Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Menjual Mobil Bekas Lewat Online Ataupun Langsung

Idokeren.com – Menjual sebuah mobil memang ada masanya, terlihat mudah tetapi sulit dicapai terutama di masa pandemic sekarang. Penjualan mobil baru di seluruh dunia terus menurun tidak terkecuali di Indonesia. Dan untuk meningkatkan kembali pasar jual mobil, pemerintah Indonesia tengah mencanangkan DP 0 persen untuk pembelian mobil baru.

Tapi sob, jangan berkecil hati… karena kalian masih bisa kok, menjual mobil bekas secara online ataupun langsung. Hilangkan pikiran bahwa mobil kalian tidak akan laku, karena saat ini penjualan mobil baru dan bekas bisa dibilang hampir setara bahkan ada yang berani banting harga sob.

Tips Menjual Mobil Bekas Lewat Online Ataupun Langsung

Hal yang paling penting dilakukan ketika akan menjual mobil bekas adalah melakukan riset pasar tentang harga merk mobil kalian. Kemudian ikuti Tips dan Trik Untuk Menjual Mobil Bekas Secara Online dan Langsung didalam artikel ini.

Nah, untuk sobat semua yang ingin sukses dalam menjual mobil bekas. Artikel ini sangat cocok dibaca sampai akhir sob…

Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online Ataupun Langsung

1. Riset Pasar Penjualan Otomotif

Karena yang menjual mobil bekas sangatlah banyak ditambah lagi dengan mobil baru alangkah baiknya melakukan riset pasar. Hal ini sangat perlu dilakukan karena erat hubungannya dengan harga jual yang akan kalian tawarkan nanti. Supaya mobil cepat laku, tentukanlah harga yang pas dengan kondisi mobil kalian saat itu.

Tetapi untuk berjaga-jaga, naikkan sedikit harga pasar yang telah sobat tentukan. Teknik ini dilakukan karena penjual tidak akan tau jika pembeli akan melakukan nego harga. Dan cara termudah ketika melakukan riset pasar adalah melalui online, kemudian lihatlah harga jual mobil baru dengan merk yang sama.

Setelah itu, bandingkan dengan merk mobil yang sama tetapi mobil bekas sob. Apa saja yang mereka tawarkan dari mobil bekas, dengan begitu sobat bisa membandingkan apa yang kurang dan lebih dari mobil yang kalian jual nanti.

2. Periksa Kondisi Mobil

Wahh sob, kalau periksa kondisi mobil mah wajib. Setelah melakukan riset, periksalah seluruh kondisi mobil baik dari bagian luar sampai interior mobil. Dengan begitu sobat akan tau, kekurangan dan kelebihan dari mobil.

Periksa Kondisi Mobil

Contoh mudah tetapi bisa membawa dari tarik lebih dari mobil bekas kalian adalah dari cat mobil dan kaca. Sedangkan untuk interior juga sama pentingnya seperti jok mobil, AC dan lainnya. Kondisi mobil yang terlihat prima hanya dengan tampilan luar bisa menarik perhatian lebih sob, terutama menjual mobil lewat online.


3. Cek Mesin Mobil

Yang tidak kalah penting setelah tampilan luar dan interior mobil adalah mesin. Walaupun kinerja mobil hanya bisa dicek ketika melakukan tes drive tetapi tidak ada salahnya kalian mendeskripsikan kelengkapan dari mesin mobil.

Karena mesin adalah jantung dan nyawa dari mobil, maka tak wajar jika ada calon pembeli kalian tidak menjelaskan dengan jujur kondisi mesin saat itu. Bahkan hanya setetes oli dibawah mobil dan kesulitan menstarter mobil lama saja bisa mengurangi nilai jual mobi. Jadi, pastikanlah bahwa mobil bekas kalian bisa bernilai lebih dari mobil bekas lainnya.


4. Alat Pendukung Mobil

Yang dimaksudkan disini adalah alat pendukung seperti APAR, Air Bag, kunci roda dan dongkrak. Pelengkap ini bisa menjadi lebih lebih bernilai ketika kalian menjual mobil terutama online, siapa diantara mereka yang tidak tertarik jika sebuah mobil bekas memiliki nilai yang hampir mendekati mobil baru.

Alat Pendukung Mobil

Dan jangan lupa, terangkanlah setiap fungsi dari alat pendukung tersebut supaya pembeli lebih tertarik dengan mobil kalian sob.

5. Siapkan Foto Terbaik Mobil

Setelah langkah-langkah diatas kalian lakukan, maka tak akan lengkap tanpa foto mobil. Seperti penampilan, foto tak ubahnya seperti bayangan yang akan menjadi nyata ketika terlihat secara langsung.

Fotolah semua bagian mobil mulai dari bagian luar, mesin, interior dan alat pendukung mobil. Selasai foto diperlihatkan, maka tak akan bernilai tanpa campur tangan deskripsi mobil kalian. Terutama untuk kalian yang menjual mobil bekas lewat online.

Tidak perlu bingung memilih tempat menjual mobil melalui online atau langsung. Tetapi menjual secara online dan langsung sama saja, karena setiap jual beli online sekarang banyak yang menawarkan kelebihan masing-masing ketika sobat jual kendaraan bekas di tempat mereka.

6. Periksa Kelengkapan Surat- Surat

Hampir saja tertinggal sob, surat-surat juga perlu dipersiapkan sejak awal karena setiap mobil bekas tidak akan terjual dengan harga bagus jika surat-suratnya tidak lengkap. Percuma langkah-lang diatas kalian lakukan jika surat-surat saja tidak lengkap.

Surat-surat bukanlah hal penting tetapi sangat sangat penting melebihi oli yang menetes dibawah mobil kalian.. ( just kidding sob )

Kesimpulan dari artikel hari ini adalah rawatlah sejak dini mobil kalian, karena sebuah mobil pasti akan mempunyai nilai dan umur panjang ketika mobil tersebut dirawat layaknya emas.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir sob…. Sampai jumpa lagie…

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini