Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Serta Fungsi Evaporator AC Pada Mobil

Idokeren.com – hai sobat semua... saya ucapkan selamat datang di blog idokeren, semoga sahabat semua dalam keadaan sehat selalu. Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas komponen mobil yang sangat berguna dalam keadaan udara bersuhu panas, yaitu evaporator.

Bagi sobat yang memiliki mobil pasti tidak asing dengan yang namanya AC (Air Conditioning). Di Negara beriklim tropis seperti indoensia yang mana suhu udaranya cukup panas, AC sangatlah berguna. Karena hal tersebut, AC juga ikut menjadi bahan pertimbangan sesorang ketika hendak ingin membeli mobil.

Pengertian serta Fungsi Evaporator AC pada mobil

Selain dari itu, dengan adanya AC tentu saja akan membuat sobat lebih nyaman ketika mengemudi. Jadi, tidak heran jika banyak perusahan produsen mobil selalu memaksimalkan dan terus melakukan perkembangan pada AC mobil buatan mereka.

Namun dibalik fungsinya yang sangat berguna, tentu saja komponen yang ada didalam AC juga cukup penting, salah satunya adalah Evaporator. Baiklah... tanpa berlama lama lagi, siak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Kerja Evaporator

Sebagai bayangan mudahnya, Evaporator akan menyerap panas dari udara yang mana kemudian akan menjadi dingin setelah melewati Evaporator. Namun, supaya udara dapat melewati Evaporator, blower memiliki peranana yang cukup penting yaitu untuk mendorong udara menuju Evaporator.

Nah, udara yang melewati Evaporator tadi dan kemudian melewati bagian sisi Evaporator akan menjadi udara dingin, sehingga ruangan di dalam mobil terasa sejuk.

Blower memiliki fungsi sebagai komponen yang akan bertugas untuk memastikan peroses jalannya sirkulasi udara di dalam kabin mobil bisa melewati Evaporator yang dingin pada saat AC dalam kondisi hidup.

Fungsi Evaporator AC Mobil

Seperti yang telas disebutkan tadi di atas bahwa Evaporator berfungsi untuk mengeluarkan udara sejuk pada kabin mobil. prinsip cara kerjanya-pun sama seperti prinsip kerja kulkas. Pada dasarnya, fungsi dari Evaporator ini adalah kebalikan dari fungsi komponen kondensor AC.

Jika kondensor AC memiliki fungsi untuk menyerap panas dari refrigerant lalu dikeluarkan ke udara, namun Evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari udara lalu salurkan menuju refrigerant.

Karena merupakan salah satu komponen utama, Evaporator ini sering kali mengalami berbagai macam masalah tidak terduga. Salah satu masalah yang cukup sering kali di alami oleh para pengemudi adalah masalah kebocoran pada Evaporator.

Dampak dari masalah ini adalah nantinya alat yang bertugas untuk menginginkan Freon yang disemprotkan dari expansion valve tersebut akan mengalami penurunan fungsi yang cukup serius. Freon bahkan akan lebih banyak terbuang dengan adanya lubang kebocoran, sehingga akan mengakibatkan kabin tidak terasa sejuk.

Karena masalah ini akan mengakibatkan masalah yang cukup serius, ada baiknya sobat dapat mengetahui apakah ada kebocoran pada Evaporator. Caranya sama seperti saat melakukan pengecekan apakah ban mengalami kebocoran.

Pertama – tama sobat perlu untuk membongkar Evaporatoor AC mobil, dan juga sobat perlu untuk memberikan tekanan udara sembari komponen terendam dalam bak air. Jika sobat mendapati gelembung air muncul, maka dapat dipastikan bahwa terjadi kebocoran.

Tapi dari pada menunggu sampai Evaporator mengalami kerusakan. Ada baiknya juga sobat untuk mengetahui penyebab Evaporator dapat mengalami masalah. Salah satunya yaitu melakukan kegiatan merokok pada kabin mobil.

Kebiasaan seperti ini menyebabakan asap serta debu dari rokok masuk ke dalam bagian fiilter. Bila hal ini terjadi, filter akan rentan kotor sehhingga kinerja dari AC kurang maksimal.

Baiklah sobat semua.. sekian pengertian serta fungsi dari komponen Evaporator ini, saya harap informasi ini bermanfaat untuk sobat semua, dan juga sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya – idokeren.com

Writer : Riski Rahmat H
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini