Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Kerjanya Thermostat Pada Mobil dan Apa itu Thermostat ?

Idokeren.com – Termostat yang dalam Bahasa inggris ditulis thermostat. Sebetulnya dari istilah kata Thermost dari Bahasa Yunani Kuno yaitu Tehrmo dan Statos yang bila disingkat menjadi THERMOS :D. Becanda sob artinya Thermostat yang berati manjaga panas tetap sama.

Bagi anak Teknik mesin thermostat ini bukan hal asing dan juga tidak hanya terdapat dalam mobil sja tetapi dalam elektonik dalam rumah kita semua sob seperti oven, kulkas, AC, dan setrika.

Cara Kerjanya Thermostat Pada Mobil dan Apa itu Thermostat ?


Penasaran kenapa sebuah thermostat ada dalam pengendali suhu dalam mobil dan elektronik yang tadi sudah disebutkan. Bagaimana cara kerjanya ? apakah sama saja atau ada yang berbeda ? dan apa tanda-tanda jika thermostat akan rusak ? semua pertanyaan ini akan terjawab dalam artikel. Jadi bagi kalian yang penasaran, bisa dicoba baca sampai akhir karna kita menggunakan kata-kata simple sob..

Apa itu Thermostat ?

Sebelum masuk ke cara kerja thermostat kalian semua harus tau arti dari thermostat itu sendiri. Thermostat adalah suatu komponen yang dapat memutus dan menyambungkan arus listrik pada saat mendeteksi perubahan suhu disekitarnya sesuai dengan pengaturan suhu yang diingikan.

Sampai disini ada yang sudah paham, sebab mengapa thermostat ada dalam perabotan elektronik disekitar kita dan pengendali suhu dalam mobil. Dan selanjutnya kita akan menjawab apakah cara kerja sama saja antara elektronik dan pengendali suhu dalam mobil ?

Cara Kerja Thermostat Pada Mobil

Dalam cara kerja terdapat perbedaan antara thermostat pada alat elektronik pada pengendali suhu. Mungkin pada kulkas, oven dan pengendali suhu pada mobil hampir sama tetapi pada setrika terdapat perbedaan sob.

Cara kerja thermostat pada mobil itu terdapat pada air radiator dan thermostat itu sendiri. Pada Saat mesin mobil dingin, thermostat akan menutup saluran ke radiator sehingga cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin saluran bypass. Dan sebaliknya Jika mesin sudah mencapai suhu kerja yaitu sekitar 85-95 derajat celcius , maka thermostat akan terbuka dan air mengalir ke radiator untuk di dinginkan.

Kenapa suhu panas bisa berubah menjadi dingin ? jadi air radiatorlah yang berperan sebagai penyerap suhu panas yang dihasilkan mesin. Sedangkan suhu panas akan dibuang melalui lubang-lubang pada radiator.

Dan fungsi dari thermostat adalah membuka dan mengalirkan air apabila suhu angka yang tadi sudah disebutkan diatas agar tidak terjadi overheat pada mobil. Lanjut ke pertanyaan selanjutnya, apa tanda-tanda jika thermostat mobil akan rusak ?


Tanda-tanda Thermostat mobil akan rusak

Nah, hal terakhir yang paling menarik adalah tanda-tanda thermostat mobil akan rusak. Tapi sebelum itu, ada beberapa info yang menyebutkan bahwa ada beberapa pengendara yang sengaja dilepas. Hal ini dilakukan katanya agar mesin mencapai suhu maksimal dalam jangka yang panjang. Tetapi hal negative lainnya akan terjadi sob, pembakaran akan lebih boros karena tidak ada batas minimum yang akan dicapai oleh mobil sebagai pertanda perubahan suhu. Padahal thermostat tidak memiliki perawatan yang sulit. Sebelum terjadi kerusakan maka kenalilah tanda-tanda kerusakan thermostat pada mobil anda sebagai berikut :

1. Pegaturan Temperatur yang berjalan aneh

2.Terjadinya sumbatan atau macet pada saluran

3. Pengaturan suhu butuh waktu lama

4. Bahan bakar mobil menjadi boros

5. Sering terjadi overheat pada mobil

Untuk penjelasan dari Tanda-tanda Thermostat mobil akan rusak akan kita bahas di artikel selanjutnya sob.. terima kasih untuk kalian yang sudah membaca sampai akhir sob

Writer : Revina Martin
idokeren
idokeren Menyukai dunia Otomotif, Bloger, Informasi yang bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog ini