Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perhatikan ! Kaca Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof Mobil Itu Berbeda

Idokeren.com – Menggunakan kaca atap mobil selama perjalanan adalah hal yang menarik. Tapi sob, semua jadi tidak menarik ketika kalian tidak bisa membedakan antara kaca Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof. Atau mungkin diantara kalian semua ada yang baru mendengarnya istilah-istilah ini ?

Perhatikan ! Kaca Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof Mobil Itu Berbeda

Jadi, Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof adalah jenis-jenis kaca atap mobil yang berfungsi sebagai pemanis untuk menikmati pemandangan luar dengan cara yang berbeda. Memang ketiga jenis kaca ini mempunyai fungsi yang sama. Tetapi dari cara kerja, jelas telihat bahwa ketiga jenis kaca ini sangat berbeda.

Dan zaman sekarang, fitur kaca ini tidak hanya dipasang pada mobil mewah tetapi beberapa pabrikan mobil pun bisa menaruh fitur ini dengan harga mobil yang terjangkau. Lalu, apa yang menjadikan mereka berbeda selain cara kerjanya ?

Berikut penjelasan seputar jenis-jenis kaca atap mobil.

Perbedaan Kaca Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof Pada Mobil


Sunroof

Untuk kaca sunroof sangat familiar di Indonesia dan Jepang. Padahal mobil keluaran lama untuk fitur ini menggunakan pelat logam sebagai materialnya yang berarti panelnya harus dibuka ketika melihat pemandangan.

Sunroof

Dan tidak hanya itu, awalnya sistem dan fitur ini ada untuk digunakan sebagai ventilasi bus kota, dimana ventilasi mobil akan membawa kesejukan. Tapi, teknologi semakin maju dan sekarang fitur ini menggunakan kaca sebagai materialnya karena tidak perlu membuka jika hanya akan melihat pemandangan.

Cara kerja dari sunroof adalah pergerakan kaca akan naik dan terangkat keluar bodi. Salah satu mobil yang mempunyai fitur ini adalah Nissan Ergrand, bahkan tidak hanya satu panel yang dipasang pada mobil Nissan ini tetapi 2 panel.

Moonroof

Kalau diperhatikan, kaca moonroof ini tidak jauh berbeda dari sunroof. Tapi, perbedaan telihat ketika kaca atap akan dibuka sob. Yap, jika sunroof membuka keatas dan berpisah dari body mobil maka lain halnya moonroof. Kaca akan terbuka keatas dan masuk ke dalam body mobil.

Moonroof

Dalam hal tampilan, moonroof sangatlah menarik karena simple. tetapi dari segi mekanisme, jenis kaca ini ditakutkan akan mengalami kemacetan ketika akan dibuka. Karena panelnya terdapat didalam body mobil. material yang digunakan moonroof juga tidak jauh berbeda dengan sunroof.

Panorama Roof

Nah, dibagian terakhir kita ada panorama roof yang sangat dicintai pengemarnya. Cara kerja dari kaca panorama roof ini sangat berbeda dari sunroof dan moonroof karena kaca ini tidak bergerak terbuka.

Justru atap bagian bawah/tirai yang terbuka dan menampilakan kaca bagian atas. Tapi, hanya beberapa mobil yang mempunyai tirai yang terbuka ini. Dan salah satu mobil yang mempunyai fitur tirai adalah Nissan Serena.

Panorama Roof

Ada kekurangan ada juga kelebihan sob. Panorama roof ini mempunyai ukuran kaca yang lebih besar dari sunroof dan moonroof. Bahkan bisa 2 kali lipat dari kedua jenis kaca atap tadi. Seperti namanya, tampilan kaca ini akan memberi pemandangan yang berbeda dengan tetap menahan sinar matahari yang terasa panas ketika menyentuh kulit langsung.

Dan jika sobat menemukan kaca panorama dengan ukuran yang sama dengan sunroof dan moonroff maka janganlah bingung. Sebab, setiap pabrikan mobil itu memiliki desain yang berbeda untuk setiap pembelinya.

Selain Nissan Serena, ternyata di beberapa MPV dan SUV juga terdapat fitur kaca ini. Jadi panorama roof tidak hanya di mobil yang ukuran besar saja sob.

Kesimpulannya, tidak semua mobil yang mempunyai fitur kaca sunroof, moonroof dan panorama roof itu mahal dan mewah. Karena, ada beberapa mobil sedan juga yang dilengkapi fitur ini. Begitu pun, dengan tombol yang pengontrol bukanya kaca pada mobil. ada yang terletak tak jauh dari kaca atap ada juga yang tidak.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan maaf jika ada kesalahan dalam penulisan karena itu tidak disengaja… sampai jumpa lagi..


Writer : Revina Martin

idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini