Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Fungsi Water Pump Mobil dan kemungkinan Masalah Yang Terjadi

idokeren.com – hai sobat idokeren semua... saya ucapkan selamat datang. Saya harap sobat setia idokeren semua dalam keadaan sehat selalu. Baiklah, topik pembahasan kita kali ini adalah manfaat dari water pump mobil serta masalah – masalah yang mungkin terjadi.

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin yang bekerja dalam keadaan lama akan mengalami kenaikan suhu (panas), dan bahkan dapat terjadi overheat. nah, untuk menghindari masalah seperti ini, mobil dilengkapi dengan sistem pendingin mesin.

Mengenal Fungsi Water Pump Mobil dan kemungkinan Masalah Yang Terjadi

Sistem pendingin ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga atau menstabilkan temperatur dari mesin. nah, di dalam sistem pendingin ada komponen yang bernama water pump yang menjadi dalang dibalik sistem pendingin. Lalu apa fungsi dari komponen ini? dan juga apa saja masalah yang mungkin terjadi?

Karena pentingnya komponen yang satu ini, sobat semua yang memiliki mobil pasti paham dengan water pump ini. namun, bagi sobat yang masih belum mengetahui tentang fungsi dan juga masalah yang mungkin dialami water pump ini, simak penjelasan berikut ini.

Fungsi dari Water Pump Mobil

Semua komponen pada mobil memiliki fungsi masing – masing, begitupun dengan water pump ini. Pada dasarnya, fungsi dari water pump ini adalah untuk memompa air pendingin dari radiator ke dalam mesin mobil. fungsi ini sebenarnya dapat kita ketahui dari namanya water pump (pompa air).

Bagaimana cara kerja dari water pump ini? air yang telah melalui proses pendinginan secara optimal, kemudian akan di pompa oleh water pump untuk memasuki mesin mobil. dengan begitu, suhu mesin mobil tetap dalam keadaan stabil sehingga kinerjanya tetap optimal juga.

Perlu sobat ketahui bahwa, lokasi dari water pump ini menyatu pada blok mesin dan berada pada bagian sisi depan, yang mana berdekatan dengan timing belt. Namun, seperti komponen – komponen lainnya, water pump ini tidak luput dari masalah. Contohnya saja masalah kebocoran air pada saat proses pemasangan.

Solusi dari masalah ini adalah sobat dapat mencegahnya dengan cara menggunakan gasket. Jadi, pada saat proses pemasangan akan menjadi lebih mudah dan tidak terjadi masalah seperti kebocoran.

Kemungkinan masalah yang terjadi pada water pump

Terkadang walaupun telah melakukan perawatan rutin pada setiap komponen mobil, tetap saja masalah dapat terjadi tanpa diduga – duga. Dan water pump juga tidak luput dari hal ini.

Pada umumnya masalah yang mungkin di alami water pump ada 2 yaitu : kebocoran air dan bunyi berdesing.

1. Kebocoran Air

Masalah pertama yang mungkin terjadi pada water pump adalah masalah kebocoran air. Kebocoran air ini tidak hanya terjadi pada saat proses pemasangan, namun juga pada masa pemakaian.

Pada umumnya keboroan ini di sebabkan oleh munculnya karat atau korosi pada water pump. Dan pemicu munculnya karat pada water pump dapat di akibatkan oleh karena faktor usia maupun faktor dari jenis water coolant yang digunakan.

Karena hal tersebut, sobat sangatlah disarankan untuk memastikan bahwa water coolant yang sobat pakai aman dan cocok di gunakan pada mobil sobat. Karena jika tidak, maka banyak masalah yang mungkin akan terjadi pada mobil sobat.

2. Bunyi Mendengung

Masalah lainnya yang mengintai water pump adalah bunyi berdengung yang tidak lazim. Dalam keadaan normal, water pump bekerja tanpa mengeluarkan suara. Namun, mungkin karena bearing pada water pump mengalami keausan.

Jadi, bunyi dengungan yang tidak lazim ini di sebabkan oleh perputaran dari bearing yang tidak stabil. Walaupun bunyi yang dikeluarkan tidak keras, tetap saja bunyi ini cukup menggangu bagi pengemudi.

Baiklah sobat... siatas merupakan beberapa fungsi dan juga masalah apa saja yang mungkin terjadi pada water pump mobil. saya harap informasi di atas bermanfaat untuk sobat semua, dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya. – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H 
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini