Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Klakson Mobil Yang Mati Secara Tiba - Tiba

Idokeren.com – hai sobat semua... selamat datang di blog idokeren, blog seputar dunia otomotif. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kenapa klakson mobil mati secara tiba – tiba.

Seperti yang sobat ketahui semua bahwa klakson sangat penting dalam hal keselamatan, yang mana berfungsi untuk memberikan sebuah peringatan kepada kendaraan disekitar kita. Walaupun dengan fungsi yang sangat penting begitu, masih banyak pengemudi yang melalaikan perawatan komponen ini.

Cara Mengatasi Klakson Mobil Yang Mati Secara Tiba - Tiba

Jika hal ini diabaikan, sangat mungkin banyak masalah yang akan terjadi pada klakson sobat. Contoh masalah yang akan timbul yakni : klakson terus berbunyi, dan bahkan klakson dapat mati secara mendadak.

Karena hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa yang perlu kita lakukan untuk mengatasinya. Pada umunya kemungkinan besar klakson mati disebabkan oleh 2 hal yaitu terdapat masalah pada sakelar yang ada pada kemudi dan juga relay.

Mengatasi masalah pada klakson mobil

Seperti biasa... langkah – langkah berikut ini cukup mudah untuk sobat lakukan, sehingga mempermudah sobat untuk menerapkannya. Baiklah tanpa berlama – lama lagi, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.


1. Masalah pada kabel klakson

Salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab kenapa klakson mobil dapat mati adalah terdapat masalah pada kabel. Masalah yang terjadi pada kelistrikan mobil tidak jauh – jauh dari kabel, yang mana klakson mobil juga tidak terkecuali.

Pada umunya, masalah yang terjadi adalah kabel yang terhubunga pada klakson mobil mengalami korsleting, berkarat, dan bahkan putus. Nah, untuk mengetahui hal ini sobat memerlukan test lamp untuk melakukan pengetesan.

Cara melakukannya adalah dengan menghubungkan alat tersebut dengan kabel klakson mobil sobat, kemudian tekan saklarnya. Jika test lamp tidak menyala atau hidup, maka ini mengindikasikan bahwa kabel klakson mobil sobat bermasalah.

​​​​​​​2. Sekring klakson mobil bermasalah

Faktor lainya yang dapat menjadi penyebaba klakson mobil tib a- tiba mati adalah adanya masalah pada sekring klakson mobil. seperti yang kita tahu bahwa sekring berfungsi sebagai pengaman pada sistem kelistrikan untuk menghindari muatan berlebih, begitupun dengan klakson mobil.

Pada klakson mobil sendiri, sekring memiliki bentuk seperti garpu yang dilapisi dengan plastik bewarna, dan juga berada pada bagian dalam ruang mesin. Perlu sobat ketahui bahwa seluruh komponen yang berada didalam sekring sangatlah penting. Jadi, jika salah satu kabel putus, maka seluruh sistem kelistrikan juga akan ikut mengalami masalah.


3. Relay klakson Bermasalah

Penyebab lainnya yang mungkin menjadi penyebab dari klakson mobil yang mati adalah relay klason pada mobil bermasalah. Yang yang terjadi pada relay baisanya adalah kotor, usang, atau pun terkena air.

Relay sendiri berfungsi sebagai penghubung antara arus listrik mobil dengan baterai mobil. komponen ini berada pada sistem keistrikan mobil, dan memliki peranan penting sebagai penghasil bunyi pada saat tombol klakson mobil ditekan.

Jika relay melewati masa pakai atau usang, maka relay tidak akan dapat berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti relay dengan yang baru.

Baik, di atas adalah beberapa penyebab kenapa klakson mobil dapat mati secara tiba – tiba. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, janganlah melalaikan masalah sekecil apapun, sepeti halnya masalah pada klakson mobil.

Sata harap informasi di atas bermanfaat untuk sobat semua, dan juga sampai jumpa pada pembahasan seputar dunia otomotif lainnnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini