Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alarm Mobil Tidak Berbunyi Saat Dikunci ? Berikut Penyebabnya!!!

Idokeren.com – hai sobat semua... salamat datang di blog idokeren. Topik pembahasan kita kali ini adalah penyebab kenapa alarm mobil tidak berbunyi pada saat kita ingin menguncinya.

Saya yakin sobat semua pasti tau apa itu alarm, dan juga pasti tau apa fungsi dari alarm. Alat ini merupakan sebuah alat yang cukup penting yang mana sangat berguna dalam hal keamanan mobil.

  Alarm Mobil Tidak Berbunyi Saat Dikunci ? Berikut Penyebabnya!!!

Cara menggunakan alarm pun cukup mudah. Biasannya pengemudi setelah turun dari mobil tidak akan lupa untuk menyalakan alarm sehingga mobil akan terkunci. Dan jika proses penguncian berhasil, maka mobil akan merespon dengan mengeluarkan bunyi. Namun, apa yang terjadi jika mobil tidak merespon sobat dengan bunyi?.

Jika hal ini terjadi, sobat tentu saja tidak akan merasa aman meninggalkan mobil sobat. Oleh sebab itu, sobat sangat disarankan untuk melakukan pengecekan manual apakah alarm telah aktif atau tidak. Dan juga, jangan lupa untuk mencari tahu penyebab dari masalah seperti ini.

Tapi tenang aja, kali ini kita akan membahas beberapa kemungkinan penyebab dari masalah ini, simak penjelasannya berikut ini.


1. Baterai dari central lock telah habis

Penyebab yang cukup sering terjadi ketika alarm mobil tidak bunyi saat di kunci adalah masalah pada central lock yang mana baterainya telah habis. Seperti yang kita ketahui bahwa baterai jika digunakan terus menerus, maka dayanya akan berkurang, begitupun dengan baterai central lock.

Dan jika dibiarkan tanpa melakukan pengawasan, baterai akan habis sehingga alarm mobil tidak dapat mengeluarkan bunyi saat dikunci. Dan yah... sobat terpaksa membuka dan menutup kunci mobil dengan cara manual.

2. Alarm mobil dalam keadaan mode valet

Penyebab selanjutnya kenapa alarm mobil tidak mengeluarkna bunyi saat dikunci adalah alarm mobil sedang dalam keadaan mode valet. Bagia sobat yang belum mengetahui apa itu mode valet, mode ini akan membuat alarm sobat berada dalam mode senyap.

Mode valet ini cukup jarang dipakai. Mode ini aka diaktifkan jika sobat mengguankan layanan valet parking.

Valet parkir merupakan suatu layanan yang disediakan beberapa tempat umum seperti hotel, mall, restoran, dsb. Layanan ini sangat memudahkan sobat karena sobat tidak perlu mencari lahan parkir, karena ada petugas yang akan memarkikan mobil sobat. Karena hal ini lah, mode valet perlu dihidupkan karena mobil sobat akan digunakan oleh petugas beberapa saat

Dan jika sobat ingin menggunakan mobil sobat kembali, sobat dapat mengembalikan alarm sobat dalam keadaan normal kembali. Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol unclock dengan gambar gembok terbuka. Dan jika proses berjalan dengan lancar, maka mobil akan merespon dengan mengeluarkan bunyi. Dan terakhir adalah dengan menekan tombol lock untuk mematikannya.​​​​​​​

3. Sistem dari alarm mobil mengalami masalah

kerusakan lainnya adalah adanya masalah pada sistem alarm itu sendiri. pada umumnya, masalah yang timbul kemungkinan besar terdapat pada module alarm atau juga sirine. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada arus yang mengalir untuk mengontrol kerja dari sirine. Sehingga alarm tidak akan berbunyi pada saat dikunci.

Dan selanjutnya jika sirine mobil rusak maka, arus dari control module tidak dapat membunyikan alarm karena sirine mobil mati.

Baiklah sobat semua... di atas beberapa dari kemungkinan kenapa alarm mobil tidak berbunyi pada saat dikunci. Saya harap informasi di atas bermanfaat untuk sobat semua, dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini