Dan tidak perlu mengunci baut hingga mentok, cukup hingga baut terasa pas dan cukup keras di tempatnya.

Ada tips yang bisa kalian lakukan saat memasukkan ban penganti, dengan cara sedikit mengoyangkan ban ketika dipasang. Karena cara ini bisa memposisikan ban pada tempat yang pas ketika dipasangkan.

6. Turunkan dongkrak dan Bereskan alat-alat

Dan Langkah selanjutnya ketika lima cara diatas dilakukan, maka turunkanlah dongkrak dengan hati-hati dan perlahan. Jika ban sudah menempel pada tanah atau aspal barulah lepaskanlah dongkrak. Kemudian kencangkan kembali baut-baut pada ban, ini dilakukan hanya untuk memastikan baut terpasang dengan benar.

Jika kalian lalai pada Langkah ini, bisa dipastikan ketika kendaraan berjalan akan terasa aneh.

Nah, selesai dengan Langkah tadi kalian bisa membereskan alat-alat yang telah digunakan di tempat semula dan pastikan kembali tidak ada alat yang tertinggal. Dan jika dirasa ban yang terpasang tadi hanya ban cadangan yang ukurannya lebih kecil atau memiliki kendala lainnya seperti tekanan angin yang kurang. Ada baikknya kalian bawa mobil ke bengkel terdekat, apalagi ketika kalian mengalami ban pecah di jalan tol.

Semua ini dilakukan hanya untuk memastikan perjalanan selanjutnya aman untuk pengendara dan pengguna jalan lainnya. Dan hindari juga mobil dari jalanan yang tidak tidak cocok dengan tipe mobil dan kapasitas ban saat itu.

Kesimpulannya tidak ada masalah ketika kalian mempelajari tips dan trik pada arikel ini ketika sobat belum mempunyai mobil. Sebab, pengetahuan dan car aini bisa sobat terapkan pada orang lain ketika kesulitan ban pecah terjadi pada mereka.

Dan tips dari saya, ban yang memdadak pecah atau kempes juga bisa kalian antisipasi dengan cara mengemudi yang aman dan tidak sembarangan. Karena dengan kita melalaikannya, bisa jadi tidak hanya ban mobil yang bermasalah sekarang tetapi komponen lainnya yang menunjang performa mobil bisa terganggu seperti stir mobil.

Jika ada yang kurang paham tentang ban mobil apa yang bagus ? bagaimana cara memilih ban ? dan seperti apa jalanan yang cocok pada tipe mobil kalian… ? tim indokeren.com sudah pernah membahasnya.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir sobat…. Dan sampai jumpa lagi…

Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini